Apa Artikel Bisa Terindex Tanpa Sitemap di Google Search Console - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Apa Artikel Bisa Terindex Tanpa Sitemap di Google Search Console

max ikhsan
Apakah Artikel Bisa Terindex Tanpa Sitemap di Google Search Console

Halo bloggers, dalam artikel ini ada sedikit tips yang akan saya bagikan untuk kamu yang kebingungan karena mengalami kesulitan mengindeks artikel di Google Search Console.

Sebelumnya saya sudah pernah membuat artikel yang membahas tentang domain my.id yang sitemap.xml nya tidak terbaca atau error di GSC.

Nah kali saya akan mencoba menjawab pertanyaan apakah artikel di blog kita bisa terindex Google meski tanpa sitemap di Google Search Console.


Trik Index Artikel Tanpa Sitemap.xml

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengindex artikel di Google Search Console tanpa menggunakan sitemap.xml.

Cara pertama 

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap mendaftarkan blog di GSC. Hal ini berfungsi untuk membuat blog dan artikel yang kamu buat mudah di crawl atau dikenali oleh mesin pencari Google.

Selanjutnya adalah masukan sitemap.xml dibagian peta situs di GSC.

Lah, kan judulnya tanpa sitemap, kenapa harus tetap pake sitemap?

Meski sitemap.xml pada domain MY.ID terdeteksi error, namun saya sendiri mempercayai bahwa masih lebih baik di isi dari pada dikosongkan sama sekali.

Selanjutnya lakukan Inspeksi URL agar artikel kamu lebih cepat terindeks. 


Cara kedua

Cara yang kedua adalah sebelum kamu melakukan inspeksi dan meminta pengindeksan di Search Console maka kamu harus menautan URL artikel yang akan di index ke artikel yang sudah terindex sebelumnya.

Hal ini juga akan lebih berdampak positif bagi blog kamu karena lebih kaya inbound link. Usahakan saat akan menautkan artikel yang akan di index, maka carilah artikel yang masih relevan dengan artikel yang akan di index tadi.


Cara ketiga

Jika kamu mengalami masalah susah mengindex artikel akibat pesan Gagal: Kesalahan pengalihan maka cobalah ikuti tips berikut ini.

  1. Draftkan artikel, lalu publish ulang.
  2. Draftkan artikel, ubah custom URL, publish ulang.
  3. Draftkan artikel, tambah isi konten, publish ulang.

Cara di atas cukup efektif mengatasi masalah artikel tidak terindeks yang diakibatkan kesalahan pengalihan karena tidak adanya sitemap.xml

Namun perlu dicatat bahwa cara tersebut tidak selalu berhasil. Terkadang masih saja ada artikel yang susah terindex meski sudah beberapa kali di otak-atik.


Kesimpulan

Nah jadi kesimpulannya adalah artikel pada blog kita masih bisa di index meski sitemap.xml di Google Search Console terdeteksi error.

Sebenarnya masalah sitemap error atau tidak terbaca di GSC ini hanya terjadi di beberapa domain saja, dan dua diantaranya adalah domain MY.ID dan EU.ORG.

Oleh karena itu saya menyarankan kamu untuk menggunakan domain yang lebih bagus seperti .COM, .ID, dan .NET.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar