10 Cara Atasi Artikel Sulit Terindex di Google - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

10 Cara Atasi Artikel Sulit Terindex di Google

atasi artikel susah terindex
Cara Atasi Artikel Sulit Terindex di Google

Baru - baru ini blog maxikhsan.my.id mengalami sebuah kendala dimana setiap artikel yang baru saja di posting, tidak pernah bisa terindex di mesin pencarian google. Sempat putus asa dan hampir menyerah, namun ternyata akhirnya masalah yang menyebabkan artikel tidak terindex bisa di ketahui dan dipecahkan masalahnya.

Dalam artikel ini saya akan bercerita terlebih dahulu bagaimana masalah pengindekan artikel tersebut bermula. Jadi sebenarnya saya sudah mempelajari blogger itu dari sekitar tahun 2015. Dari beberapa blog yang saya kelola saat itu, alhamdulilah tidak pernah menemukan masalah pengindekan artikel.

Adapun waktu dulu saat masih belajar ngeblog sih wajar saja jika artikel tidak terindex, karena saya belum paham betul tentang Webmaster Tools atau yang sekarang namanya Google Search Console.

Sekitar pertengahan tahun 2021, saya mengalami kendala indexing artikel yang ada di dalam blog. Meski saya sudah mendaftar Google Search Console, memasukan sitemap dan melakukan  inspeksi URL di Google Search Console.

Sampai awal bulan November 2021, saya masih saja belum menemukan apa penyebab artikel pada blog ini sulit sekali terindex di mesin pencari Google. Hampir 15 postingan blog yang baru dipublish tidak pernah terindex oleh mesin pencari Google.

Untuk mencari solusi penyebab artikel susah terindex ini saya sudah mencoba berberapa cara, mulai dari melihat tutorial di blog lain, dan mencari penjelasan yang lebih berkaitan dengan masalah pengindekan artikel di youtube. Namun setiap artikel dan video yang ada di youtube masih belum bisa memecahkan masalah tersebut.

Alhasil saya mencoba juga beberapa cara manual, mulai dari membuat artikel yang panjang, membuat gambar dengan size sekecil mungkin, mencoba beberapa petunjuk tentang robot.txt dan bolak balik ganti template.

Dari percobaan tersebut saya masih menemukan bahwa artikel pada blog maxikhsan.my.id masih saja tidak terindex mesin pencari Google. Nah karena sifat saya yang pantang menyerah, maka saya terus mencari tahu apa sih masalah yang menyebabkan artikel sangat sulit untuk di index oleh mesin pencari Google.

Dan akhirnya saya berhasil menemukan masalah yang menyebabkan artikel susah terindex mesin pencarian.

Berikut ini saya akan jelaskan apa penyebab artikel sulit di index google.


Penyebab Artikel Blog Sulit Terindex

Setelah bolak - balik mencari tutorial solusi artikel sulit terindex di blog lain dan youtube, sereta ditambah saya mencari masalahnya secara manual di dalam template, akhirnya saya menemukan beberapa kesalahan pada blog yang membuat artikel sangat sulit terindex oleh mesin pencari Google.

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan artikel sangat sulit terindex mesin pencari Google.


1. Belum Mendaftar Google Search Console

Bagi blogger pemula, masalah pengindekan artikel ini pasti pernah di temui. Sebagian besar blogger yang yang baru terjun ke dunia blog biasanya hanya mencari informasi bagaiamana cara membuat artikel berkualitas, cara menggunakan template yang bagus dan cara memonetisasi blog.

Padahal, hal pertama yang harus dilakukan ketika kamu membuat blog adalah bagamana caranya agar blog bisa muncul di halaman pencarian google. Agar blog bisa terindex google, maka kamu harus mendaftarkan blog ke google search console.


2. Salah Memasang Sitemap Google Search Console

Setelah kamu berhasil mendaftarkan blog ke google search console, maka tindakan selanjutnya adalah memasukan sitemap ke google search console guna memberi tahu robot google mengenai blog mu.

Pada dasarnya kamu hanya cukup memasukan sitemap.xml di bagian sitemap google search console. Namun apa bila kamu ingin menambah sitemap lebih banyak, maka kamu tinggal masukan sitemap lain berikut ini :

  • sitemap.xml
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • atom.xml?redirect=false
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • atom.xml


3. Tidak Melakukan Inspeksi URL

Sebelum tools inspeksi URL di google search console ada seperti saat ini, dulu di google webmaster tool ada tools fetch as google yang berfungi untuk mengindex artikel. Pada saat ini tool fetch as google telah diubah menjadi inspeksi URL di google search console.

Perhatikan baik - baik cerita yang saya alami saat baru terjun ke dunia blogging. Jadi ketika semua unsur pada blog sudah selesai di kerjakan maka saya mencoba mencari blog saya di google. Namun ketika di cari, maka yang muncul hanya nama blog saja. Sedangkan setiap artikel yang ada pada blog tidak muncul meski sudah dicari dengan menuliskan judul secara lengkap.

Masalah tersebut bisa terjadi karena saya tidak melakukan inspeksi URL setelah artikel selesai di buat. Oleh karena itu jika artikel pada blog sulit terindex google, maka silahkan coba inspeksi ulang setiap URL postingan di google search console. Selain itu jangan lupa untuk langsung melakukan inspeksi URL setiap selesai membuat postingan.


4. Asal Memasang Template 

Karena saya termasuk seorang blogger yang masih belajar, maka saya cendrung hanya memikirkan bagamana membuat blog memiliki tampilan yang sebagus mungkin tanpa memikirkan hal lain.

Jadi kesalahan pertama yang saya lakukan adalah asal memasang template blogger. Niatnya sih ingin membuat tampilan blog jadi bagus, tapi konsekuensinya malah konten blog yang tidak terindex.

Saat itu saya ingin sekali memiliki template Ignilplex karena memiliki tampilan yang sangat bagus. Nah karena tidak memiliki budget yang cukup untuk membelinya, maka saya coba untuk mencari alternatif template blogger lain.

Akhirnya saya menemukan template Viomagz yang sudah di redesign hampir mirip dengan Ignilplex. Tanpa pikir panjang maka saya pasang saja di blog ini dan menambahkan beberapa redesign lainnya agar menambah tampilan blog makin ciamik.

Pada awal menggunakan template redesign tersebut sih sebenarnya tidak ada tanda - tanda akan adanya masalah indexing artikel, karena hampir setiap sehari setelah artikel di buat dan di inspeksi di google search console, maka besok harinya artikel sudah terindex di mesin pencarian google.

Namun seperti yang saya ceritakan di awal, ketika pertengahan tahun 2021 blog maxikhsan.my.id ini mulai mendapat masalah indexing artikel yang hampir saja membuat saya menyerah dalam ngeblog.


5. Hanya Mementingkan Tampilan

Masalah kedua yang menyebabkan artikel di blog sulit terindex mesin pencari adalah kamu sebagai admin hanya memikirkan tampilan. 

Memiliki blog yang cantik memang menjadi dambaan setiap blogger, namun kamu harus tetap memperhatikan algoritma google yang semakin waktu semakin memprioritaskan penggunaan smartphone.

Jadi kesalahan yang saya sendiri lakukan adalah tidak memperhatikan kecepatan akses blog di smartphone. Saat saya mencoba blog maxikhsan.my.id ini di page speed insight, hasilnya adalah saya mendapatkan kecepatan loading versi dektop sebesar 50% dan versi mobile sebersar 15%.

Nah dari sini mulai ketahuan masalah utama kenapa artikel sulit terindex. Jadi pas nya sih memang blog itu harus memiliki tampilan yang bagus, tapi kamu juga harus perhatikan hal lainya.

Jangan sampai tampilan blog dibuat sebagus mungkin, tapi memiliki kecepatan loading yang buruk, terutama untuk loading di versi mobile.


6. Asal Otak - Atik Robot.txt

Salah satu kesalahan yang saya lakukan juga adalah pernah mengotak - atik robot.txt. Jadi saat itu saya mencari tutorial dari blog lain cara memblokir beberapa halaman agar tidak di index oleh google.

Saya ikuti cara dari A sampai Z seperti pada tutorialnya. Namun hasilnya adalah hanya mendapatkan masalah indexing artikel di mesin pencari google.

Nah untuk memecahkan ketiga masalah tersebut jujur saya harus berjuang keras guys. Apalagi saya masih dibilang blogger yang belum mahir dalam memecahkan masalah pada blog.

Namun dengan kegigihan dan sifat pantang menyerah, maka akhirnya saya berhasil menemukan cara atasi artikle sulit terindex di google.

Berikut ini cara atasi artikel yang sulit terindex di mesin pencarian google.


Cara Atasi Artikel Sulit Terindex Google

Untuk mengatasi artikel yang sulit terindex di mesin pencarian google, kamu bisa mencoba cara yang saya lakukan, dan memang sudah terbukti sangat cepat dalam melakukan indexing artikel yang baru di buat.


1. Ganti Template Premium

Pada dasarnya algoritma dari google lebih mementingkan kualitas konten pada blog dari pada tampilan blog itu sendiri. Namun bukan berarti kamu juga tidak memperhatikan tampilan dari blog yang kamu miliki. 

Akan lebih baik nilai sebuah blog di mesin pencari jika memiliki tampilan yang bagus, kualitas konten yang high value serta dibarengi dengan kecepatan loading yang bagus.

Untuk itu jika dirasa template yang sekarang sedang digunakan memiliki kecepatan loading yang tidak memenuhi standart dari google, maka saya sarankan untuk menggantinya dengan template premium yang bisa kamu beli di beberapa website populer di Indonesia.

Kelebihan menggunakan template premium sangat menguntungkan bagi blog, karena biasanya struktur data pada template premium lebih baik dari versi free download.

Selain itu, template premium biasanya sudah dibekali segala optimasi SEO, baik dari segi tampilan, kecepatan loading, responsifitas serta petunjuk untuk melakukan optimasi secara manual dari sang pembuat.


2. Atasi Duplikat Konten

Duplikat konten pada sebuah blog akan menyebabkan blog tersebut memiliki nilai jelek di mata mesin pencari. Oleh karena itu jangan pernah copy / paste artikel dari blog lain. Selain itu kamu juga harus perhatikan setiap kalimat yang mirip di tiap artikel.

Saya sendiri pada saat itu sering membuat penutup artikel dengan kata Jika kamu suka dengan artikel ini, maka silahkan share ke sosial media kamu. 

Hampir setiap artikel pada blog maxikhsan.my.id saat itu memiliki penutup seperti itu. Nah mungkin hal itu dianggap duplikat konten oleh robot google. Oleh karena itu jika dalam artikel yang kamu buat memiliki awalan atau penutup yang cendrung sama, maka ada baiknya segera kamu update untuk menghidari duplikat konten.


3. Jangan Acuhkan Masalah Cakupan

Masalah cakupan pada google search console memang tidak sepenuhnya saya pahami, namun tentunya bukan hal yang tidak mungkin untuk dipelajari dengan sabar dan teliti.  

Saya sendiri menemukan sekitar 171 artikel yang dikecualikan di google search console. Namun masalah ini tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan, dari 171 yang di kecualikan di search console, artikel yang tidak terindex hanya sekitar 15 saja.

Nah untuk mengatasi masalah cakupan ini sebanarnya cukup mudah. Jika ada notifikasi error, maka kamu akan diberikan menu untuk mulai melakukan validasi perbaikan.

Sedangkan untuk yang dikecualikan, kamu hanya tinggal tes satu persatu  saja. Jika ada artikel yang sudah di publish namun tidak terindex, maka seperti yang saya bilang gantilah template dengan versi premium yang memiliki kecepatan loading yang bagus dan mobile friendly.


4. Redirect URL lama ke URL Baru

Setelah kamu mengganti template blogger nya, maka saatnya untuk melakukan redirect artikel yang tidak terindex ke URL baru. Caranya cukup mudah, kamu tinggal copy / paste keseluruhan artikel pada postingan yang tidak terindex.

Setelah itu kamu buat postingan baru dan pastekan artikel lama pada postingan yang baru. Untuk memperkaya artikel, kamu bisa menambahkan paragraf baru dengan isi yang berkaitan dengan artikel yang tidak terindex tersebut.

Setelah itu kamu ubah URL postingan baru agar tidak sama dengan URL yang lama di permalink. Jika artikel yang dulu tidak terindek memiliki URL www.namadomain.com/2021/01/cara-masak-nasgor.html, maka pada postingan yang baru kamu tinggal tambahkan saja www.namadomain.com/2021/11/cara-masak-nasi-goreng.html.

Setelah berhasil di ubah dan di publish, selanjutnya kamu tinggal pergi ke menu setting lalu pilih menu Error dan Pengalihan. Disana kamu tinggal pilih pengalihan, lalu klik tambahkan. 

Pada kolom pertama, isi URL postingan yang lama tidak terindex : 

  • 2021/01/cara-masak-nasgor.html

Pada kolom kedua harus kamu isi dengan URL postingan yang terbaru :

  • 2021/11/cara-masak-nasi-goreng.html

Buat lah pengalihan secara permanen dengan cara klik tombol premanen. Dan perlu di ingat juga kalau kamu tidak usah menghapus artikel yang lama tida terindex karena sudah di redirect atau dialihkan ke URL yang baru.

Baca: Cara Custom Permalink di Blogspot


5. Mendaftar Google News

Google News sangat bisa membantu artikel yang ada di blog agar segera terindex mesin pencari google. Peninjauan blog setelah mendaftar juga tidak terlalu lama, blog maxikhsan.my.id ini mungkin sekitar satu mingguan sudah di setujuan oleh google news.

Manfaat dari google news menurut pengalaman saya sendiri adalah setiap artikel yang dibuat bisa secara otomatis terindex di mesin pencari. Saya sendiri pernah mencoba membuat artikel "Cara Cepat Mendapatkan Limit SPayLater". Dan artikel itu saya jadwalkan untuk di publish pada tanggal 14 November 2021 pukul 06.00 pagi.

Setelah saya cek URL secara langusng di pencarian google pada jam 07.30, ternyata URL nya sudah ada di mesin pencarian google meski saya belum melakukan inspeksi URL nya di google search console.

Jadi dengan adanya google news ini maka para blogger bisa memanfaatkannya untuk melakukan pengindekan artikel yang lebih cepat. Namun saya tetap menyarankan setiap artikel pada blog harus tetap di inspeksi pada google search consol. 


6. Share di Media Sosial

Untuk cara ini jujur saya juga tidak tahu persis apakah berpengaruh besar pada indexing artikel, namun selama tidak melakukan spam, maka mungkin saja artikel akan lebih cepat terindex di bagikan ke sosial media.

Dari beberapa media sosial yang blog ini gunakan, yang paling mudah untuk mendatangkan pengunjung adalah facebook. Namun dari beberapa artikel lain yang saya baca, sosial media paling bagus untuk share artikel adalah Pinterest.

Katanya sih kualitas page view yang datang dari Pinterest lebih baik dari pada Facebook, dan Twitter.


7. Buat Artikel Yang Tidak Terindex Menjadi Baru

Pada tahun 2022 saya menemukan masalah artikel baru kadang ada yang terindex dan kadang ada yang tidak terindex. Bahkan lebih parahnya artikel yang baru dibuat itu tidak muncul meski telah diinspek pada google search console.

Penyebab masalah ini belum bisa saya pastikan, namun dari beberapa kasus artikel yang baru dipublish pada blog ini, hampir semua masalahnya terletak pada permalink.

Cara saya untuk mengatasi artikel sulit terindex ini adalah dengan cara mengcopy semua artikel yang tidak terindex ke postingan baru. Setelah itu pada bagian permalink, cobalah untuk membuat URL baru yang lebih pendek agar lebih mudah dirayapi oleh mesin google bot.

Sampai saat artikel ini dibuat, cara ini masih efektif dalam mengatasi artikel yang tidak bisa terindex oleh mesin pencari google.


8. Manfaatkan Internal Link

Ini adalah salah satu trik yang selalu saya lakukan untuk mempercepat proses indexing artikel. Jika Anda telah selesai mempublish artikel baru, maka segera ambil URL artikel tersebut dan sematkan pada artikel lain yang masih relevan, lebih bagus sih disimpan dalam artikel yang topik pembahasannya sama.


9. Manfaatkan Backlink

Salah satu cara agar artikel pada blog cepat terindex adalah dengan memberikan backlink berkualitas pada artikel tersebut. Untuk mendapatkan backlink berkualitas sebenarnya cukup mudah. Jika Anda memiliki PBN (private Blog Network) maka sangat mudah untuk memberikan backlink pada artikel yang baru dibuat.

Apabila Anda tidak memiliki PBN, maka Anda bisa mengikuti guest posts di blog-blog yang sudah besar. Nah, jika Anda bingung blognya yang mana, maka silahkan baca artikel sumber backlink berkualitas gratis.


10. Tingkatkan Domain Authority 

Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan. Blog atau website yang memiliki nilai domain authority tinggi memiliki kelebihan pada kecepatan indexing artikel. 

Jika artikel pada blog ini membutuhkan waktu 6 jam untuk terindeks di google, maka blog atau website (kompasiana.com) hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam untuk indexing artikel baru.

Hal ini berdasarkan pengalaman saya ketika melihat artikel yang saya buat di kompasiana. Saat itu, kurang dari satu jam artikel yang saya buat telah ada di mesin pencari google.

Dengan demikian bisa saya simpulkan bahwa blog atau website yang memiliki nilai domain authority tinggi jauh lebih diprioritaskan atau dipercaya oleh google dalam urusan indeksing artikel.

Itu artinya setiap pemiliki blog dan website harus mencoba meningkatkan nilai domain authoritynya agar artikel tidak susah terindeks. 

Silahkan baca artikel cara meningkatkan domain authority pada artikel yang ada di blog ini. 


Kesimpulan

Inti dari masalah artikel yang sulit terindex adalah kecepatan loading blog. Meski kamu sudah memasukan sitemap dan melakukan inspeksi URL di google search console. Namun jika blog kamu memiliki load time yang lambat dan dinilai jelek oleh mesin google, maka jangan harap artikel akan terindex.

Perhatikan juga template yang digunakan, sebaiknya menggunakan template premium atau versi free yang jelas di download dari website pembuat template. Jika asal download seperti saya pada saat itu, maka ada kemungkinan struktur data pada template tersebut kurang baik yang menyebabkan artikel sulit terindex.

Hindari copy / paste artikel dari blog lain agar tidak terindikasi duplikat konten pada google search console. Jika sebuah blog sudah terindikasi memiliki duplikat konten, maka blog tersebut akan dinilai jelek oleh mata mesin pencari dan membuat artikel tidak terindex. 

Simak videonya di bawah ini!

Baca: Cara Agar Artikel Muncul di Google

Sekian artikel 6 cara atasi artikel blog sulit terindex di mesin pencari google. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang sedang kesusahan akibat masalah pengindekan artikel.

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. Halo kak, maksudnya daftar google news itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. daftar google news itu agar membantu artikel yang dipublish agar lebih cepat terindex di mesin pencari gan. Secepatnya saya buat artikel cara daftar blog di google news.

      Hapus