Masalah Tidak Dapat Mengambil Peta Situs di Domain My Id - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Masalah Tidak Dapat Mengambil Peta Situs di Domain My Id

max ikhsan

Beberapa waktu kebelakang, saya menemukan hal yang cukup membuat pusing karena error yang terjadi pada peta situs di Google Search Console. Entah kenapa setiap saya membeli domain .my.id maka sitemap yang dimasukan di Search Console selalu error dengan notifikasi 'Sitemap couldn't fetch' atau 'Tidak dapat mengambil peta situs'.

Sebenarnya saya juga sudah pernah membahas masalah error pada sitemap ini di artikel cara mengatasi sitemap couldn't fetch. Namun pada sebagian kasus yang terjadi pada blog baru saya cara tersebut masih kurang efektif.

Berikut di bawah ini adalah beberapa gambar sitemap blog saya di Search Concole:

Max Ikhsan

max ikhsan

Gota

max ikhsan

Kopi Garut

max ikhsan

Izane 

max ikhsan

Domain .my.id pada blog ini dibuat pada tahun 2019, pada saat itu ketika sitemap dimasukan di Search Console tidak ada notifikasi error tidak dapat mengambil peta situs.  Sedangkan untuk saat ini setiap kali saya membeli domain .my.id maka setiap saya memasukan sitemap di GSC pasti selalu error.

Error ini juga terjadi pada domain .eu.org, karena salah satu blog saya yang bernama Izane menggunakan domain gratis .eu.org. Sedangkan untuk domain .web.id sitemap yang dimasukan di Google Search Console tidak error. 

Apabila memang ada kesalahan pada format penulisan, rasanya tidak mungin karena sitemap yang dimasukan di Search Console tetap sama. Jika Anda belum tau silahkan cek artikel cara membuat sitemap di Google Search Console. 

Nah, dengan adanya error pada sitemap pada domain .my.id ini maka saya atau Anda jadi memiliki pertimbangan sebelum membeli domain murah ini. Saya sendiri sudah beberapa kali membahas kelebihan dan kekurangan domain .my.id ini. Dan dua kelebihan utama dari domain my id ini adalah harganya yang murah dan bisa bersaing di mesin pencari, serta bisa mendaftar Google AdSense.

Sampai artikel ini dibuat saya masih belum bisa mendapatkan solusi untuk memecahkan masalah ini. Namun Anda tidak perlu khawatir jika menemukan masalah seperti ini karena tidak berpengaruh pada indexing artikel. Sebagai contoh, blog saya (izane) memiliki masalah error 'tidak dapat mengambil peta situs' di Search Console. Namun untuk indexing artikel tetap berjalan baik.

Sebagai bukti, silahkan lihat gambar indexing blog saya (izane) di Google:

Baca: Kabar Baik! Blog Yang Terkena Algoritma Spam Telah Pulih

max ikhsan

Meski di Google Search Console ada notifikasi Tidak bisa mengambil peta situs atau  Sitemap couldn't fetch, namun hal itu tidak mempengaruhi indexing artikel pada blog. Nah jika Anda ingin mencoba melihat apakah blog dan artikel sudah terindex atau belum, silahkan coba tulis di Google dengan format seperti berikut:

Site:namadomain.com

Meski masalah tidak dapat mengambil peta situs di Search Console ini tidak berpangaruh pada indexing artikel, namun sebaiknya kita harus tetap mencoba memperbaikinya hingga Sukses. 

Nah jika Anda mengalami kendala artikel susah terindex akibat masalah error ini, silahkan baca artikel cara mengatasi artikel susah terindex yang sudah saya buatkan artikelnya di blog ini. Selain itu terkadang beberapa masalah pada blog bisa juga teratasi setelah Anda melewati fase sebagai blogger pemula.

Semoga bermanfaat.



Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. Ada saran domain yang cocok dan cepat terindeks bang? saya pakai my.id jadi berkurang moodnya karena performa blog tdk sesuai harapan (nabhanarts.my.id)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk domain sih fix mending com, id, net, kalau mau yang miring bisa coba web,id. tapi mungkin biz,id juga bisa bang, cuma saya belum experiment pake domain itu.

      Hapus
  2. Balasan
    1. haha sabara mas, yang penting bikin konten ori, sering publish dan ngindeks, pelan tapi pasti blog akan bisa terindeks dan ngerank

      Hapus