Apa Yang Terjadi Pada Blog Yang Terkena Penalti Algoritma Spam? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Apa Yang Terjadi Pada Blog Yang Terkena Penalti Algoritma Spam?

max ikhsan
Max Ikhsan

Pada bulan Oktober tahun 2022 Google kembali membuat update algoritma yang cukup membuat jengkel para blogger dan pemiliki website diseluruh dunia. Salah satu update algoritma yang paling berpengaruh terhadap performa blog adalah "spam detection system".

Nah, apakah Anda termasuk salah satu korban update ini?

Ada beberapa hal buruk yang terjadi pada blog ketika terkena update algoritma spam. Dan pada artikel ini saya akan membahas beberapa hal yang terjadi pada blog kita apabila terindikasi melakukan spam dan terdeteksi sebagai blog spam oleh Google.


5 Hal Yang Terjadi Pada Blog Saat Terkena Penalti Algoritma Spam

Artikel ini ditulis berdasaran pengalaman blog ini yang samapai saat ini masih terkena hukuman dari Google karena terindikasi melakukan spam.

1. Artikel Page one Hilang

Berdasarkan pengalaman, saat blog kita terkena penalti akibat terdeteksi spam maka artikel yang ada di halaman pertama mesin pencari Google menghilang entah kemana. Jika kita cek dengan menggunakan Google Search Console maka artikel berstatus terindeks. Dan saat kita coba melakukan pengecekan menggunakan URL maka artikel tetap terindeks di mesin pencari.

Tetapi hal yang mengejutkan adalah ketika kita menulis kata kunci yang ditargetkan artikel tersebut maka artikel yang tadinya ada di halaman satu Google mengilang entah kemana. Bahkan jika Anda cari sampai halaman 100 pun belum tentu artikel tersebut akan ditemukan.

Nah, ini adalah penalti Google Sandbox, dimana artikel tersebut berstatus terindeks di search console tapi di search engine tidak ada sama sekali. Saya sendiri pernah merasakan masuk ke google sandbox, dan sampai saat ini saya masih terus berjuang mengemabalikan blog ini agar kembali normal.


2. Traffic Blog Merosot

Karena salah satu ciri jika blog terdeteksi melakukan spam adalah artikel di halaman pertama hilang, maka secara otomatis traffic yang tadinya banyak langsung terjun bebas. Saat saya belum terkena update spam ini, saya bisa mendapatkan traffik hingga 1400 perbulan. 

Tapi setelah blog saya terimbas update algoritma spam, kini blog ini hanya dapat 200 kunjungan perbulan. Hal ini cukup berdampak kepada saya secara langsung, karena saya merasa bahwa sudah tidak ada gunanya lagi membuild ulang blog ini.

Tapi saya berkeyakinan bahwa blog ini akan kembali bisa memiliki banyak visitor setelah saya berhasil memecahkan masalah ini.


3. Pendapatan Menurun

Ini adalah hal yang paling berefek buruk pada blog yang terkena penalty Google, yaitu pendapatan AdSense menurun drastis akibat jumlah visitor yang semakin menurun. Meski update algoritma spam ini tidak berdampak pada akun AdSense. namun, dampak langsung yang dirasakan adalah penurunan penghasilan dari iklan akibat visitor anjlok.


4. Sitelink Hilang

Dalam blog ini saya sudah pernah membuat artikel cara agar blog bisa mendapatkan sitelink. Artike tersebut saya buat jauh sebelum adanya update algoritma spam. Jika blog Anda masih baru, maka artikel tersebut sangat pas untuk Anda baca karena bisa membantu membuat blog Anda segera mendapatkan sitelink di Google.

Nah masalahnya untuk blog saya ini tiba-tiba semua sitelink hilang (sampai artikel ini dibuat). Dan saya meyakini bahwa hal itu bisa terjadi akibat blog saya terkena update algoritma spam.

Sampai saat ini saya masih terus berusaha untuk mengemabalikan sitelink tersebut dengan rajin mempublish artikel baru dan mencari backlink berkualitas baru untuk menambah nilai domain rating blog ini.


5. Susah Indeks Artikel

Untuk masalah ini sebenarnya saya sudah pernah membuat artikel cara mengatasi artikel susah terindeks. Dan setelah saya coba ternyata cara tersebut masih efektif untuk mengatasi masalah artikel sulit terindeks akibat blog terkena penalti algoritma spam.


Penyebab Blog Ini Terkena Penalty Algoritma Spam

Silahkan baca sedikit cerita mengapa blog ini terindikasi melakukan spam sehingga terkena penalti saat Google melakukan update algoritma.


max ikhsan

Jika Anda perhatikan dengan baik gambar di atas, maka Anda akan melihat banyak sekali domain yang mengirimkan traffic spam pada blog ini. Jadi pada gambar di atas itu semua adalah blog sumber jingling selain Google.

Jingling tersebut berimbas pada buruknya kualitas blog ini yang hanya mendapatkan 100 kunjung perhari dari Google. Oleh karena itulah mungkin dari sana Google menyangka bahwa saya melakukan pengiriman auto visitor sendiri.

Update

Sepertinya Google sudah sedikit memberikan nafas bagi para blogger yang blognya terdampak algoritma spam akibat nyepam backlink, jingling dan lain-lainnya.

Silahkan baca artikel berikut: blog yang terkena update algoritma spam telah pulih 

Nah, itulah penjelasan mengenai apa yang terjadi pada blog atau website yang terkena penalti Google.

Semoga bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. Terima kasih atas infonya bang, situs blog saya juga tiba-tiba berhenti indeksnya, blog saya: www.astravasili.com tiba-tiba menurun, udah 2 hari artikel gak terindeks, apakah tungguin aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sekarang gimana mas apa masih bermasalah indexingnya?

      Hapus