Cara Agar Backlink Cepat Terindex Google - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Agar Backlink Cepat Terindex Google

max ikhsan

Ada banyak faktor yang membuat suatu blog memiliki rank yang bagus di mesin pencari Google. Beberapa diantaranya adalah kesehatan blog yang bagus, kualitas konten yang baik, serta sumber backlink berkualitas dari situs-situs yang memiliki authority tinggi.

Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara membuat artikel berkualitas, atau hal yang yang berkaitan dengan kesehatan blog, karena dalam artikel kali ini saya akan berfokus memberikan Anda sebuah petunjuk sederhana bagaimana caranya agar backlink yang kita tanam di situs authority tinggi bisa lebih cepat terindex mesin pencari Google.

 

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Sebelum artikel ini dibuat, saya sudah terlebih dahulu menulis artikel tentang cara mendapatkan backlink berkualitas dari 22 sumber backlink gratis dofollow dan nofollow. Jadi silahkan Anda baca terlebih dahulu artikel tersebut agar paham bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas secara gratis.

Jika Anda secara spesifik ingin segera tahu bagaimana cara membuat backlink di situs berauthority tinggi, silahkan baca artikel cara mendapatkan backlink dari Microsoft.com. Disana saya sudah menuliskan cara mendapatkan backlink dari Microsoft dengan sangat lengkap. Dan jika Anda merasa belum paham dengan artikel yang saya berikan, Anda memiliki opsi untuk menonton videonya di dalam artikel atau di channel youtube saya.

Nah, saya anggap Anda sudah berhasil membuat backlink di situs dengan authority tinggi seperti Microsoft. Oleh karena itu saya akan langsung saja membawa Anda masuk pada tutorial cara supaya backlink lebih cepat terindeks mesin pencari Google.


Cara Indexing Backlink Lebih Cepat


Di atas, saya sudah menyediakan video yang bisa Anda tonton untuk lebih memahami bagaimana mekanisme pengindeksan backlink lebih cepat. Jadi silahkan Anda tonton videonya dan jangan lupa juga untuk subscribe.

Apakah backlink itu harus di optimasi agar lebih cepat terindex?

Sebenarnya dari beberapa percobaan yang saya lakukan, ada backlink yang cepat terindex tanpa harus di optimasi dan ada juga backlink yang harus di optimasi agar lebih cepat terindex.

Contoh, backlink berjenis kontekstual dari guest post jauh lebih cepat terindeks dari pada backlink profile yang saya buat di situs yang memiliki authority tinggi. Saat ini salah satu backlink yang sedang saya optimasi bersumber dari profile Micorosoft. Backlink ini agak sulit terindeks di Google Search Console karena memang mungkin membutuhkan optimasi lebih dalam pengindeksannya.

Sedangkan di ahrefs.com backlink tersebut sudah terindeks. Silahkah lihat gambar di bawah ini.

max ikhsan

Pada bagian refereing domain, backlink dari Microsoft ini sudah terdeteksi. Sedangkan di Google Search Console belum terdeteksi sama sekali. 

Nah, karena tujuan utama pengindeksan backlink ini adalah supaya cepat terbaca Search Console, maka optimasi yang harus dilakukan adalah sebagai berikut ini:

1. Optimasi Backlink di Moneysite

Biasanya moneysite atau blog utama jauh lebih memiliki nila DA (domain authority) tinggi dibandingkan blog tier 2 yang baru Anda buat. Oleh karena itu tidak jadi masalah apabila Anda menautkan backlink profile seperti dari Microsoft di artikel yang Anda buat.

Dengan melakukan cara ini, kemungkinan backlink Anda terbaca oleh Search Console akan menjadi lebih cepat.


2. Optimasi Backlink di Blog Tier 2

Ini adalah cara yang paling sering saya lakukan, yaitu membuat blog gratisan dari blogspot atau wordpress sebanyak mungkin dan mengoptimasinya agar bisa mengindeks artikel. Setiap saya membuat backlink baru di situs-situs yang punya DA tinggi, maka saya akan menautkan linknya di dalam artikel blog tier 2 tersebut.

Semakin banyak blog tier 2 yang Anda miliki, maka semakin banyak juga kesempatan Anda untuk menautkan backlink pada blog tier 2 tersebut. Dan semakin banyak artikel yang menautkan backlink tersebut terindeks mesin pencari, maka semakin cepat pula backlink yang Anda buat terindeks oleh Search Console.


3. Simpan Backlink di Komentar

Cara ketiga ini sering saya lakukan untuk mempercepat backlink terbaca oleh Search Console, dimana apabila backlink yang di optimasi pada artikel di blog tier 2 masih sulit terindeks, maka saya akan menautkan URL artikel blog tier 2 yang mengandung backlink pada blog-blog yang mengizinkan menautkan link pada kolom komentarnya.

Perlu Anda perhatikan bahwa saya menyarankan Anda untuk menautkan URL postingan yang menautkan backlink yang ditarget pada kolom komentar blog yang memiliki nilai DA PA besar. Pastikan hindari menaman backlink di komentar blog yang DA PA nya masih rendah, atau blog gratisan seperti blogspot.


Keuntungan Backlink Cepat Terindeks

Ada beberapa keuntungan yang Anda dapatkan apabila backlink cepat terindeks Search Console, diantaranya adalah nilai DA PA blog Anda akan lebih cepat meningkat, semakin dipercaya Google karena memiliki banyak backlink dan nilai DA besar, dan masih banyak lagi keuntungan yang Anda dapatkan.


Nah, mungkin itu saja yang bisa tulis pada artikel bagaiaman membuat backlink jadi lebih cepat terindeks mesin pencari Google. 

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar