Tips Agar Blog Mendapatkan Sitelink - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tips Agar Blog Mendapatkan Sitelink

cara supaya blog mendapatkan sitelink

Seorang blogger pasti belum merasa puas apabila melihat blognya belum mendapatkan sitelink di mesin pencari. Bahkan saya sendiri sampai saat ini masih terus berusaha meningkatkan jumlah sitelink blog ini agar menjadi lebih banyak.

Namun saat ini entah kenapa rasanya cukup sulit untuk mendapatkan sitelink tersebut. Entah karena memang saya yang masih kurang paham tentang optimasi blog agar bisa mendapatkan sitelink, atau memang algoritma google yang hanya memberikan sitelink pada blog atau website yang benar-benar sudah besar, terkenal, dan memiliki score DA yang tinggi.

Namun meski demikian, saya tetap bersyukur sampai saat ini masih bisa mendapatkan sitelink dari google. Meski jumlahnya hanya dua, namun saya selalu bekerja keras untuk terus meningkatkan jumlahnya minimal menjadi empat, atau enam, bahkan sampai sepuluh sitelink.

Nah, berikut ini saya akan memberikan sebuah tips supaya blog bisa mendapatkan sitelink di mesin pencarian. Namun sebelum itu, ayo kita bahas terlebuh dahulu apa itu sitelink, bagaimana mendapatkan sitelink, dan apa manfaat blog jika mendapatkan sitelink.


Apa Itu Sitelink?

Umumnya sitelink bisa dilihat ketika sebuah nama blog atau website dicari di mesin pencarian. Sitelink berbentuk seperti submenu yang terletak tepat di bawah nama suatu situs blog atau website.

Biasanya sitelink yang muncul bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari halaman, postingan paling populer, dan tag atau kategori. Dan berikut ini adalah contoh apabila sebuah blog atau website sudah mendapatkan sitelink.


Gambar di atas merupakan screenshoot yang saya ambil dari hasil penelusuran google. Disisi kanan, viva.co.id mendapatkan empat sitelink ketika saya cari dengan kata kunci "viva". Disebelah kiri, blog ini hanya mendapatkan dua sitelink ketika dicari dengan kata kunci "max ikhsan".


Bagaimana Agar Blog Mendapatkan Sitelink?



Jujur saya tidak tahu secara spesifik bagaimana supaya blog bisa mendapatkan sitelink di SERP. Namun mungkin saya bisa sedikit berbagi tips supaya blog cepat mendapatkan sitelink, baik dari pengalaman dan hasil research.

1. Menggunakan Top Level Domain

Dari beberapa hasil research yang saya dapatkan ketika mencari informasi mengenai cara agar blog bisa mendapatkan sitelink di hasil pencarian, banyak yang bilang bahwa jika ingin mendapatkan sitelink dari google maka blog harus menggunakan top level domain.

Hmm... Jujur saya kurang setuju dengan ini. Karena sekitar tahun 2017 sampai 2018 saya mengelola sebuah blog gratisan dengan subdomain blogspot.com. Saat itu blog tersebut bisa mendapatkan sitelink sebanyak empat buah. 

Dan anehnya, sampai saat ini blog tersebut masih mendapatkan sitelink meski cuma satu buah. Padahal blog tersebut sudah tidak pernah update dan hanya dijadikan blog zombi saja oleh saya.

Perhatikan gambar di bawah ini!


See, blog tersebut tidak menggunakan top level domain dan sudah tidak di urus lagi, tapi masih tetap terindeks dan masih mendapatkan satu sitelink.

Lantas, haruskan blog itu menggunakan top level domain agar mendapatkan sitelink?

Jawabannya adalah iya, dan logikanya seperti ini. Blog dengan domain gratisan blogspot.com saja bisa mendapatkan sitelink, apalagi blog yang menggunakan top level domain (TLD). Selain itu apabila blog menggubakan top level domain, maka blog tersebut akan lebih terlihat profesional.

Saat ini top level domain bisa di dapatkan dengan mudah karena ada beberapa TLD yang harganya cuma belasan ribu saja. Dan jangan salah, meski harga top level domain seperti .my.id harganya murah, namun terbukti bisa diterima google AdSense dan bisa mendapatkan sitelink di SERP. 


2. Gunakan Template Terbaik

Agar blog bisa mendapatkan sitelink dari google, maka template yang digunakan haruslah yang terbaik untuk blog Anda. Saat ini banyak website penyedia template blogger yang bisa Anda nikmati versi gratisnya apabila belum memiliki budget untuk membeli versi premiumnya.

Yang harus diperhatikan pada template agar blog bisa mendapatkan sitelink di SERP adalah struktur dari templatenya harus valid dan SEO friendly. Jika Anda suhda menggunakan template tersebut maka besar kemungkinan blog Anda mendapatkan sitelink di hasil pencarian.


3. Utamakan Artikel Berkualitas

Artikel berkualitas akan mendatangkan banyak visitor ke dalam blog, sehingga artikel berkualitas tersebut akan menjadi postingan paling populer. Semakin banyak artikel tersebut dibaca oleh pengunjung yang datang secara organik, semakin besar pula kemungkinan artikel tersebut muncul sebagai sitelink di SERP.

Bagamana cara membuat artikel berkualitas?

Pada dasarnya artikel berkualitas adalah artikel yang bisa memberikan masukan, solusi untuk memecahkan masalah, atau tuntunan yang tepat bagi pembaca. Anda bisa membaca lebih jauh tentang konten terbaik untuk blog di artikel berikut ini.


4. Update Konten Secara Rutin

Entah cara ini bisa dimasukan kedalam tips agar blog mendapatkan sitelink atau tidak. Namun pada dasarnya algoritma google di design untuk melihat mana blog yang aktif dan update konten secara rutin dan mana blog yang tidak update serta tidak rutin membuat artikel.

Saya sendiri meyakini bahwa semakin sering sebuah blog melakukan update konten yang berkualitas secara berkala, maka semakin besar juga kesempatan blog tersebut untuk mendapatkan sitelink di mesin pencarian. 


5. Buat Navigasi Sejelas Mungkin

Untuk mempermudah pengunjung ketika mencari informasi di blog, maka buatlah menu navigasi yang jelas agar bisa menuntun pengunjung menemukan informasi secara tepat dan singkat.

Peran navigasi pada blog sangat penting, sehingga kebanyakan sitelink yang di dapatkan blog di SERP (search engine result page) adalah halaman navigasi, contohnya seperti halaman About, Contact, Disclaimer, dan lain-lain.


6. Submit Sitemap.xml ke GSC 

Untuk mempermudah mesin google dalam mendeteksi konten di blog Anda, maka Anda harus memasukan sitemap (peta situs) ke Google Search Console. Dengan melakukan submit sitemap ke GSC maka mesin google semakin mudah untuk menentukan konten mana yang paling tepat untuk dijadikan sitelink pada blog Anda.

Berikut ini adalah cara lengkap submit sitemap ke Google Search Console yang bisa Anda praktekan di GSC Anda.


7. Perbanyak Link Internal

Salah satu hal yang sering terlupakan oleh blogger pemula seperti saya adalah ketika membuat artikel sering lupa menautkan link internal. Padalah link internal pada suatu blog termasuk salah satu SEO yang harus dilakukan sebagai optimasi SEO onpage pada blog.

Internal link berfungsi untuk menghubungkan satu artikel dengan artikel lainnya yang masih memiliki konteks pembahasan yang relevan. Hal ini bisa membantu pengunjung untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap meski informasi tersebut harus di dapatkan secara terpisah pada artikel yang linknya sudah ditautkan dan menjadi internal link. 

Semakin banyak internal link pada suatu blog atau website, maka semakin mudah juga google untuk mengenali keseluruhan konten pada blog dan semakin mudah juga google untuk menentukan mana konten terbaik yang bisa dijadikan sitelink.

8. Datangkan Visitor Unik dan Organik

Blog yang akan direkomendasikan untuk mendapatkan sitelink dari google adalah yang pengunjungnya datang secara organik. Pengunjung organik adalah orang yang masuk ke blog Anda lewat mesin pencari dengan mengetikan kata kunci.

Contoh, seseorang sedangan mencari informasi mengenai cara membuat blog di google. Saat pengunjung menekan enter atau melakukan pencarian, tiba-tiba artikel pada blog Anda muncul dihalaman paling atas. Saat orang tersebut membaca artikel Anda, maka google akan menilai itu sebagai oragnic pageview yang sangat direkomendasikan oleh google.

Lalu bagaimana cara mendatangkan visitor secara organik?

Gampang kok, intinya buat blog Anda dikenal mesin pencari, setelah itu buat konten secara runtin. Semakin banyak konten pada blog Anda, semakin meningkat juga visitor blog Anda. 

Seiring waktu Anda pun juga bisa sambil belajar SEO, Keyword dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan cara mendatangkan banyak visitor ke blog. 

9. Buat Blog Semakin Dikenal

Salah satu faktor yang membuat sitelink bisa muncul di SERP adalah karena nama blog atau website sudah besar dan terkenal. Itu artinya semakin terkenal sebuah blog atau website, semakin besar juga kemungkinan bisa mendapatkan sitelink dari google.

Namun tentunya untuk melakukan branding pada blog tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu kerja keras, kerja cerdas, dan disiplin agar blog bisa semakin dikenal banyak orang.

Selain itu, untuk membuat blog semakin dikenal maka pengelola harus memahami SEO onpage dan SEO offpage agar blognya bisa merajai halaman utama mesin pencarian. 

Apabila konten suatu blog atau website sudah banyak masuk ke halaman pertama mesin pencari, maka sitelink pasti akan diberikan oleh google.


Alasan Mengapa Blog Harus Mendapatkan Sitelink

Secara pribadi, bagi saya apabila sebuah blog sudah mendapatkan sitelink maka blog tersebut terlihat lebih keren dan seolah benar-benar blog yang profesional.

Berikut ini adalah alasan lain mengapa sitelink penting untuk sebuah blog.

Meningkatkan CTR

CTR atau Click Through Rate merupakan rasio jumlah klik pada suatu blog atau website berdasarkan impression. Secara simpel CTR bisa digambarkan seperti berikut ini.

Blog Anda yang berjudul "Sitelink Gratis" berada diposisi pertama mesin pencari. Sedangkan untuk posisi nomor dua dan seterusnya di isi oleh blog orang lain.

Menurut penelitian yang dilakukan AWR, pengguna internet lebih mengutamakan artikel pada posisi pertama, kedua, dan ketiga pada hasil pencarian google dari pada harus mencari informasi ke nomor empat dan seterusnya.

Nah, apabila blog Anda sudah mendapatkan sitelink, maka blog kompetitor yang ada di posisi dua dan nomor tiga akan terhalangi oleh sitelink. 

Lihat gambar di bawah ini!


Perhatikan!

Hampir satu halaman di layar komputer saya penuh dengan hasil pencarian "viva" saat saya mencari website tersebut. Otomatis blog atau website kompetitor tenggelam karena terhalang oleh sitelink.

Sedangkan untuk blog atau website yang tidak memiliki sitelink, maka blog atau website kompetitor akan muncul tanpa terhalangi sitelink. 


Lebih Profesional

Blog yang memiliki sitelink akan jauh terlihat lebih profesional dibandingkan dengan blog yang tidak memiliki sitelink sama sekali. Dengan adanya sitelink pada suatu blog, maka nilai trust orang pada blog tersebut akan meningkat.

Selain itu, dengan adanya sitelink pada suatu blog di hasil pencarian google, maka orang akan lebih mudah untuk menjelajahi isi dari blog tersebut dengan memilih masuk lewat halaman, artikel paling populer, atau tag dan kategori yang sudah menjadi sitelink.


Kesimpulan

Seperti saya katakan di awal artikel bahwasannya saya bukan seorang Ahli SEO yang bisa membuat tutorial Cara Mendapatkan sitelink. Itulah mengapa dalam artikel ini hanya berbagi tips agar blog bisa mendapatkan sitelink.

Apabila google berkehendak untuk memberikan sitelink pada sebuah blog, maka meski blog tersebut tidak menggunakan top level domain, bahkan blog tersebut sudah tidak diurus, maka sitelink akan tetap muncul.

Nah, tentu dengan logika yang kita gunakan, maka bisa simpulkan bahwa blog yang menggunakan top level domain dan selalu update konten secara berkala pasti bisa mendapatkan sitelink, toh blog gratisan saja bisa.

Tips yang saya bagikan ini belum tentu berhasil, namun setidaknya saya sudah berusaha membuat blog ini memiliki dua sitelink. Semoga saja di blog Anda sitelink yang muncul jumlahnya lebih banyak.

Intinya Anda harus bekerja keras, terus belajar, dan terus konsisten ngeblog agar blog Anda secepatnya mendapatkan sitelink.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar