13 Cara Agar Artikel Blog Tampil Paling Atas di Google - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

13 Cara Agar Artikel Blog Tampil Paling Atas di Google

cara agar artikel blog muncul di halaman pertama google

Salah satu faktor yang membuat suatu blog atau website memiliki banyak visitor adalah karena kontennya berada di halaman pertama google, terlebih lagi jika konten tersebut tampil diposisi paling atas atau top 3.

Perlu Anda ketahui! 75% pengguna internet lebih memperhatikan hasil pencarian pada halaman pertama google. Oleh karena itu, rank artikel di hasil pencarian google sangat mempengaruhi jumlah visitor suatu blog atau website. 

Lantas, bagaimana cara membuat artikel blog atau website muncul paling atas di hasil pencarian google?

Berikut ini tips agar artikel muncul di hasil pencarian google paling atas.


Cara Agar Artikel Blog Ada di Top Google

cara agar artikel blog ada di top google

1. Submit Google Search Console 

Agar artikel blog bisa ada di posisi pertama di google, maka hal pertama yang wajib kita lakukan adalah mensubmit URL artikel ke Google Search Console. 

  • Memang berpengaruh?

Pada dasarnya artikel yang terdapat pada suatu blog atau website akan terindex sendiri tanpa harus melakukan submit URL di Search Console. Tapi hal itu tentu tidak saya rekomendasikan, karena proses indexing artikel akan menjadi menjadi sangat lama bila tidak di sumbmit.

Agar artikel dalam blog cepat terindeks di mesin pencarian google, maka sebaiknya kita melakukan submit URL artikel untuk mempercepat proses crawler, sehingga dalam waktu beberapa jam saja artikel sudah tampil pada hasil pencarian google.

  • Apakah Mensubmit URL di Search Console menjamin artikel blog masuk di top 3 hasil pencarian google?

Google Search Console menjamin artikel yang di sumbmit akan tampil pada hasil pencarian google. Namun tidak menjamin artikel akan langsung masuk ke halaman pertama google, apalagi langsung masuk ke top 3 hasil pencarian. 

Namun dengan kita melakukan submit URL artikel ke Search Console, maka kesempatan artikel untuk masuk ke halaman pertama bahkan top 3 pada hasil pencarian google menjadi lebih terbuka.


Berikut Cara Submit Artikel di Google Search Console

  • Buka blog, klik kanan pada judul artikel, lalu pilih salin URL / copy link address.


  • Buka Google Search Console, paste URL artikel yang sudah di copy sebelumnya pada kolom yang ditandai tanda panah merah, lalu tekan enter.


  • Tunggu proses loading hingga tampil gambar seperti di bawah ini. Klik tombol "MINTA PENGINDEKSAN" yang ditandai tanda panah merah.

Proses crawling biasanya tidak menentu, tergantung dari kesehatan blog atau faktor-faktor lain yang mendukung pengindeksan menjadi lebih cepat. Akan tetapi, biasanya estimasi waktu untuk pengindeksan artikel membutuhkan waktu 1 jam atau 1 hari.

Dari pengalaman, setiap artikel baru di blog ini biasanya sudah terindeks dalam waktu 3 jam setelah submit URL di Search Console. Tapi saya juga pernah membuat artikel di kompasiana.com, dam artikelnya sudah terindeks google kurang dari satu jam. 

Intinya jangan melihat estimasi waktu, tapi kita harus melihat jaminan bahwa artikel yang di submit pasti terindeks google selama memenuhi persyaratan yang diberikan google.


2. Buat Sitemap di Google Search Console

Sitemap atau peta situs merupakan file berformat XML yang memiliki fungsi memuat seluruh daftar artikel yang ada pada suatu blog. Selain itu, struktur sitemap terdiri dari judul dan URL saja.

Untuk pengguna blog atau website self hosted seperti Wordpress, sitemap harus dibuat dan diupload secara manual. Sedangkan bagi pengguna blog hosted seperti Blogger, sitemap sudah disediakan dan tinggal menggunakannya saja. 

Berikut ini adalah file sitemap yang umumnya sering digunakan oleh blog hosted blogger. 

No
Sitemap
1atom.xml
2
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
3atom.xml?redirect=false
4feeds/posts/default?orderby=updated
5
sitemap.xml

Berikut Cara Memasang Sitemap di Google Search Console

  • Buka Google Search Console, klik bagian sitemap / peta situs hingga tampilannya seperti gambar di bawah ini. 


  • Masukan semua sitemap yang ada pada tabel di atas satu persatu pada kolom yang ditandai panah merah. 


Jika Anda menemukan kesulitan dalam pemasangan sitemap tersebut, silahkan baca artikel cara atasi sitemap couldn't fetch untuk mengatasinya.

Apakah memasukan sitemap berpengaruh pada peringkat artikel di google?

Secara spesifik, sitemap berfungsi memberi tau bot mesin pencari google apa saja konten atau URL yang ada di blog kita. Selain itu, memasukan sitemap ke Google Search Console juga bisa membantu mempercepat proses indexing.

Menurut saya pribadi, sitemap tidak mempengaruhi peringkat artikel di SERP secara langsung. Namun itu pendapat pribadi berdasarkan pengalaman. Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang hal ini, silahkan Anda cari informasi yang lebih lengkap dari sumber-sumber yang lebih fokus membahas akan hai tersebut. 


3. Optimasi Kecepatan Loading

Salah satu faktor yang membuat artikel bisa masuk ke halaman utama dan bertengger di posisi paling atas adalah karena memiliki kecepatan loading yang cepat. Menurut beberapa sumber yang saya baca, blog yang memiliki kecepatan loading kurang dari 2 detik memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa masuk ke page one, bahkan berada di posisi pertama di hasil pencarian google.

Berdasarkan beberapa penelitian, sebagian orang akan meninggalkan artikel yang saat baru dibuka saja sudah loading cukup lama. Hal ini tentu akan berdampak buruk apabila dibiarkan. Oleh karena itu, jika artikel yang kita buat ingin memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa ada di posisi pertama pada hasil pencarian google, maka sudah jelas kecepatan blog atau website kita harus di optimasi.

Bagaimana cara melakukan optimasi kecepatan blog?

Umumnya ada dua tools yang sering saya gunakan untuk mengecek kecepatan loading blog ini. Pertama ada PageSpeed Insight, dan yang kedua adalah GTmetrix.

Dengan menggunakan salah satu tools tersebut, kita bisa melihat apa saja yang menyebabkan blog kita memiliki kecepatan loading lambat, dan dari sanalah kita bisa memperbaikinya untuk meningkatkan kecepatan loading blog kita.

Berikut Faktor-faktor Yang Membuat Blog Memiliki Kecepatan Loading Bagus  

  • Menggunakan template AMP (jika ada).
  • Menggunakan template fast loading.
  • Menggunakan template responsif.
  • Menggunakan template mobile friendly.
  • Memasang script lazy load untuk gambar.
  • Memasang script lazy load AdSense jika memasang iklan.
  • Memasang script lazy load analytics.
  • Memasang script lazy load youtube jika memasang video. 
  • Mengompres gambar sekecil mungkin.
  • Menganti fontawesome dengan icon SVG.
  • Dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca artikel cara optimasi template Viomagz. Disana saya menjelaskan cara optimasi blog agar memiliki kecepatan loading yang bagus.


4. Pastikan Halaman Mobile Friendly

Blog yang bertengger di posisi 1 sampai 10 di halaman pertama hasil pencarian google adalah blog atau website yang memiliki tampilan versi mobile. Itulah sebabnya mengapa saat ini hampir semua blog atau website wajib menggunakan template yang sudah mobile friendly.

Lihat screenshot laporan blog ini pada bulan Oktober 2022 


Gambar tersebut saya ambil dari laporan bulanan blog ini. Bisa dilihat bahwa kunjungan paling banyak pada blog ini berasal dari perangkat seluler. Oleh karena itu, hampir setiap waktu saya selalu cek kesehatan blog ini baik dalam versi desktop maupun mobile.

Untuk mengetahui apakah blog kita sudah mobile friendly atau belum cukup mudah. Silahkan masuk ke tool mobile friendly lalu masukan domain blog kita disana.

Jika notifikasi yang tampil menunjukan bahwa halaman sudah mobile friendly, itu artinya kita sudah menggunakan template yang tepat. Namun apabila notifikasinya halaman tidak mobile friendly, maka sebaiknya segera mengganti template yang sedang digunakan dengan template yang lebih resposif dan mobile friendly.

Apabila Anda tidak memiliki template blogger yang mobile friendly, silahkan coba template premium yang sudah saya redesign sendiri dan pernah digunakan oleh blog ini.

Baca: Template Redesign Max Ikhsan

Apakah blog yang sudah mobile friendly artikelnya bisa ada di posisi paling atas di google?

Blog yang sudah mobile friendly jauh lebih disukai pengguna internet dibandingkan blog yang masih menggunakan tampilan khusus desktop. Semakin artikel ramai dikunjungi pengguna internet karena halamannya mobile friendly, maka semakin besar pula kesempatan artikel blog kita untuk bisa masuk ke posisi puncak di halaman pencarian google.


5. Pastikan Tampilan Blog Bagus

Selain blog harus memiliki kecepatan loading yang bagus dan responsif ketika dibuka di perangkat mobile, blog juga harus memiliki tampilan yang bagus. Tapi perlu dicatat bahwa "bagus" disini adalah harus menurut kita dan pengunjung.

Memang konten dalam blog atau website is king, tapi apabila konten yang ada di blog kita dibarengi dengan tampilan blog yang bagus, maka itu akan meningkatkan value blog kita di mata pengunjung dan mesin pencari. 

Salah satu kelemahan blogger.com adalah tampilan template defaultnya biasa-biasa saja meski sudah responsif dan mobile friendly. Tetapi saat ini sudah banyak penyedia layanan jual beli template blog yang bagus dengan harga cuma Rp.100.000-an saja.

Apakah tampilan blog yang bagus berpengaruh pada peringkat artikel di SERP?

Secara langsung tidak ada pengaruhnya sama sekali, akan tetapi secara tidak langsung mungkin berpengaruh dalam jangka waktu panjang. 


6. Riset Kata Kunci

Sebelum membuat artikel, ada baiknya kita melakukan riset kata kunci terlebih dahulu untuk menentukan manakah kata kunci yang paling tepat dan bagus untuk bisa bersaing dengan blog atau website yang sudah membuat artikel dengan topik yang sama.

Riset kata kunci ini sangat penting untuk menentukan posisi artikel di SERP. Semakin pendek dan banyak blog atau website yang sudah membuat artikel dengan kata kunci yang kita targetkan, maka semakin berat juga persaingannya. 

Oleh karena itu tidak jarang artikel yang dibuat sebagus dan selengkap mungkin pun tidak bisa masuk ke halaman pertama begitu saja.

Salah satu metode sederhana dalam melakukan riset kata kunci adalah menggunakan google sugest. Metode ini bisa dilakukan dengan cara mengetikan kata kunci yang ditargetkan di kolom pencarian google. Setelah itu, maka akan muncul keyword sugest yang bisa kita jadikan sumber untuk memperkaya kata kunci dan kata kunci turunan.


7. Optimasi Kata Kunci

Setelah melakukan riset kata kunci, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengoptimalkan kata kunci di dalam artikel itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa kata kunci yang ditargetkan harus ditempatkan dengan benar dan dalam jumlah yang normal dalam artikel itu sendiri. Jika terlalu banyak kata kunci yang diulang-ulang, maka google akan menganggap itu keyword stuffing atau spam. Oleh karena itu, untuk membuat artikel tidak dianggap spam oleh google, maka ada baiknya Anda membaca artikel tips menyimpan kata kunci yang sudah tersedia di blog ini.

Semak baik optimasi kata kunci yang dilakukan, semakin besar juga kesempatan artikel bisa masuk ke halaman pertama google, bahkan masuk ke posisi top 3 hasil penulusuran google.


8. Buat Artikel Lengkap

Faktor yang membuat artikel bisa masuk ke page one bahkan masuk di posisi paling atas pada hasil pencarian google adalah karena disukai oleh pembaca dan google.

Artikel yang dibuat lebih lengkap tentu lebih kaya akan informasi. Oleh karena itu google sendiri sangat menyukai artikel yang memiliki gold value, apalagi jika artikel tersebut banyak dibaca oleh pengguna internet, secara otomatis kesempatan artikel tersebut untuk masuk ke posisi top 3 di hasil pencarian google.

Bagaimana sih artikel lengkap itu?

Artikel yang lengkap adalah yang berisi informasi yang jelas dan tepat. Artikel lengkap itu tidak harus panjang, namun umumnya sebuah artikel yang lengkap pasti akan memiliki jumlah kata yang lebih banyak dari pada artike yang asal tulis.

Apa komposisi artikel lengkap?

  • Memiliki pembuka
  • Kaya informasi
  • Diberi gambar sebagai media visual
  • Memiliki referensi
  • Memberikan solusi
  • Memiliki rujukan 
  • Memiliki data yang lengkap

Poin di atas merupakan pendapat saya pribadi. Oleh karena itu apabila ada kekurangan maka silahkan cari referensi di sumber lainnya.


9. Manfaatkan Internal Link

Internal link memiliki peran penting dalam SEO, dan SEO itu sendiri merupakan faktor utama yang membuat artikel bisa berada diurutan paling atas pada hasil pencarian google.

Salah satu optimasi SEO on page yang bisa membuat artikel masuk ke halaman utama mesin pencari google adalah dengan memanfaatkan link internal yang menghubungkan antar artikel.

Lihat gambar perumpamaan internal link berikut ini!


Cara optimasi SEO on page yang paling mudah untuk membuat artikel bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari adalah dengan memanfaatkan internal link seperti pada gambar di atas.

Optimasi internal link ini bisa kita lakukan dengan cara mengaitkan setiap URL artikel yang masih relevan dengan artikel yang sedang dibuat. Sebaliknya, setelah kita selesai membuat artikel, maka itulah saatnya kita mengaitkan URL artikel baru tersebut ke artikel-artikel yang sudah terindeks.

Teknik SEO on page ini sangat bisa membantu artikel baru lebih cepat terindeks mesin pencari. Selain itu, kesempatan untuk bisa tembus ke halaman pertama dan bertengger di posisi paling atas pencarian google menjadi lebih besar.


10. Optimasi Backlink

Sampai saat ini backlink masih terbukti manjur untuk mendongkrak posisi artikel agar bisa tampil nomor satu di hasil pencarian google. Oleh karena itu sangat penting bagi seorang blogger untuk melakukan optimasi backlink apabila menargetkan artikelnya bisa bersaing dan berada di posisi top 3 hasil pencarian google.

Perlu diketahui! backlink pada umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu backlink dofollow dan nofollow. Untuk lebih mengetahui secara spesifik apa saja pengaruh kedua backlink tersebut pada blog, silahkan baca artikelnya secara khusus di bawah ini.

Baca: Pengaruh Backlink Dofollow dan Nofollow 

Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas untuk mendongkrak ranking artikel kita di hasil pencarian google?

Ada beberapa cara yang sudah saya lakukan dan bisa juga Anda praktekan untuk mendapatkan backlink berkualitas secara gratis untuk mendongkrak skor domain authority dan page rank.

Silahkan Anda baca artikel "22 sumber backlink berkualitas gratis"  yang sudah tersedia di blog ini.


11. Perbaiki Link Rusak

Apabila sebuah blog atau website memiliki banyak broken link yang tidak diperbaiki, maka sudah pasti blog atau website tersebut akan memiliki nilai spam score yang tinggi. Google sendiri menganggap bahwa blog atau website yang memiliki nilai spam socre tinggi sebagai blog jelek yang tidak akan diprioritaskan lagi.

Untuk mengetahui dan cara mengatasi broken link di blog, silahkan Anda baca artikelnya secara lengkap pada URL di bawah ini.

Baca: Cara Cek dan Mengatasi Broken Link


12. Manfaatkan Google Bisnisku

Google bisnisku adalah sebuah fitur yang diberikan google kepada setiap orang yang ingin mempromosikan bisnisnya di google secara gratis. Saya sendiri pun menggunakan fitur ini untuk meningkatkan brand awerness blog ini.

Lihat gambar screenshot di bawah ini!


Dengan google bisnisku, saat kata kunci "max ikhsan" dicari di google, maka secara otomatis disebelah kanan pada aplikasi prambanan akan muncul sebuah kotak profil yang bertuliskan "Kursus Blogger Pemula".

Nah, dengan memanfaatkan google bisnisku, blog kita akan menjadi lebih mudah dikenal oleh orang. 

Apakah google bisnisku bisa membuat artikel berada di posisi pertama hasil pencarian google?

Saya rasa tidak jika secara langsung, karena google bisnisku itu merupakan sebuah fitur yang diperuntukan bagi orang yang ingin memperkenalkan bisnisnya di internet secara gratis. Namun mungkin saja google bisnisku bisa mempengaruhi posisi artikel di SERP.

Untuk lebih jelasnya soal hal ini, maka sebaiknya Anda mencari informasi yeng lebih lengkap pada sumber-sumber yang membahas SEO lebih detail lagi.


13. Share Artikel

Share artikel secara organik ternyata bisa membuat artikel itu sendiri naik peringkatnya di hasil pencarian google. 

Kalimat di atas saya kutip dari salah satu sumber yang membahas secara spesifik tentang SEO untuk mendongkrak page rank di SERP.

Dalam praktiknya, mungkin sebagian blogger pemula akan merasa bahwa share artikel yang dilakukan tidak berdampak sama sekali terhadap posisi artikel di hasil pencarian google. Itu benar, saya sendiri merasa bahwa share artikel ke sosial media itu terkesan malah seperti spam, karena sangat sedikit orang yang masuk ke blog ini lewat URL yang dibagikan di sosial media.

Namun menurut sumber yang saya ikuti, share artikel itu memberikan pengaruh signifikan terhadap posisi artikel di hasil pencarian google. Dia mencontohkan beberapa marketplace besar yang ada di Indonesia selalu berada pada posisi paling atas untuk kata kunci produk dan lainnya.

Hal itu ternyata disebabkan karena share secara organik yang dilakukan oleh seller-seller yang berjualan di marketplace tersebut, sehingga secara tidak langsung marketplace tersebut mendapatkan ribuan backlink organik setiap harinya.

Backlink organik tersebut datang dari situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, tiktok, whatsapp, dan lain sebagainya. 


Mengapa Artikel Blog Sulit Tampil di Halaman Paling Atas Google?

Salah satu faktor yang membuat artikel susah masuk ke posisi nomor satu di hasil pencarian google adalah persaingan yang berat. Persaingan itu akan lebih berat lagi apabila yang berada di top 10 halaman pertama google adalah blog dan website yang sudah besar, memiliki nilai DA dan PA tinggi, serta jumlah backlink yang banyak.

Namun itu hanya berlaku apabila kita menargetkan kata kunci yang persaingannya ketat. Jika kita menargetkan kata kunci yang tingkat persaingannya rendah, maka bisa saja artikel yang baru dipublikasikan pun bisa langusung masuk ke halaman pertama google.


Bisakah Artikel Blog Baru Publish Masuk Halaman Pertama Google?

Apakah artikel yang baru selesai dibuat dan dipublikasi bisa langsung masuk ke posisi paling atas?

Tentu saja bisa, hanya saja perlu dicatat bahwa kata kunci yang ditargetkan haruslah yang tingkat persaingannya rendah. Selain itu materi yang ada di artikel tersebut harus jauh lebih kaya, lebih mudah dipahami, dan lebih banyak memberikan solusi bagi pembaca.


Pengalaman Membuat Artikel Masuk Top 10 Google 

Sedikit sharing pengalaman. Saat ini saya sedang terus berusaha untuk membuat salah satu artikel blog ini yang berjudul cara agar blog banyak pengunjung bisa masuk ke page one google, lalu bisa masuk ke top 3 google, bahkan semoga bisa ada di posisi pertama.

Namun hal itu tidaklah semudah yang dibayangkan, karena tingkat persaingan untuk kata kunci "cara agar blog banyak pengunjung" itu sangat ketat. Bayangkan saja, saya harus bersaing dengan blog atau website seperti kompas.com, centerklik.com, qwords.com, dan niagahoster.co.id.

Tapi dengan usaha yang gigih, insyaallah saya pasti bisa membawa artikel tersebut masuk ke top 3 untuk kata kunci "cara agar blog banyak dikunjungi". Toh awalnya artikel tersebut ketika baru dibuat dan dipublikasikan sudah ada di page 2 hasil pencarian google.

Setelah dilakukan optimasi, artikel tersebut sedikit demi sedikit mulai naik ranknya, dan sampai saat ini selalu naik turun antara posisi 5 dan 9 pada hasil pencarian. Naik turun tersebut disebabkan karena persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi saya, dan saya pun makin semangat mencari cara bagaimana membuat artikel tersebut bisa mengalahkan kompetitor-kompetitor yang sangat berat. 


Pengalaman Konten Artikel Ada di Posisi 1 Google

Jika sebelumnya di atas saya menceritakan pengalaman bagaimana membuat artikel yang ranknya ada di page dua google, lalu bisa masuk ke halaman pertama google. Maka pada sharing pengalaman yang ini saya ingin menceritakan tentang salah satu konten blog saya yang berhasil masuk di top 1 google.

Mengapa saya sebut "KONTEN"? Karena memang rasanya kurang pas saja apabila disebut artikel, karena didalam konten tersebut saya membagikan design kartu dengan format PSD.

Nah, konten tersebut saya beri judul "contoh design kartu pelajar". Awalnya saya hanya mengupload sedikit design templatenya disana. Namun karena banyak yang melihat, akhirnya saya memutuskan untuk selalu mengupdate konten tersebut dengan menambahkan design-design terbaru.

Saat ini Anda bisa menemukan konten saya tersebut dengan mencari kata kunci "contoh desain kartu pelajar"

Lihat gambar di bawah ini!



Kesimpulan

Untuk membuat artikel bisa tampil nomer 1 di google itu tidaklah muda, tapi juga tidak mustahil untuk dilakukan selama kita mau berusaha. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan rank artikel kita di SERP, dan beberapa diantaranya sudah saya jelaskan disini.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar