Cara Agar Blog Lolos Dari Hukuman Google - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Agar Blog Lolos Dari Hukuman Google

max ikhsan
Max Ikhsan

Halo bloggers!

Akhir tahun 2022 menjadi salah satu tahun yang akan di ingat oleh sebagian besar blogger dan para pemilik website. Hal ini karena saat itu Google yang merupakan sang mbahnya internet melakukan update algoritma spam atau yang dikenal dengan nama Spam Detection System.

Tidak semua blog atau website terdampak update algoritma ini, namun untuk blog dan website yang terkena update ini maka akan merasakan dampak yang sangat luar biasa buruk karena penurunan traffik yang diakibatkan hilangnya artikel page one, menurunya rank situs dan yang paling parah adalah masuk google sandbox.

Berdasarkan pengalaman yang saya alami, update ini akan mengimbas pada blog atau website yang terkena auto trafik, melakukan backlink secara ugal-ugalan dan melanggar kebijakan dari Google itu sendiri.

Namun sebenarnya masih banyak lagi hal yang menyebabkan sebuah blog atau website bisa terkena dampak tersebut. Tapi disini kita akan berfokus bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut.

Ok mari kita bahas!

Untuk blogger yang blognya aman-aman saja mungkin artikel ini cukup di hilight saja. Namun untuk blogger yang blognya terkena dampak update algoritma tentu harus melakukan sesuatu agar blognya tetap bisa eksis di dunia maya.

Dari beberapa artikel yang saya baca, memang banyak yang menjelaskan ini itu yang tujuannya adalah sama, yaitu bagaiaman mengembalikan performa blog yang sudah sekarat akibat update algoritma tersebut.

Berdasarkan pengalaman dengan blog ini, saya merasakan beberapa waktu ini (akhir tahun 2023) jumlah traffik sudah mulai naik kembali. Selain itu sitelink yang dulu hilang telah hadir kemabali dan beberapa artikel pilar berhasil kembali hadir di halaman utama Google.

Nah, secara logika kita simpulkan bahwa blog ini terdeteksi melakukan pelanggaran oleh Google pada akhir tahun lalu, namun seiring berjalan waktu hukuman itu seperti diringankan oleh Google dengan alasan tertentu.

Disini saya akan menjelaskan apa saja hal yang bisa membuat blog ini atau blog kamu keluar dari hukuman google akibat terdampak update algoritma spam.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan pernah berhenti update artikel. Ok meski sebenarnya hampir semua blogger bahkan pemilik website sekali pun akan malas untuk update artikel karena sudah tau bahwa blog atau websitenya terkena hukuman.

Namun fakta berdasarkan pengalaman saya pribadi di blog ini ternyata menguodate artikel bisa mempercepat Google melepaskan hukuman untuk blog kamu.

Baca: Pentingnya Konten Original di Blog

Berapa kali update artikelnya?

Kalau bisa ya satu artikel per hari, namun saya pun hanya 1 artikel per bulan, bahkan pernah lebih dari itu. Nah untuk cara yang kedua adalah hentikam dulu aktivitas mencari backlink dari situs lain. Hal ini bertujuan agar Google tau bahwa kita tidak melanjutkan pelanggaran karena terlalu membuat banyak backlink secara berlebihan.

Cara yang ketiga adalah perbaiki struktur template blog kamu agar lebih menarik, simple, dan fast respond. Mungkin tampilan tema tidak berpengaruh signifikan pada pengurangan hukuman dari Google. Namun sebenarnya Google menyukai blog yang memiliki tampilan simpel, menarik dan kaya dengan konten.

Kuncinya adalah harus rajin update artikel, jangan terlalu berlebihan mencari backlink, hindari menggunakan auto traffick dan jangan lupa perbaiki tampilan blog agar makin menarik dan responsif.

Tidak ada yang tau berapa lama Google akan menghukum sebuah blog atau website yang telah terdeteksi melakukan pelanggaran. Namun dengan cara yang disampaikan di atas niscaya blog atau website kamu akan lebih cepat pulih.

Semoga bermanfaat!   

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar