Mengajar Vocal Grup Siswa SMAN 24 GARUT Untuk Ikut Lomba, Alhamdulillah Masuk 5 Besar - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Mengajar Vocal Grup Siswa SMAN 24 GARUT Untuk Ikut Lomba, Alhamdulillah Masuk 5 Besar

max ikhsan

Sedikit berbagi pengalaman kemarin. Jadi beberapa hari yang lalu (sebelum artikel ini ditulis), saya diberikan tugas untuk mengajar beberapa siswa yang masuk dalam grup vokal di tempat saya bekerja yaitu SMAN 24 Garut. 

Grup vokal ini direncanakan akan mengikuti sebuah lomba yang diberinama GALAXY yang rutin digelar setiap tahun di kabupaten Garut.

Saya dipercaya untuk melatih siswa yang tergabung dalam grup vokal tersebut dan bertekad ingin membawanya lolos sampai lima besar. Awalnya saya sedikit ragu untuk membimbing grup vokal ini karena saya hanya tahu teknik vokal itu dari hobi nyanyi dan cuma modal pengalaman ngaband saja saat dulu. Namun tentunya saya memiliki harapan dan keyakinan bahwa saya bisa membawa anak-anak ini masuk ke lima besar karena memiliki tim yang solid.

Pada fase penyisihan, mekanisme lombanya adalah daring atau berbentuk rekaman video yang dikirimkan ke pantia penyelenggara GALAXY. Sebelum fase ini dimulai kami hanya diberi waktu satu minggu untuk latihan sebeleum video rekaman lagu vocal grupnya diberikan ke penyelanggara.

Alhamdulillah dalam waktu satu minggu tersebut kami berhasil melatih para siswa semaksimal mungkin dalam menyanyikan lagu yang dibawakan dalam bentuk grup vokal tersebut.

Selang beberapa hari setelah video rekaman dikirimkan ke penyelenggara, ada berita bahwa kami masuk ke fase luring yang mana kami akan melawan sekolah-sekolah yang juga bagus tim vokal grupnya.

Dari total 30 peserta luring, kami berhasil masuk ke 7 besar luring. Untuk saya pribadi jujur ini adalah pencapaian yang luar biasa karena dalam waktu yang sangat mepet, materi lagu yang sulit, karakter suara siswa yang berbeda-beda serta pemahaman teknik vocal yang sangat minim, kami berhasil masuk fase luring atau final.

Begitu kami diberi tau bahwa kami masuk final maka kami langsung memperseiapkan lagu kedua untuk final tersebut. Sama, dengan waktu yang mepet, materi lagu yang seadanya serta dengan fasilitas seadanya kami berusaha untuk bisa mencapai lima besar.

Saat final dimulai kami mendapatkan nomor urut empat. Namun alhamdulillahnya anak-anak berhasil memabwakan kedua lagu dengan sempura sehingga itu menjadi nilai sangat baik di mata dewan juri.

Jelang pengumuman kami berharap bisa masuk ke 5 besar atau juara harapan dua. Dan alhamdulillah kami berhasil masuk lima besar di saat itu. 

Jujur ini adalah pencapaian luar biasa khususnya untuk saya pribadi karena baru pertama kali melatih vocal grup yang benar-benar pertama kali mengikuti kompetisi GALAXY. 

Dengan pencapaian tersebut tentunya akan menambah semangat kami untuk bisa masuk ke tiga besar di acara yang sama di tahun yang akan datang.

Terimakasih saya ucapkan kepada setiap orang yang percaya kepada saya untuk membibing vokal grup tersebut. Dan juga terimakasih pada semua tim yang sama-sama melatih dan mempersiapakan segala fasilitas untuk kami dan anak-anak dari awal sampai akhir. Berkat kerja sama kita semua alhamdulillah kita bisa masuk lima besar di acara lomba vocal grup yang baru pertama kali kita ikuti ini.

Bismillah tahun depan kita bisa masuk tiga besar bahkan mudah-mudahan juara. 

Aamiin......

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar