Blog Baru Backlinknya ke Homepage Atau Artikel Dulu? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Blog Baru Backlinknya ke Homepage Atau Artikel Dulu?

max ikhsan

Sebenarnya saat ini Google sudah tidak terlalu mengutamakan backlink untuk meningkatkan page rank suatu blog atau website. Namun tentu saja Google juga masih memperhatikan situs yang mendapatkan backlink berkualitas secara natural.

Semakin natural backlink yang didapatkan oleh suatu situs, maka Google akan menilai backlink tersebut berkualitas dan tidak akan mengabaikannya. Nah, dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan sebuah tutorial backlink untuk Anda blogger pemula yang baru saja membuat blog dan bingung ngebacklinknya kemana dulu.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Backlink



Pada dasarnya blog yang baru dibuat tidak akan bisa langsung naik secara cepat di hasil pencarian Google meski mendapatkan banyak backlink. Oleh karena itu perhatikan penjelasan di bawah ini dengan teliti.

1. Utamakan Buat Konten Terlebih Dahulu

Jika Anda baru membuat blog maka sebaiknya utamakan terlebih dulu membuat konten atau artikel. Nah, jika blog yang Anda buat berfokus pada keyword tertentu maka sebaiknya artikel yang Anda buat pun berfokus pada niche yang ditargetkan.

Buatlah konten secara rutin minimal 1 hari 1 artikel. Kalau bisa lebih dari itu ya lebih bagus, dengan sering melakukan update artikel maka Google akan menganggap blog Anda sebagai situs dinamis. 

Semakin banyak konten pada blog Anda yang terindeks di Google, maka nilai domain authority dan page authority blog Anda akan meningkat secara perlahan. Perlu Anda ketahui bahwa semakin besar skor domain authority suatu situs, maka semakin bagus juga nilainya di mata Google. Namun perlu dicatat bahwa skor DA bisa saja menurun jika suatu situs terindikasi melakukan spam oleh Google.


2. Utamakan Backlink ke Homepage 

Ini adalah metode yang sering saya lakukan ketika membuat blog baru, yaitu mengutamakan backlink mengarah ke homepage atau domain. Contoh, saya membuat backlink profile di Microsoft. Dalam profile Microsoft kita diizinkan untuk menyimpan sebuah link yang mengaraha ke blog kita. Nah, saya sendiri mengutamakan menanamkan backlink yang mengarah ke homepage blog saya ini. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan domain authority terlebih dahulu.

Apakah tidak boleh melakukan backlink ke artikel?

Pada poin ini yang saya jelaskan adalah metode yang selalu saya lakukan ketika membuat backlink untuk blog baru. Jadi saya tidak bisa bilang bahwa blog baru itu tidak boleh ngebacklink ke artikel, karena saya sendiri belum pernah melakukan eksperimen membuat backlink yang mengarah para artikel pada blog baru.

Nah, mungkin suatu saat bisa saya buatkan percobaanya atau mungkin Anda yang mau coba duluan? 


Percobaan Melakukan Backlink Pada Blog Baru

Agar informasi tentang backlink untuk blog baru ini lebih lengkap, maka saya akan jelaskan salah satu percobaan yang saya lakukan pada blog baru yang beberapa waktu lalu telah saya buat.

Salah satu blog saya yaitu Izane adalah blog yang belum lama dibuat dengan menggunakan domain gratisan eu.org. Nah apabila Anda ingin bisa mendapatkan domain eu.org secara gratis, maka silahkan baca artikelnya di blog ini.

Percobaan yang saya lakukan pada blog baru tersebut adalah mencoba membuatkan backlink di Microsoft yang mengarah langsung ke Homepage. Saat backlink tersebut terindeks di Google Search Console dan Ahrefs, maka skor domain rating log tersebut langsung meningkat dari 0 ke 28. 

Nah Anehnya beberapa waktu yang lalu ketika saya ketik kata kunci 'izane eu org' maka blog tersebut langsung muncul paling atas. Sedangkan saat ini ketika saya tulis kata kunci tersebut maka blog tersebut tidak muncul. Padahal, sebenarnya kata kunci yang menjadi target utama saya adalah 'Izane'.

Setelah saya lakukan percobaan lagi, ternyata blog tersebut baru muncul ketika saya ketik Domainnya secara full, yaitu 'izane.eu.org'. Setelah saya coba dalami apa masalahnya maka bisa saya simpulkan bahwa masalah utama pada blog tersebut adalah terlalu dini untuk melakukan backlink, sedangkan konten yang dibuat kala itu masih 2 artikel.

Nah dari pengalaman saya tersebut semoga Anda bisa mendapatkan sebuah contoh yang kongkrit, dimana blog yang baru dibuat jangan terlalu berlebihan dibuatkan backlinknya. Usahakan buat backlink secara natural sembari dibarengi update konten secara rutin.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar