Penyebab Sebagian Artikel Tidak Muncul di Homepage Blogger - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Penyebab Sebagian Artikel Tidak Muncul di Homepage Blogger

Beberapa hari yang lalu sebelum artikel ini dibuat, saya menemukan sebuah masalah baru yang cukup membingungkan, yaitu sebagian artikel tidak muncul di homepage blog ini setelah saya mempublikasi artikel baru.

Masalah ini cukup membuat saya kaget karena belum pernah saya alami sebelumnya. Namun setelah saya mencari solusi untuk mengetahui apa penyebab sebagian artikel tidak muncul di homepage blog ini, akhirnya saya bisa menemukan penyebabnya dan cara untuk mengatasinya.

Sedikit cerita, biasanya blog ini selalu baik-baik saja setelah mempublikasi artikel baru. Namun beberapa hari kemarin sebelum artikel ini di tulis, sebuah masalah yang mengagetkan muncul pada saat saya mempublikasi artikel baru. Masalah tersebut adalah semua postingan yang sebelumnya ada di homapage hilang, dan yang tampil hanya postingan terbaru saja.

Hal ini menjadi masalah yang serius karena saya pribadi belum pernah mengalaminya. Terlebih lagi ketika saya yakin bahwa settingan postingan hompage di blog ini di set 9 postingan per homepage.

Setelah menelusuri google, akhirnya saya menemukan masalah yang menyebabkan sebagian artikel tidak muncul di hompage ini, dan berikut ini penjelasannya.

Penyebab Sebagian Artikel Tidak Muncul di Homapage

cara atasi masalah artikel hanya muncul sebagian di blog

Dari pengalaman saya selama mengelola blog ini, ada beberapa faktor yang menyebabkan artikel hanya tampil sebagian pada halaman hompage, diantaranya adalah:

1. Struktur Template Kurang Bagus

Pada dasarnya semua blogger menginginkan blognya memiliki tampilan yang bagus, responsif, mobile friendly dan SEO friendly. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua template blogger yang ada di internet itu memiliki struktur yang baik meski memiliki tampilan yang bagus.

Biasanya masalah struktur template yang kurang bagus jarang terdeteksi oleh pengelola blog. Sehingga terkadang saat blog berganti template, yang didapat malah error atau masalah baru yang tidak ditemukan pada template bawaan blogger.com

Meski struktur template ini kadang tidak terlihat, namun apabila dibiarkan tentu akan memiliki efek buruk. Efek yang disebabkan oleh struktur template yang kurang bagus diantaranya:

  1. Load time yang lambat (lemot).
  2. Artikel sulit terindex google.
  3. Banyak error di google search console.
  4. Artikel yang tampil di hompage tidak sesuai settingan.
  5. dan masalah lainnya.

Agar blog terhindar dari masalah tersebut, maka sebaiknya pilihlah template yang dijual di website atau blog yang resmi dan memiliki garansi. Memang saat ini banyak template blogger yang bisa di download secara gratis. Namun perlu diperhatikan juga kualitas dari template tersebut.

Jika anda tertarik mencoba template gratisan hasil redesign saya, maka silahkan baca artikelnya dengan klik tautannya di bawah ini.

Baca : Template Blogger Jadul Premium Free Download 


2. Lupa Setting Jumlah Artikel Homepage

Penyebab artikel hanya muncul sebagian di hompage bisa juga berasal dari hal sederhana yang terlupakan yaitu lupa melakukan setting jumlah artikel untuk homepage di menu layout atau tata letak.

Untuk melakukan settingan jumlah artikel yang muncul di halaman hompage blog maka anda tinggal pergi ke menu layout atau tata letak > postingan blog > edit. 

Baca: Panjang atau Pendek, Manakan Konten Terbaik Untuk Blog

Pada kolom jumlah postingan halaman hompage silahkan isi dengan jumlah yang di inginkan. Namun sebagai tips, saya menyarankan jangan terlalu banyak karena akan berpengaruh terhadap load time blog. Tapi jangan terlalu sedikit juga karena akan membuat pengunjung berfikir bahwa blog anda minim konten. Oleh karena itu isilah jumlah postingan halaman utama blog dengan jumlah secukupnya.

Baca: Cara Mempercepat Loading blog


3. Ada Kode HTML yang Tidak Tertutup Sempurna

Salah satu hal yang bisa menyebabkan artikel hanya muncul sebagian di homepage adalah adanya kode HTML yang tidak tertutup sempurna. Masalah ini saya alami ketika mempublish artikel cara membuat tools pare HTML di blog sendiri.

Setelah artikel tersebut saya publish, seketika halaman utama atau homepage blog ini hanya memiliki satu artikel saja yaitu artikel baru tersebut. Saat itu saya mencoba mencari solusi dari berbagai sumber namun belum menemukan solusi untuk memecahkannya.

Karena penasaran akhirnya saya copy semua isi artikel baru tersebut ke postingan baru dan saya buat menjadi draft. Setelah itu postingan baru yang sudah dipublish saya hapus untuk mengetahui apa penyebab sebagian artikel hilang di homepage.

Setelah dihapus maka semua artikel di homepage kembali ada, dan dari sana saya menyadari bahwa dalam artikel terbaru yang saya buat ada kode HTML yang belum tertutup secara rapi, sehingga membuat hompage blog ini hanya memiliki satu postingan saja.

Karena artikelnya sudah saya copy dan dipastekan pada artikel baru yang di draft, maka saya berusaha membetulkan struktur kode HTML agar tertutup dengan sempurna, dan akhirnya setelah itu saya berhasil mengembalikan semua postingan di hompage blog ini dan membuatnya tetap normal meski saya mempublikasi artikel baru.


Cara Mengatasi Artikel Hanya Tampil Sebagian di Homepage

Sebenarnya untuk mengatasi masalah sebagian artikel tidak muncul di homepage cukup mudah. Jika penyebabnya adalah struktur template yang kurang bagus maka kita bisa menggunakan template bawaan blogger saja. Namun tentunya saya menyarankan anda untuk membeli template premium karena sudah pasti template tersebut sudah dipotimasi sedemikian rupa oleh sang pembuat. Sehingga selain memiliki tampilan yang bagus, templatenya pun sudah responsif dan SEO & mobile friendly.

Jika artikel hanya tampil sebagian di homepage disebabkan oleh lupa setting jumlah tampilan homepage, maka untuk menyelesaikan masalah tersebut kita tinggal menyetingnya di menu layout/tata letak.

Apabila penyebab sebagian artikel tidak muncul di homepage blog disebabkan karena adanya kode HTML yang tidak tertutup sempurna, maka sebaiknya perbaiki terlebih dahulu kode tersebut.

Bagamana jika kode HTML tersebut ada dalam artikel yang sudah dipublikasikan?

Mudah kok, cara yang saya lakukan adalah mengkloning artikel tersebut dengan cara copy semua artikel ke artikel baru. Setelah itu hapus artikel yang sudahdipublikasi dan perbaiki kesalahannya di artikel yang baru.

Untuk menghindari duplikat konten di google search console, maka anda tinggal mengubah URL artikel agar tidak sama dengan URL artikel sebelumnya yang telah dihapus. Setelah itu anda tinggal meminta penghapusan URL artikel yang sudah dipublish di google search console.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi artikel hanya muncul sebagian di homepage blogger. Sebenarnya masih banyak penyebab sebagian artikel hilang di halaman utama blog, namun yang saya tulis disini hanya berdasarkan pengalaman saya selama mengelola blog ini.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar