Mengenali Penyebab Aktifitas Tidak Valid Google AdSense - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Mengenali Penyebab Aktifitas Tidak Valid Google AdSense

Seorang publisher AdSense yang sudah mendapatkan penghasilan setiap bulan pasti pernah menemukan adanya perbedaan antara penghasilan di dashboard dan pada saldo akhir atau saldo yang masuk ke rekening.

Perbedaan estimasi pendapatan tersebut disebabkan karena adanya aktifitas tidak valid, sehingga pendapatan terakhir biasanya berkurang karena ada saldo yang dipotong karena aktifitas tidak valid.

Banyak hal yang menyebabkan aktifitas tidak valid di pada iklan AdSense, selain itu aktifitas tidak valid ini memiliki dampak yang cukup signifikan apabila terlalu sering terjadi. Nah dalam artikel ini saya akan membahas secara mendalam tentang cara mengenali penyebab aktifitas tidak valid, dan apa dampak dari aktifitas tidak valid ini pada iklan AdSense.

Apa Itu Aktifitas Tidak Valid Pada Google AdSense?

Aktifitas tidak valid adalah suatu prilaku yang melanggar kebijakan AdSense yang dilakukan diri sendiri atau orang lain. Aktifitas tidak valid ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk, seperti melakukan klik iklan sendiri, menyuruh orang lain melakukan klik iklan, mencoba mengakali klik iklan dengan menggunakan bot, adanya bom klik dari pengunjung, dan masih banyak lagi.

Berikut dibawah ini beberapa penyebab terjadinya aktifitas tidak valid di AdSense yang lebih jelasnya.

Penyebab Aktifitas Tidak Valid di Google AdSense

aktifitas tidak valid


1. Klik Iklan Sendiri

Perlu anda ketahui bahwa AdSense mengharuskan klik iklan datang secara murni, sehingga apabila anda melakukan klik iklan sendiri, maka itu adalah salah satu penyebab terjadinya aktifitas tidak valid.

Lalu bagaimana kalau anda melakukan klik iklan sendiri tanpa sengaja?

Berdasarkan pengalaman, saya pernah melakukan klik iklan tanpa sengaja ketika sedang melakukan pengecekan tipografi pada artikel yang baru dipublish di blog saya. 

Saat saya cek di AdSense, alhamdulilah tidak ada klik pada notifikasi. Namun dalam kasus lain mungkin klik bisa saja masuk ke perhitung dan pendapatan. Jika masuk berarti klik tidak sengaja itu dianggap valid, namun bisa saja saldo iklan yang didapatkan dari klik tidak sengaja tersebut akan dipotong dan dikembalikan pada pengiklan saat akhir transaksi atau pada tanggal 23-28.

Meski ada klik iklan yang tidak sengaja bisa masuk ke pendapatan, namun itu bukan alasan kita untuk mulai mengelabui AdSense. Perlu di ingat bahwa aktifitas klik iklan sendiri meruapakan tindakan yang melanggar kebijakan AdSense. Sehingga apabila terjadi secara terus menerus maka kemungkinan akun AdSense akan disuspend selama 30 hari, dan paling dampak paling buruk adalah terkena banned.


2. Menyuruh Orang Lain Untuk Klik Iklan

Dalam kebijakan program Google AdSense mengenai aktifitas tidak valid disebutkan bahwa mendorong orang lain untuk melakukan klik iklan merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. Oleh sebab itu, maka jangan pernah anda melakukan pancingan kepada pengunjung untuk melakukan klik iklan.

Contohnya adalah saat anda memasang iklan, anda sengaja membuat tulisan klik iklan ini tepat di atas iklan AdSense. Frasa tersebut atau frasa yang serupa merupakan hal yang dilarang oleh AdSense, sehingga apabila anda membuat tulisan tersebut, maka secara otomatis anda telah melanggar kebijakan Google AdSense.

Beberapa contoh lain yang termasuk dalam unsur menyuruh orang lain untuk melakukan klik iklan diantaranya adalah mengalihkan perhatian pengunjung dengan tanda panah agar tertarik untuk melakukan klik iklan, memasukan iklan kedalam script pop up, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda buka kebijakan google adsense di google.


3. Sumber Trafik Tidak Organik

Salah satu penyebab terjadinya aktifitas tidak valid adalah karena adanya trafik tidak valid. Perlu anda ketahui bahwa jika pengunung blog anda banyak yang berasal dari media sosial atau situs rujukan lain selain dari mesin pencarian (organik), maka besar kemungkinan anda akan mengalami masalah aktifitas tidak valid.

Oleh karena itu jika anda ingin menjadi publisher AdSense, maka usahakan blog anda memiliki pengunjung organik sebanyak 50%. Sebenarnya google sendiri tidak menyebutkan berapa jumlah minimal pengunjung yang masuk melalui mesin telusur (organik). Namun apabila blog anda mendapatkan pengunjung dari media sosial lebih banyak, maka anda harus belajar SEO blogger. 

Baca: SEO Blogger Untuk Pemula, Dijamin Blog Ramai Pengunjung


4. Penempatan Iklan yang Melanggar Kebijakan

AdSense merekomendasikan pemasangan iklan pada header, sidebar, di dalam artikel, in-feed, dan dibagian footer. Selain itu saat ini AdSense sudah memiliki fitur iklan otomatis yang membuat iklan akan tampil secara otomatis pada slot yang tersedia.

Yang menjadi penyebab aktifitas tidak valid karena penempatan iklan adalah pemasangan iklan yang tidak normal atau yang melanggar kebijakan AdSense. Contohnya adalah iklan disimpan dibagian kiri dan kanan blog dan menutupi konten, iklan yang dipasang dalam script pop-up, dan iklan yang dengan sengaja disimpan baik didepan atau dibelakang konten.

Untuk menghindari aktifitas tidak valid akibat penempatan iklan, maka gunakanlah rujukan penempatan iklan sesuai dengan kebijakan AdSense.


5. Perilaku Situs

Perlilaku situs yang bisa menyebabkan aktifitas tidak valid adalah situs atau blog yang anda kelola susah dibuka oleh pengguna. Oleh karena itu maka saat ini blog anda wajib memiliki kecepatan loading yang bagus.

Baca: Cara Mempercepat Loading Blog

Selain itu anda juga harus tau bahwa salah satu kebijakan Google AdSense adalah melarang anda mengalihkan pengunjung ke situs lain melalui download, pop-up dan pop-under. Sehingga bagi anda yang membuat safelink di dalam blog sendiri, maka anda wajib berhati-hati, karena bisa saja suatu saat ada dampak negatif pada akun AdSense anda.


Dampak Aktifitas Tidak Valid

Aktifitas tidak valid disebabkan karena faktor-faktor yang sudah saya jelaskan sebelumnya pada bagian atas. Nah sekarang mari kita bahas mengenai apa dampak yang akan terjadi pada blog atau akun Google AdSense ketika terkena aktifitas tidak valid.


Dampak Pertama: Pemotongan Saldo Pendapatan

Dampak yang pertama adalah pemotongan saldo pendapatan. Menurut saya ini adalah dampak negatif yang paling ringan bagi seorang publisher AdSense apabila terkena masalah aktifitas tidak valid.

Pemotongan saldo pendapatan berdasarkan aktifitas tidak valid hanya akan mengambil saldo dari klik yang dianggap tidak valid. Sehingga apabila anda mendapatkan 200 klik dalam sebulan, dan invalid klik nya ada 10, maka anda masih bisa mendapatkan 190 klik yang valid sekaligus mendapatkan saldo iklan dari klik yang berjumlah 190 tersebut.


Dampak Kedua: Mendapatkan Peringatan (Suspend)

Dampak negatif yang kedua ketika ada aktifitas tidak valid pada iklan AdSense adalah terkena suspend atau skors selama 30 hari. Jika ini anda alami, maka anda wajib meperhatikan dari mana asal muasal aktifitas tidak valid tersebut terjadi. Pasalnya jika akun anda sampai terkena suspend, maka aktifitas yang tidak valid tersebut terbilang cukup banyak dan sangat membahayakan akun AdSense anda.


Dampak Ketiga: Banned Permanen

Dari semua dampak negatif yang diakibatkan oleh aktifitas tidak valid, maka dampak negatif yang ketiga inilah yang paling ditakuti karena akan membuat akun terbanned secara permanen.

Umumnya akun yang dibanned adalah akun AdSense yang sudah terkena suspend sebanyak 1 kali. Jadi apabila akun anda pernah mengalami suspend akibat aktifitas tidak valid, maka anda harus bisa menyelesaikan masalah aktifitas tidak valid tersebut untuk menghindari akun anda terkena banned secara permanen.

Apabila invalid klik atau aktifitas tidak valid yang anda alami diakibatkan karena adanya bom klik, maka anda bisa mencoba menyelesaikan masalah tersebut dengan mencoba memasang script anti bom klik iklan.

Baca: Cara Mengatasi Bom Klik Iklan AdSense


Kesimpulan

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya aktifitas tidak valid pada iklan AdSense. Namun pada dasarnya sebagai seorang publisher yang baik maka kita harus mengikuti kebijakan dari Google AdSense itu sendiri agar terhindari dari aktifitas tidak valid.

Setelah mengenali penyebab aktifitas tidak valid dan mengetahui dampak negatif dari aktifitas tidak valid ini maka sebaiknya kita harus memonitor setiap aktifitas yang terjadi pada iklan AdSense kita, hal ini bertujuan untuk menghindarkan akun AdSense terkena suspend atau banned permanen.

 Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar