Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense Terbaru - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense Terbaru

Adsense adalah sebuah program periklanan yang dibuat oleh google dengan sistem berbasis CPC (cost per click). Adsense menjadi sebuah flatform periklanan paling populer saat ini karena sudah digunakan banyak orang di seluruh dunia.

Orang yang memiliki akun adsense biasanya adalah seorang publisher (blogger) dan atau konten kreator (youtuber). Kepopuleran adsense di Indonesia pada saat ini tidak terlepas dari munculnya orang-orang yang sukses meraup keuntungan dari adsense.

Seperti anda ketahui, beberapa artis ternama yang sukses meraup untung dari google adsense diantaranya adalah Atta Halilintar, Ria Ricis, Rafi Ahmad, Deddy Corbuzier, Baim wong, dan masih banyak lagi.

Namun tahukah anda bahwa kesuksesan mereka dari youtube tidaklah didapatkan secara instan, terlebih lagi CPC adsense Indonesia bisa dibilang sangat kecil jika dibandingkan dengan negara-negara yang ada di amerika dan eropa.

Lalu bagaimana cara para blogger dan youtuber sukses bisa mendapatkan banyak uang dari adsense, padahal CPC atau BPK (biaya per klik) Indonesia sangat kecil?

Jawabannya adalah dari banyaknya jumlah penonton atau pengunjung. Meski CPC Indonesia terbilang kecil, namun apabila blog atau channel anda di kunjungi 1 juta orang setiap hari, maka sudah pasti anda akan mendapatkan cuan dari adsense.

Lalu bagaimana jika blog atau channel youtube anda masih sepi, apakah tetap bisa gajian dari adsense?

Tentu saja bisa, namun anda jangan berharap bisa langsung gajian dari adsense dengan nominal yang besar. Jika anda ingin memiliki penghasilan yang besar dari adsense maka anda perlu tau cara meningkatkan penghasilan adsense terbaru ini.

Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense

meningkatkan penghasilan atau pendapatan adsense
Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense Terbaru

Meski CPC di Indonesia terbilang kecil, namun sebenarnya ada cara untuk meningkatkan penghasilan adsense anda, berikut ini akan saya jelaskan caranya.

1. Tingkatkan Pengunjung atau Penonton

Jika anda adalah seorang blogger atau youtuber, maka salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penghasilan adsense anda adalah dengan meningkatkan jumlah pengunjung blog atau penonton channel anda.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog dan penonton di youtube. Dibawah ini saya sudah sediakan link artikel yang membahas SEO Blogger terbaru yang sangat efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Baca : SEO Blogger 2022 | Auto Banyak Pengunjung

2. Buat Satu Topik Spesifik

Seorang artis tentu tidak akan sulit menentukan niche untuk blog atau channel youtubenya karena biasanya konten utamanya adalah berupa entertaintment dan personal branding.

Namun untuk orang biasa seperti anda dan saya, maka menentukan topik bahasan yang tepat pada blog atau channel youtube adalah hal penting. Jika anda membahas satu topik secara spesifik, maka anda bisa menentukan iklan yang sesuai dengan topik bahasan anda.

Anda dapat memblokir semua iklan yang tidak sesuai, dan hanya menampilkan iklan yang relevan dengan konten anda. Dengan demikian CPC atau BPK (biaya per klik) secara otomatis akan meningkat.

3. Blokir Iklan Yang Tidak Sesuai

Apabila anda adalah seorang blogger dan youtuber yang khusus membahas satu topik tertentu, maka blokir semua iklan yang tidak sesuai dan gunakan iklan yang paling relevan dengan konten anda.

Namun apabila anda adalah seorang blogger dan youtuber gado-gado (membahas banyak topik), maka anda bisa memblokir iklan yang tidak memiliki kaitan sama sekali dengan topik yang ada di blog atau channel anda.

Contohnya blog atau channel youtube anda membahas tentang smartphone dan komputer. Maka gunakanlah iklan yang berkaitan dengan smartphone dan komputer, untuk iklan baju, sosial media dan yang tidak ada kaitannya sama sekali sebaiknya anda blokir saja.

4. Tingkatkan RPM Halaman

RPM halaman adsense adalah kisaran pendapatan per 1000 page view. Apabila RPM di adsense anda Rp.1000 -an, maka anda akan mendapatkan penghasilan Rp.1000 saat mendapat 1000 kunjungan.

Saya sendiri belum terlalu paham tentang RPM ini. Oleh karena itu anda bisa mencari informasi yang lebih lengkap dari sumber lainnya.

5. Tingkatkan Tayangan Iklan

Salah satu cara meningkatkan penghasilan adsense adalah dengan meningkatkan tayangan iklan pada blog. Untuk meningkatkan tayangan iklan pada blog ini, caranya adalah perbanyak jumlah iklan yang tayang pada blog dengan yang tepat.

Buatlah iklan adsense pada posisi strategis, biasanya penempatan iklan tersebut ada di header, side bar dan footer. Namun untuk meningkatkan jumlah tayangan iklan pada konten anda maka sebaiknya pasang juga iklan di dalam artikel.

Perlu dicatat juga bahwa memasang iklan secara berlebihan akan berdampak buruk bagi pendapatan anda, apalagi jika konten yang dibuat cendrung singkat dan kurang berisi.

Alangkah baiknya anda buatlah artikel yang panjang dan bermanfaat, maka artikel anda akan menjadi konten berkualitas yang disukai pembaca. Jika artikel anda banyak dikunjungi, maka iklan pun akan semakin sering tayang dan pendapatan adsense anda akan meningkat.

6. Tingkatkan BPK

BPK atau CPC adalah nilai pendapatan per klik, untuk meningkatkan CPC ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah :  

  • Membahas 1 topik utama dalam blog atau channel youtube.
  • Memilih niche (tema pembahasan) yang memiliki CPC tinggi.
  • Memblokir iklan murah.
  • Membuat blog bule.


7. Membuat Blog Bule

Blog bule adalah sebutan untuk blog Indonesia yang isi kontennya ditargetkan untuk orang luar negeri. Blog bule memiliki kemungkinan besar membuat anda untung karena CPC dari sana sangatlah mahal.

Untuk CPC Rp.5000 per klik saja itu terbilang murah, apalagi jika CPC sedang bagus mungkin bisa sampai ratusan ribu rupuah. Akan tetapi untuk bisa membuat blog bule tidaklah mudah, hal pertama yang harus anda bisa adalah penulisan bahasa inggris yang benar, sisanya anda harus bisa mengoptimasi blog atau channel youtube anda agar bisa bersaing dengan blog asli orang luar negeri.

Kesimpulan

Usaha untuk meningkatkan penghasilan adsense perlu anda lakukan agar anda bisa mendapatkan cuan yang maksimal. Jika kelima cara yang sudah saya jelaskan tadi anda aplikasikan, maka penghasilan adsense anda akan meningkat.

Perlu diingat bahwa meningkatkan penghasilan adsense sebaiknya mengikuti kebijakan dari adsense. Apablia anda melanggrnya, maka bisa saja bukan penghasilan yang anda dapat, melainkan akun anda akan terkena suspend dan hal terburuknya di banned.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar