Arti Nulungan Anjing Kadempet - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Arti Nulungan Anjing Kadempet

Assalamualaikum WR, WB.
Selamat malam teman - teman, apa kabar, semoga kita semua senantiasa ada dalam lindungan Allah SWT, aamiin !

Guys, dalam bahasa sunda ada yang namanya bahasa kolot atau jika di artikan kedalam bahasa Indonesia itu artinya pepatah orang tua. Nah salah satu yang sering saya dengar dari bahasa kolot atau pepatah orang tua itu adalah "nulungan anjing kadempet" atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia itu artiya adalah menolong anjing yang terjepit.

Sebenarnya makna "kadempet" atau "terjepit" disini sangatlah besar, dan bukan berarti hanya terjepit saja. Kata nulungan anjing kadempet ini biasanya akan terlontar dari mulut orang tua asli sunda jika ada hal yang terjadi.

Guys, gambar dibawah ini adalah hasil editan dan manipulasi dengan menggunakan software adobe photoshop. Sebenarnya saya gak ada niat buat bikin postingan tentang ini, tapi berhubung foto yang saya buat ini sedikit ada relevansi dengan artikel yang kita bahas, maka saya putuskan untuk membuat artikel tentang arti nulungan anjing kadempet.

Arti dari kata nolongin anjing terjepit atau bahasa kolot orang sunda yang bunyinya adalah "nulungan anjing kadempet" adalah kita sudah susah payah menolong, ehh yang ditolong malah bikin kita jadi susah.

Arti Nulungan Anjing Kadempet

Baca Juga : Arti Ngaliarkeun Taleus Ateul

Cerita atau gambaran kejadian dari kata nulungan anjing kadempet adalah digambarkan seseorang yang menolong anjing yang masuk kedalam sumur. Namun ketika anjing tersebut sudah ditolong malah balik menggigit si penolongnya.

Nah jika kamu pernah menolong seseorang baik itu teman, kerabat, atau orang lain, tapi dia malah menjatuhkan kamu, maka itulah yang disebut nulungan anjing kadempet.

Apa hal ini lumrah? tentu saja guys, saya sendiri pernah ngerasain hal tersebut namun tentunya hal itu saya jadikan pelajaran untuk berfikir  lebih bijaksana saat berniat membantu seseorang. Itu sebabnya saya membuat artikel "Ciri Teman Culas" yang ditulis berdasarkan pengalaman.

ya, mungkin untuk artikel tentang arti nulungan anjing kadempet saya cukupkan hanya sampai sini saja ya. Kenapa saya gak tulis panjang lebar itu karena apa yang saya tulis ini sumbernya dari pengalaman pribadi.

Jika teman - teman ingin mendapatkan informasi mengenai arti nulungan anjing kadempet yang lebih lengkap sebaiknya teman - teman mencari guru bahasa sunda yang memang benar - benar sudah paham tetang budaya dan bahasa sunda.

Ok guys cukup sekian ya, semoga artikel ini bermanfaat!
Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar