Arti Ngaliarkeun Taleus Ateul - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Arti Ngaliarkeun Taleus Ateul

ngaliarkeun taleus ateul hartina


Halo sobat max, update kali ini saya akan berbagi pengetahuan seputar istilah bahasa sunda lagi ya, So baca artikel ini sampai selesai agar tidak gagal paham.

Seperti kita ketahui, bahasa sunda memiliki banyak istilah yang jarang didengar oleh kita di kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah kata ngaliarkeun taleus ateul, nulungan anjing kadempet, agul ku payung butut dan masih banyak lagi.

Kata yang memiliki makna lain tersebut biasanya kita dengar jika orang tua (orang sunda) sedang memberi kita nasehat. 

Kata ngaliarkeun taleus ateul, miyuni hayam kabiri dan nulungan anjing kadempet mungkin sangat jarang kita dengar. namun tahukah sobat bahwa kata tersebut memiliki makna yang lebih panjang?

Arti ngaliarkeun taleus ateul adalah digambarkan ada seorang bernama A yang memiliki aib, orang yang mengetahui aib si A hanya satu orang yaitu si B.
Si C, D, E, dan yang lainnya tidak mengetahui aib si A. Namun karena si B menyebarkannya ke setiap orang, maka si C, D, E, dan yang lainnya kahirnya mengetahui aib si A.

Kesimpulan

Dari gambaran diatas bisa kita simpulkan bahwa kata ngaliarkeun taleus ateul ditujukan kepada si B yang memiliki sifat ingin mengumbar kesalahan si A ke semua orang. Arti singkatnya, orang yang suka mengumbar kesalahan orang lain maka dia bisa dikatakan sebagai tukang ngaliarkeun taleus ateul.

Orang dengan sifat ini sangat tidak di anjurkan untuk dijadikan teman, karena nantinya bisa saja sobat malah  nulungan anjing kadempet.

Pada agama islam hal itu dilarang ya sob, bahkan di agama islam kita diajarkan untuk menutupi aib orang lain. Jika kita memiliki teman yang memiliki sifat mirip si B, maka admin sarankan untuk berhati-hati jika menyampaikan sesuatu yang sifatnya sensitif.

Dan yang harus menjadi catatan adalah semoga admin dan sobat dijauhkan dari sifat ngaliarkeun teleus ateul.
Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar