Apa Arti Gede Hulu Dalam Bahasa Sunda - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Apa Arti Gede Hulu Dalam Bahasa Sunda

gede hulu artinya
Sumber gambar: pixabay.com

Dalam bahasa Sunda terdapat sebuah kata yang berbunyi Gede hulu. Apasih artinya?

Gede hulu dalam bahasa Sunda memiliki arti sombong. Contohnya adalah jika ada seseorang yang terkenal, lalu ketika dia ditanya oleh orang lain dia tidak mau menjawab sama sekali karena merasa tidak penting untuk menjawabnya. 

Nah biasanya orang akan memberikan titel gede hulu padanya karena kesmonongannya. Secara harfiah kata gede hulu terbentuk dari dua kata yaitu gede dan hulu. Gede bermakna besar, sedangkan hulu bermakna kepala. Dalam bahasa Indonesia orang sombong suka diibaratkan sebagai orang yang besar kepala. Begitu pun dengan bahasa Sunda, orang sombong akan dikatai sebagai Jelema gede hulu

Contoh percakapan:

Ajid: Munir bener teu si engkus boga motor ninja, cenah karek kamari meuli cek manehna ku duit sorangan.

Munir: Heeuh enya Jid si engkus teh meuli motor ninja kamari, ngan ceuk indung na mah make duit bapak na cenah da si enkus mah can gawe-gawe acan, tong aneh si eta mah aya sombongan jelemana.

Ajid: Gede hulu si engkus mah, urang ge meuli motor Ducati teu riweuh didagangkeun kabatur.

Pada percakapan di atas bisa kita simpulkan bahwa Engkus sombong karena mengumbar-ngumbar bahwa dirinya telah membeli motor Ninja dengan uangnya sendiri, padahal Munir tau bahwa motor itu dibeli dengan uang ayahnya.

Nah kata gede hulu biasanya diucapakan untuk orang yang sombong dengan barang, prestasi atau apapun itu yang milik sendiri. Sedangkan bila ada orang yang sombong dengan kepunyaan orang lain itu disebut dengan paribasa agul ku payung butut.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar