Arti Agul Ku Payung Butut - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Arti Agul Ku Payung Butut

agul kupayung butut

Jika kamu pernah menemukan orang yang menyombongkan dirinya dengan benda atau sesuatu milik orang lain, maka orang seperti itulah yang disebut agul ku payung butut.

Agul dalam bahasa sunda memiliki arti sombong, payung merupakan benda yang biasa kamu gunakan saat sedang hujan atau saat panas terik, dan butut memliki arti jelek atau rusak dalam bahasa Indonesia.

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia maka arti dari agul ku payung butut adalah sombong dengan payung yang sudah jelek. Namun tentunya dalam bahasa sunda terkadang arti sebuah kata bisa memiliki arti yang jauh berbeda.

Mari Kita Bahas 
Saat kalimat agul ku payung butut di terjemaahkan kedalam bahasa Indonesia maka arti dari kalimat tersebut adalah sombong dengan payung jelek. Akan tetapi, kalimat agul ku payung butut sebenarnya lebih mengarah ke sifat seseorang.

Contoh Kasus
Kansa memberitahu kalau dia sudah merasakan serunya bermain PS5 di rumah Dika. Dia memberi tahu semua temanya termasuk Luri, bahwa dia adalah orang kedua setelah Dika yang merasakan serunya main PS5.

Kansa tidak tahu bahwa Luri adalah orang pertama yang diajak main PS5 oleh Dika, maka saat Luri mendengar dengan sombongnya Kansa bilang jika dia adalah orang kedua yang bermain PS5 setelah Dika, saat itulah Luri bilang bahwa kansa agul ku payung butut.

Contoh Kalimat
  • Kansa : Urang mah geus nyobaan maen PS5, rame pisan geuning, watir maraneh mah aracan nyobaan (dengan nada sombong).
  • Luri : Wah, hade pisan atuh maneh, urang mah karek nyobaan maen PS5 teh pas si Dika anyar meuli we da si Dika hayang dibaturan.
  • Dika : Enya kansa, nu pangheulana maturan urang maen PS5 mah da si Luri.
  • Kansa : Wah, naha maneh teu ngabejaan atuh Dika.
  • Luri : Matak na maneh ulah waka agul ku payung butut, jadi era sorangan.
Semoga artikel arti agul ku payung butut ini bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar