Cara Fix Hard Disk Tidak Terbaca, Mudah Tapi Rahasia - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Fix Hard Disk Tidak Terbaca, Mudah Tapi Rahasia

solusi hardisk tidak terbaca
Cara Fix Hard Disk Tidak Terbaca

Hard disk error sering menjadi kendala yang menjengkelkan. Terkadang error terjadi ketika Hard Disk terbaca di BIOS, namun tidak terbaca saat akan melakukan install Windows. Ada lagi hal lain seperti Hard Disk Terbaca di BIOS dan terdeteksi oleh Hard Disk Sentine, namun pada menu Exploler tidak ada.

Hal seperti itu tentunya membuat was - was karena ada kemungkinan Hard Disk error atau rusak total. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan fix Hard Disk tidak terbaca. Cara nya itu sederhana, namun tidak semua orang menyadarinya.

Cara Fix Hard Disk Tidak Terbaca Saat Install Windows

Cara pertama yang harus dilakukan ketika kamu menemukan masalah Hard Disk terbaca di BIOS namun tidak terbaca saat akan melakukan install Windows adalah :

Jika di Laptop : maka pastikan terlebih dahulu jenis Flash Disk yang digunakan, apakah Flash Disk tersebut memiliki jenis USB Gen 2 atau USB Gen 3. Jika saat melakukan install Windows kamu menemukan Hard Disk terbaca di BIOS namun tidak terdeteksi di pilihan instalasi Drive-nya, maka tukarkan posisi Flash Disk ke USB Gen 2.

Jika masih tidak terbaca, cobalah Flash Disk lain untuk bootable Windowsnya. Hard Disk terbaca di BIOS namun tidak terbaca pada saat install Windows juga bisa disebabkan oleh Flash Disk yang sudah Bad Sector.

Jika di PC : Pastikan Flash Disk yang digunakan untuk bootable masih bagus, Jika kendala Hard Disk terbaca di BIOS namun tidakterdeteksi saat akan melakukan install Windows, maka coba pindahkan colokan kabel SATA nya. Jika masih gagal coba tukar kabel SATA dengan kabel yang lain.

Jika masih gagal dan kamu menemukan notifikasi untuk melakukan load driver, maka coba lagi pindahkan colokan kabel SATA-nya. Kalau masih saja gagal maka kamu harus mencoba bootable Windows yang lain. 

Cara Fix Hard Disk Tidak Terbaca di Windows Exploler 

Jika kamu menemukan error Hard Disk terbaca di BIOS dan sudah berhasil melakukan Install Windows, namun hardisk yang satunya lagi tidak ada pada menu Windows Exploler. Maka kamu bisa mendeteksi Hard Disk tersebut dengan cara :

  • Klik kanan My Computer
  • Klik Manage
  • Klik Storage Management    
Jika kamu menemukan ada drive yang masih berwarna hitam dengan keterangan nama Local Disk : (D), Local Disk : (E) atau Local Disk : (F), maka kamu tinggal klik kanan dan pilih format. Setelah proses format selesai maka Hard Disk akan terbaca di Windows Exploler.

cara atasi hardisk tidak terbaca

Jika semua cara di atas masih tidak bekerja, maka ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama adalah Hard Disk rusak. Ke dua adalah port SATA yang rusak pada motherboard, dan yang ketiga mungkin saja kabel SATA yang rusak.

Satu tips dari admin, jangan mudah menyerah. Selama kamu memiliki keyakinan bisa memecahkan masalah error apa saja pada Komputer dan Laptop. Selama aja jalan pasti error tersebut bisa kamu ketahui asalnya dari mana, dan bagaimana cara memperbaikinya. 

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar