Cara Cek Suhu Processor dan VGA Pada Komputer/Laptop - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Cek Suhu Processor dan VGA Pada Komputer/Laptop

cara cek suhu processor
Cara Cek Suhu Processor

Suhu pada processor dan VGA memiliki peran penting. Baik di Windows atau di macOS, suhu sebuah hardware haruslah berada pada titik aman untuk mencegah hardware tersebut rusak akibat overheat. Ada beberapa cara untuk mengetahui suhu pada hardware khususnya Processor dan VGA. Cara yang pertama adalah dilihat secara langsung pada BIOS motherboard. Namun dalam BIOS, kamu hanya akan menemukan notifikasi suhu untuk processor, sedangkan untuk VGA tidak ada.  

Untuk Memonitor suhu pada VGA maka kamu memerlukan software pihak ketiga, baik itu merupakan driver dari VGA nya sendiri, atau software yang memang secara spesifik di design untuk memonitor suhu hardware pada Komputer dan Laptop.

Cara Cek Suhu Processor dan VGA 

Ada tiga metode untuk melakukan cek suhu processor. Yang pertama adalah dengan metode manual dengan menggunakan Thermo Gun. Metode yang ke dua adalah dengan menggunakan sistem BIOS, dan yang ke tiga menggunakan software pihak ketiga.

Cek suhu processor dengan metode manual dengan Thermo Gun memang cukup efektif karena perkiraan suhu pada processor hampir tepat 99 persen. Namun metode ini kurang cocok untuk penggunaan harian. Metode ini biasanya digunakan oleh overclocker yang ingin mengetahui data suhu yang valid.

Metode yang kedua merupakan metode cek suhu di sistem BIOS. Suhu yang terkonfirmasi di BIOS bisa dibilang 99 persen valid, namun tentunya kamu tidak mungkin terus berada di BIOS karena software file dokumen lainnya ada pada Windows.

Yang paling logis untuk digunakan adalah metode ke tiga, yaitu dengan menggunakan software pihak ketiga. Dengan menggunakan software pihak ketiga, maka kamu bisa menggunakan sistem windows sambil memonitor suhu dari processor. Salah satu software monitoring suhu hardware yang paling populer adalah CPUID HWmonitor.

Ada dua software monitoring suhu favorit banyak orang yaitu CPUID HWmonitor dan MSI Afterburner. Kedua software ini sama - sama memiliki kemampuan untuk memonitor suhu pada hardware, memonitor voltase dan memonitor kinerja pada hardware.

Akan tetapi MSI Afterburner lebih terasa lengkap karena adanya fitur display monitoring. Sehingga saat kamu bermain game, kamu juga bisa melihat berapa suhu Processor, berapa suhu VGA, besaran FPS, serta persentase kinerja Processor, VGA dan RAM.

Oleh Karena itu MSI Afterburner bisa dibilang lebih lengkap karena adanya fitur tersebut. Selain itu, MSI Afterburner memiliki prediksi suhu yang lebih tepat ketimbang CPUID HWmonitor. 

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar