Aku nikmati Setiap Ukiran Sejarah di Candi Borobudur - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Aku nikmati Setiap Ukiran Sejarah di Candi Borobudur

Hi teman - teman, kembali lagi nih sama max ikhsan. Semoga teman - teman selalu sehat dan selalu ada dalam lindungan Allah SWT ya ! aamiin!

candi borobudur

Kali ini saya mau share salah satu pengalaman unik waktu saya berwisata ke sebuah tempat bersejarah yang ada di kota Yogyakarta yaitu Candi Borobudur.

Jadi nih teman - teman, kemarin tanggal 17 Desember 2019 saya ditugaskan oleh sekolah tempat saya bekerja untuk membimbing sekitar 60 siswa - siswi dalam agenda study tour ke Yogyakarta.

Sebenarnya saya tidak berencana untuk ikut dalam study tour kali ini karena saya sudah pernah berkunjung ke Yogyakarta dalam agenda yang sama pada tahun 2017.

Namun pada hari selasa pagi tanggal 17 desember 2019 saya di hubungi salah satu teman kerja saya bahwa saya diminta untuk ikut mendamping dalam study tour lagi dikarenakan ada salah satu pembimbing ya mendadak tidak bisa hadir karena anaknya sakit.

Berhubung karena saya tidak berencana untuk ikut dalam study tour kali ini, saya tentunya kaget karena tidak mempersiapkan berbagai hal, terutama saya tidak mempersiapkan uang untuk bekal saya selama berada di Yogyakarta.

Namun tentu saya berfikir ah Lahaulla saja teman - teman, karena ini adalah tugas dari sekolah tempat saya kerja, maka saya ikhlas menjalankannya dan saya berharap tentu segala hal yang saya lakukan untuk SMAN 24 Garut bisa menjadi ibadah dan pengabdian dalam dunia pendidikan, khusunya untuk SMAN 24 Garut tempat saya bekerja.

Akhirnya saya berangkat sekitar pukul 17:00 WIB dan sampai di Yogyakarta pada pukul 03:30. Yang menjadi pengalaman unik dan lucu dari perjalanan study tour kali ini adalah saat pertama sampai di rest area.

Entah rest area itu apa namanya karena saya lupa lagi, disini anak - anak yang baru bangun tidur dan baru turun dari bus langsung dihampiri para pedangang baju kaos asongan.

Dengan polosnya beberapa siswa dan siswi yang saya bimbing malah membeli kaos tersebut. Sebenarnya tidak ada yang salah dalam hal ini, toh mereka membeli dengan uang sendiri. Tapi yang  menjadi lucu karena meraka gak tanya harga dulu, jadi mereka beli kaos yang bila dibeli di Malioboro Rp.100.000 itu dapat 6 kaos, sedangkan direst area tersebut bahkan ada salah satu siswa yang menghabiskan uang 150 ribu untuk 3 kaos.

Hal lucu selanjutnya adalah ketika saya masuk ke hotel dan saya menemukan beberapa siswi yang masuk kedalam elavator untuk menju kamar di lantai yang sudah ditentukan. Yang menjadi lucu adalah meraka naik elavator tapi tiga kali salah, entah tombol apa yang mereka pencet tapi yang jelas saya ngakak melihat meraka masuk pintu elavator tapi tetap kembali ke lantai satu hahaha.

Nah pengalaman unik dan lucu yang terakhir adalah menimpa saya sendiri nih teman - teman. Jadi pas saya lagi duduk di Jl. Malioboro, tiba - tiba saya dihampiri seorang pengamen, nah saya requst lagu nike ardila tapi si masnya malah pergi panggil temenya, oh mungkin si masnya gak hapal lagunya mungkin jadi dia panggil temenya yang lain.

Tapi pas dateng, aduh tampilannya temenya itu lho teman - teman, serem amat hahha, awalnya sih saya kira gak akan asik tapi pas jreng dia nyanyi, asoy suaranya mantap dan akhirnya kita nyanyi bareng. Nanti videonya saya akan share di instagram ya, silahkan teman - teman follow intagram.com/max_ikhsan.

Nah yang terakhir adalah pengalaman memutari setiap tingkat candi borobudur nih teman - teman. Jadi sebenarnya pada tahun 2017 saya sudah pernah ke candi borobudur namun hanya sekedar bersua foto saja, tanpa melihat secara detail dan berusaha memahami arti setiap ukiran di setiap dinding candi borobudur.

Nah pada perjalanan kemarin saya mencoba berjalan pelan dan melihat secara detail setiap relief yang membentang di setiap dinding candi borobudur.

Alangkah bodohnya pada tahun 2017 kemarin saya hanya bersua foto saja, karena setelah kemarin saya melihat setiap relief di dinding candi, saya menjadi berimajinasi dan berusaha memahimi setiap cerita pada relief tersebut.

Akhirnya saya putuskan untuk memutari setiap lantai dari candi tersebut dan melihat - lihat secara detail setiap cerita yang ada disana.

Begitu takjub saya ketika melihat banyak relief dengan berbagai cerita didalamnya. Ternyata ada banyak sekali relief yang menggambarkan kehidupan pada zaman dahulu, ada relief perahu, ada relief orang, ada arca, ada relief hewan dan masih banyak lagi.

Seketika saya termenung dan memutuskan untuk mengambil salah beberapa foto untuk saya abadikan dan saya simpan di blog ini sebagai kenang - kenangan dan tentunya bisa saya share ke teman - teman.

Kunikmati Setiap Ukiran Sejarah di Candi Borobudur

Kunikmati Setiap Ukiran Sejarah di Candi Borobudur

Semoga teman - teman suka dengan artikel ini, dan semoga teman - teman yang belum sempat main ke candi borobudur bisa segera pergi kesana dan mendapatkan banyak pengalaman luar biasa, unik dan menambah wawasan. 

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar