Tips Menurunkan Spam Score Blog Dengan Mudah - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tips Menurunkan Spam Score Blog Dengan Mudah

menurunkan spam score blog

Pertama kali membuat blog, Saya benar-benar tidak tahu apa itu domain authority (DA), page authority (PA), dan spam score. Namun karena sering mencari informasi tentang blogging, maka saya menemukan beberapa hal penting yang harus di perhatikan dengan sangat teliti, dan salah satunya yaitu adalah nilai spam score pada blog.

Untuk Anda yang belum tahu apa itu spam score, maka silahkan baca terlebih dahulu penjelasan apa yang di maksud dengan spam score itu.

Apa Itu Spam Score?

Dari apa yang Saya baca dan simpulkan, spam score adalah persentase blog atau website yang memiliki fitur yang sama dengan halaman yang sudah terkena penalti oleh Google. 

Persentase tersebut merupakan sebuah metode penilaian yang digunakan pada suatu blog atau website meliputi 27 faktor spam yang dibuat oleh MOZ. 

Agar lebih mudah di pahami, maka analoginya seperti ini.

Saat Anda membuka email, Anda menemukan banyak sekali pesan masuk yang sama, baik pengirim dan isi dalam pesan tersebut. Meski isi pesan bukan sesuatu yang buruk, namun apabila di kirimkan secara terus menerus maka pesan tersebut akan menjadi spam.

Nah untuk blog, nilai spam score tinggi bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari adanya blog atau website dengan jumlah spam score tinggi yang menautkan URL blog kita di dalamnya, atau karena ada spam link aktif di kolom komentar, dan hal-hal lain yang akan Saya jelaskan di bawah ini.

Penyebab Nilai Spam Score Tinggi

Berdasarkan pengalaman, blog ini awalnya memiliki nilai spam score sebanyak 9 persen. Setelah di cari ternyata penyebabnya adalah banyak situs dengan nilai spam score tinggi yang menautkan URL blog ini.

Selain itu penyebab lain yang Saya temukan adalah bayak broken link yang tidak terdeteksi, sehingga secara perlahan nilai spam score blog ini menjadi naik.

Lalu bagaimana cara menurunkan spam score pada blog?

Berikut ini adalah beberapa tips yang Saya lakukan untuk menurunkan spam score blog ini.

Cara Menurunkan Spam Score

1. Atasi Broken Link

Broken link menjadi salah satu faktor penyebab nilai spam score tinggi pada sebuah blog atau website. Beberapa penyebab broken link diantaranya adalah URL eksternal yang di tautkan sudah mati atau berganti.

Contoh, Anda membuat sebuah artikel tentang makanan, lalu Anda menautkan situs penyedia makanan tersebut. Seiring waktu, situs tersebut tidak memperpanjang domain atau berganti nama domain tanpa melakukan redirect. Maka tautan situs pertama akan mati dan menjadi error atau broken link.

Penyebab selanjutnya adalah karena adanya salah dalam penulisan. Contoh, Anda menautkan link kesternal www.kompasiana.co dalam kata "Kompasiana.com".

Apabila ada situs dengan domain www.kompasiana.co, maka link eksternal tersebut tidak akan menjadi broken link. Namun apabila URL tersebut tidak tersedia, maka itu akan menjadi broken link.

Penyebab lain yang membuat broken link adalah adanya dummy blogger profile di kolom komentar. Oleh karena itu sebaiknya Anda mematikan link aktif pada profil komentar blogger.

Agar nilai spam score pada blog atau website menurun, sebaiknya segera cek dan atasi broken link di blog Anda.

2. Buat Artikel Organik

Salah satu faktor yang menyebabkan nilai spam score tinggi pada blog dan website adalah karena artikel yang tidak organik alias bersponsor. Selain itu spam skor tinggi pun bisa disebabkan karena copy paste artikel dari blog lain.

Untuk membuat nilai spam score di MOZ berkurang secara perlahan, maka buatlah artikel original dan bebas tanpa sponsor. Semakin sering Anda update artikel organik, semakin cepat pula spam score blog Anda menurun nilainya.

Jika perlu panduan membuat artikel berkualitas, silahkan eksplore artikel di blog ini, karena di blog ini sudah tersedia artikel yang membahas tentang SEO blogger.

3. Cari Backlink Berkualitas

Cara ketiga yang Saya lakukan untuk menurunkan spam score domain blog ini adalah dengan mencari backlink berkualitas. Anda bisa mendapatkan backlink berkualitas secara gratis dengan cara melakukan guest posts di blog-blog yang memiliki nilai DA tinggi dan spam score rendah.

Saya sendiri pernah melakukan guest post di blog www.halokakros.com, kebetulan disana guest postnya gratis. Selain itu si mbaknya sangat baik dan asik untuk di ajak kerja sama.

Backlink lain yang saya dapatkan adalah dari web 2.0 atau situs menulis juga sangat bagus untuk menurunkan nilai spam score blog ini. Saya menulis di Hipwee.com dan menyematkan link di dalam gambar yang digunakan dalam artikel yang Saya buat.

Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan dari blog atau situs yang memilii nilai DA tinggi dan spam score rendah, semakin bagus pula backlink tersebut untuk meningkatkan DA blog Anda, dan menurunkan nilai spam score blog Anda.

4. Disavow  

Disavow adalah langkah terakhir yang Saya lakukan dalam upaya menurunkan nilai spam score blog ini. Langkah ini di lakukan saat sebuah situs dengan spam score tinggi tidak mau melepaskan tautan URL blog ini, atau saya tidak memiliki otoritas untuk melepaskan tautan tersebut.

Sebagai contoh, saya memiliki sebuah blog yang sudah tidak diperpanjang lagi domainnya, selain itu blog tersebut telah Saya hapus cukup lama. Namun saat melihat data spam score di MOZ, ternyata blog tersebut masih menautkan link eksternal ke blog ini.

Karena saya sudah tidak memiliki akses ke blog tersebut, maka langkah terakhir adalah dengan melakukan disavow atau menolak URL dan domain secara langsung ke google.

5. Optimasi Blog Sebaik Mungkin

Tips terakhir yang Saya lakukan untuk menurunkan spam score blog ini adalah dengan mengoptimasi blog ini dengan sebaik mungkin, dan selalu cek kesehatan blog ini secara rutin.

Memang ada blog yang tidak sehat?

Tentu saja ada, blog dengan nilai spam score tinggi termasuk tidak sehat menurut saya. Apa lagi jika nilai spam scorenya melebihi 50 persen. Selain itu yang termasuk blog tidak sehat adalah banyak broken link dan lain sebagainya.

Berapa Nilai Spam Score Blog Ini?

Lihat gambar di bawah ini!

menurunkan spam score

Saat ini, blog Max Ikhsan yang saya kelola memiliki nilai spam score 5 persen. Awalnya blog ini memiliki nilai 11 persen, namun mulai menurun menjadi 9 persen, dan sampai saat ini masih ada di nilai 5 persen.

Tentu saya masih terus berusaha membuat nilai spam score tersebut menurun hingga 1 persen. Agar blog ini semakin baik di mata pengunjung dan mesin pencari.

Bahaya Nilai Spam Score Tinggi

Penurunan Trafik 

Mungkin tidak akan terasa secara langsung oleh Anda, namun sebenarnya efek buruk dari tingginya nilai spam score pada sebuah blog atau website adalah menurunya jumlah trafik secara perlahan.

Menurunkan Page Rank

Faktor yang membuat pengunjung menurun adalah artikel yang terindeks di halaman pertama mulai menurun secara perlahan. Contohnya blog Anda memiliki 10 buah artikel yang adalah di posisi pertama pada halaman pencarian google. 

Trafik blog Anda sangat besar dari artikel-artikel tersebut. Karena nilai spam score pada blog tinggi, maka secara perlahan artikel-artikel tersebut akan turun, dan Anda mulai kehilangan trafik secara perlahan.

Kalah Saing

Jelas blog atau website yang memiliki nilai spam score tinggi akan kalah bersaing dengan blog yang memiliki nilai spam score lebih rendah. Oleh karena itu teruslah berusaha menurunkan nilai spam score hingga sekecil mungkin.

Sulit Terindeks

Faktor yang menyebabkan blog dengan spam score tinggi kalah saingan dengan blog yang lebih baik nilai spam scorenya adalah karena setiap konten dalam blog tersebut lebih sulit terindeks mesin pencari.

Bahkan apabila di biarkan, bisa saja blolg dengan nilai spam score tinggi malah menghilang dari mesin pencari. 


Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui apa penyebab nilai spam score pada blog dan website tinggi, dan Anda juga sudah mgetahui apa dampak buruk pada blog apabila memiliki nilai spam score tinggi. Maka sudah saatnya Anda mengikuti dan mengembangkan tips dan cara menurunkan spam score di blog Anda.

Berusahalah membuat nilai DA dan PA blog Anda menjadi lebih besar, dan teruslah kejar nilai spam score 1 persen pada blog Anda.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar