Tips Optimalkan Performa Blog Dengan Search Console Insights - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tips Optimalkan Performa Blog Dengan Search Console Insights

Google Search Console atau yang dulu disebut sebagai google web master adalah sebuah tools gratis dari google yang diperuntukan bagi pemiliki blog atau website untuk memperkenalkan blog atau website ke mesin pencari, untuk melakukan pengindeksan artikel yang baru dipiblikasi, untuk pemantauan situs, mempertahankan capaian konten di mesin pencari, dan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada blog atau website.

Saat ini dalam google search console sudah tersedia search console insight, dan pada artikel ini mari kita bahas tips mengoptimalkan blog dengan menggunakan search console insight.

Apa Itu Search Console Insight?

apa itu search console insight

Pada dasarnya search console insight merupakan sebuah ringkasan mengenai laporan performa suatu blog atau website dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

Laporan yang disampaikan biasanya merupakan performa blog atau website dalam 28 hari terakhir yang meliputi jumlah pengunjung, rata-rata durasi sesi pengunjung, konten terbaru, konten paling populer, saluran pengunjung, cara pengunjung menemukan blog atau website kita, link perujuk, dan bagamana pengunjung menemukan blog kita di media sosial.

Agara anda bisa lebih memahami search console insight untuk mengoptimalkan performa blog atau website, maka silahkan baca penjelasannya dibawah ini.


Tips Mengoptimalkan Blog Dengan Search Console Insight

Berikut ini adalah cara saya dalam melakukan optimasi pada blog ini setelah mendapatkan laporan dari search console insight.

1. Meningkatkan Kunjungan dan Durasi Sesi Pengunjung

Gambar diatas merupakan statistik kunjungan dan rata-rata durasi sesi pengunjung di blog ini. Coba perhatikan pada bagian Kunjungan halaman, disana terlihat trendnya meningkat sebanyak 84%. Sedangkan untuk Durasi sesi trendnya menurun sebanyak 9%.

Dengan adanya laporan tersebut maka saya bisa memahami apa yang meningkat dan apa yang menurun pada blog ini. Sehingga saya bisa mencari solusi untuk bisa menambahkan lagi kunjungan halaman dan durasi sesi halaman rata-rata.

Hal yang selalu saya lakukan untuk mengoptimasi blog ini setelah menerima laporan dari search console insight adalah selalu berusaha membuat konten baru setiap harinya.

Ini terbukti bisa meningkatkan pengunjung pada blog ini hingga 50%, dan apabila kita bisa mencari kata kunci yang tepat serta mengoptimalkan kata kunci pada artikel, maka kunjungan halaman akan semakin meningkat. Untuk bisa mengoptimalkan penempatan kata kunci pada artikel, maka silahkan baca artikelnya dibawah ini.

Baca: Tips Menyimpan Kata Kunci Dalam Artikel


Untuk meningkatkan rata-rata durasi kunjungan halaman, maka saya selalu melakukan update tambahan pada setiap artikel yang sudah dibuat. Sebagai contoh, dalam blog ini saya telah membuat sebuah artikel ever green yang berjudul Contoh Design Kartu Pelajar.

Artikel tersebut bisa terus saya update setiap hari dengan menambahkan design kartu baru. Sehingga semakin banyak design kartu yang diupload, semakin lama juga pengunjung berada dalam blog ini.


2. Memahami Konten Paling Populer di Blog

Pada gambar diatas terlihat ada tiga konten yang paling populer dari lima belas konten yang termasuk kedalam konten paling populer. Bila diperhatikan dengan seksama, maka kita bisa melihat dibagian pertama ada konten paling populer Max Ikhsan dengan persentase trending sebanyak 367%.

Untuk konten paling populer kedua ada di artikel Contoh Design Kartu Pelajar, dan konten paling populer ketiga serta yang paling memiliki jumlah durasi sesi rata-rata terbaik yaitu artikel Arti Saciduh Metu Saucap Nyata.

Dengan adanya laporan ini maka saya bisa memahami bahwa konten design dan bahasa ternyata masih banyak dicari oleh orang di internet. Oleh sebab itu untuk meningkatkan jumlah kunjungan blog, saya sering membuat artikel baru tentang bahasa, dan selalu melakukan update pada artikel lama untuk memperkaya konten.


3. Memahami Sumber Traffic

Sumber traffic pada blog atau website sangat berperan penting, karena semakin banyak traffic pada sebuah blog atau website, maka semakin berkualitas pula blog atau website tersebut di mata mesin pencari dan pengguna internet.

Namun perlu diperhatikan bahwa traffic terbaik harus datang dari mesin pencarian google atau dalam istilah blogger disebut organik. Karena apabila sumber traffic yang banyak datang dari sosial media, maka bisa saja google menganggap blog melakukan spam pengunjung atau sejenisnya seperti menggunakan bot.

Sebagai informasi, traffic dari facebook yang melebihi tarffik organik bisa membahayakan iklan AdSense. Sedangkan traffic yang berasal dari pinterst itu katanya lebih baik dan masih aman untuk iklan AdSense.

Salah satu cara yang saya lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau traffic secara organik adalah dengan selalu melakukan update artikel setiap hari, melakukan optimasi SEO On Page, dan terus belajar cara meningkatkan pengunjung blog.

Baca: Cara Ampuh Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog


4. Memahami Bagaimana Pengunjung Menemukan Blog Kita

Memahami bagaimana pengunjung bisa menemukan blog kita adalah hal yang sangat penting, karena kita bisa mengetahui dari mana pengunjung blog itu berasal.

Sebagai contoh, saya sering meminta teman untuk mencari nama Max Ikhsan di google. Saat mereka berhasil menemukannya dan masuk kedalam blog saya, maka kunjungan teman saya tersebut akan masuk kedalam kunjungan organik, karena dicari melalui mesin pencari. Hanya saja kata kunci yang terdetekse dalam search console insight adalah max ikhsan.

Dalam contoh lain, saya juga sering membagikan artikel pada blog ini di facebook. Ketika ada orang yang masuk kedalam blog saya dengan cara mengikuti tautan yang saya bagikan di facebook, maka kunjungan tersebut akan terdeteksi datang dari sosial media.

Untuk lebih memahami bagaimana pengunjung menemukan blog kita, maka jika anda perhatikan gambar diatas, terlihat ada kueri yang paling sering ditelusuri.

Disana terdapat tiga kata kunci yang paling sering orang cari di google, dan dari kata kunci tersebut pengunjung masuk kedalam blog ini, sehingga kunjungan tersebut termasuk kedalam kunjungan organik.

Jika anda perhatikan, pada bagian bawah judul artikel "Arti Saciduh Metu Saucap Nyata", maka disana terdapat kalimat Posisi Rata2 (Rata-rata). Posisi Rata2 menunjukan bahwa artikel tersebut berada dihalaman satu google (pageone) dan berada pada posisi pertama atau kedua.

Selain itu jika anda perhatikan dengan seksama pada gambar diatas, ada tulisan 5 hasil teratas (warna hijau) dan 25 klik. Itu menunjukan bahwa ada kata kunci "saciduh metu saucap nyata artinya" yang dimasukan pengunjung dalam mesin pencari google, dan artikel Arti Saciduh Metu Saucap Nyata pada blog ini tampil pada halaman pertama google diposisi pertama. 

Semakin anda memahami bagaimana pengunjung blog menemukan blog anda, maka semakin besar pula kesempatan anda untuk mendatangkan pengunjung baru kedalam blog anda.


5. Memahami Link Perujuk

Link perujuk atau backlink pada blog sangat berperan penting, karena semakin bagus kualitas backlink maka semakin bagus juga untuk blog kita. Namun tahukah anda bahwa terkadang blog kita dijadikan rujukan oleh blog lain yang memiliki kualitas kurang baik.

Salah satu contohnya adalah pada blog ini terdapat artikel cara aktifkan fast charging infinix note 11 pro. Artikel ini dijadikan rujukan pada sebuah website https://mobilesearchers.com/. 

Ketika saya mencoba membuka website tersebut di google chrome dan firefox maka tampilannya selalu error atau ada resiko jika saya membukanya. Saya mendapatkan empat kunjungan halaman dari link rujukan artikel tersebut, sehingga saya menilai bahwa website tersebut berkualitas buruk dan kurang baik bagi blog ini.

Namun sayangnya saya tidak tahu bagaimana cara menghapus link rujukan dari website tersebut. Sebagai solusi, saya menambahkan backlink lain seperti dari hipwee.com dengan cara menulis artikel disana.

Banyak yang bilang backlink dari sana cukup bagus untuk blog, namun saya kurang yakin karena tema yang diangkat pada hipwee.com sangat berbeda dengan tema pembahasan pada blog ini.

Intinya memahami link perujuk itu cukup penting untuk kesehatan blog, dan dengan adanya search console insight ini kita bisa menjadi lebih tau web atau blog mana saja yang menjadikan blog kita menjadi rujukan.


Itulah beberapa tips mengoptimalkan blog berdasarkan laporan search console insight. 

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar