DIY Stand Headphone Ala Max Ikhsan - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

DIY Stand Headphone Ala Max Ikhsan

diy stand headphone
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id

Tidak semua yang anda inginkan harus dibeli dengan uang, jika anda memiliki kreatifitas maka limbah tak berguna seperti bekas kaset CD dan DVD bisa anda menfaatkan menjadi sebuah karya yang berguna dan memiliki nilai estetika.

Dalam artikel ini saya ingin berbagi sebuah project pembuatan stand headphone gaming dari limbah tak terpakai yang alhamdulillah telah sukses dan bisa saya gunakan untuk menyimpan headphone gaming saya agar terlihat lebih keren.

DIY Stand Headset Dari Limbah Kaset CD

DIY atau Do It Yourself adalah sebuah proses pembuatan benda yang 100% anda lakukan sendiri pengerjaannya. Seperti saya yang berhasil membuat DIY stand headphone RGB dari limbah kaset CD dan DVD yang sudah rusak, anda juga bisa memanfaatkan barang-barang tak terpakai untuk dijadikan sebuah benda yang memiliki manfaat.

Bahan DIY Stand Headphone

1. Kaset CD dan DVD Bekas

Kebetulan saya memiliki banyak bekas kaset CD dan DVD yang sudah rusak. Jadi saya putuskan untuk menggunakan kaset CD dan DVD bekas tersebut Sebagai tumpuan dari stand headphonenya.

Alasan mengapa saya memilih bekas kaset CD dan DVD adalah bahannya yang transparan, sehingga ketika nantinya saya pasangi LED RGB, maka cahaya dari LED tersebut akan tetap muncul.

Selain itu bekas kaset CD dan DVD memiliki ukuran lingkaran sempurna, sehingga saya tidak perlu repot-repot memotong bagian-bagian lainnya. Selain itu juga bagian tengah dari bekas kaset CD dan DVD sudah bolong, sehingga saya bisa menggunakan pipa PVC pada bagian tersebut untuk menjadi tiang dari Stand Headphonenya.

2. Pipa PVC 2 Inc

Pipa PVC saya gunakan sebagai bahan untuk tiang atau stand untuk menahan headphone gamingnya. Saya sendiri menambahkan pipa PVC leter L dibagian ujung atas pipa PVCnya sebagai penyangga dari headphone gamingnya.

3. Lampu LED RGB

Agar DIY stand headphonenya terlihat makin estetik, maka saya menambahkan LED RGB yang bisa diatur nyala warnanya. 

4. Lem 

Lem dibutuhkan untuk merekatkan kaset CD atau DVD bekas dan juga melekatkan pipa PVC agar berdiri sangat solid.

5. Tutup Parfum

Tutup Parfum yang saya gunakan adalah dari bekas parfum saya yang sudah habis. Tutup parfum ini saya gunakan untuk menutupi lubang pada pipa PVC di bagian leter L.

Cara Membuat DIY Stand Headphone

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membuat DIY stand headset dari bekas kaset CD dan DVD adalah mempersiapkan minimal 10 bekas kaset CD dan DVD. Bersihkan bagian gambar yang melekat pada bagian atas kaset CD dan DVD agar nantinya cahaya RGB nya bisa tembus. 

Setelah semua kaset bersih, cobalah satukan 7 kaset CD tersebut dengan menggunakan Lem. Gunakan Lem secara merata agar semua CD merekat dengan sempurna.

Setelah semua kaset menempel dengan solid, anda bisa amplas bagian sisi dari kaset tersebut agar terlihat lebih soft dan merata ketika mengeluarkan cahaya RGB.

Tahap kedua adalah siapkan pipa PVC beserta leter L nya. Saya sendiri mengamplas sedikit bagian depan dari pipa VPC tersebut agar lebih tipis dan transparan. Hal ini saya lakukan agar lampu RGB yang menyala bisa tembus dan terlihat supaya menambah nilai estetikanya.

Setelah itu pasangakan later L pipa PVC nya, lalu pasangkan pipa PVC nya ke lubang tengah bagian kaset CD dan DVD nya. Jangan lupa lem agar solid dan tahan terhadap beban dari headphonenya.

Bagian ketiga dalam tahapan pembuatan DIY stand headphone adalah memasukan lampu LED RGB kedalam pipa PVC. Lampu LED RGB biasanya sudah memiliki perekat otomatis, sehingga anda tinggal atur saja sampai pas. Jangan lupa, pada bagian bawah stand headset pasangkan lampu LED RGB nya mengarah ke atas agar nyala RGB nya merata.

Tahap selanjutnya adalah menutup bagain leter L yang bolong dengan bekas parfum. Ini sebenarnya bisa anda akali dengan benda lain, namun sebainya gunakan bahan yang transparan agar bisa mengeluarkan cahaya RGB.

Tahapan terakhir adalah melakukan pengecatan pada stand headphone yang sudah jadi. Namun jika anda cukup kreatif, anda tidak perlu menggunakan cat dan sebisa mungkin tidak mengeluarkan biaya besar.

DIY Stand Headphone Ku Sudah Jadi

Setelah melalu proses pengerjaan sesuai dengan tahapan yang saya tuliskan diatas, akhirnya stand headphone sudah jadi. Dan headphone gaming Rexus saya sudah memiliki tempat penyimpanan yang lebih bagus serta estetik.

Dalam project ini saya hanya menghabiskan uang sebesar Rp.30.000. Jumlah tersebut adalah akumulasi dari pembelian LED RGB dan lem untuk perekat bekas kaset CD/DVD saja.

Nah jika anda ingin membuat stand headphone sendiri seperti saya, maka anda bisa mengikuti tahapan-tahapan yang sudah saya jelaskan. Anda juga bisa bereksperimen dengan menggunakan bahan lain dalam membuat stand headphone.

Semoga artikel project DIY stand headphone ini bermanfaat. Tunggu artikel project sukses Max Ikhsan lainnya hanya di www.maxikhsan.my.id.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar