Ini Untung Rugi Jualan di Marketplace dan Website - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Ini Untung Rugi Jualan di Marketplace dan Website

marketplace dan website
Untung Rugi Jualan di Marketplace dan Website

Di zaman sekarang kita dituntut untuk lebih pintar dalam berbisnis agar tidak kalah saing dari pebisnis lainnya. Salah satu cara agar bisnis kita bisa semakin berkembang adalah dengan cara memulai bisnis secara daring. Dengan memiliki sistem bisnis secara online, maka kita akan dapat menjangkau lebih banyak orang yang menjadi target konsumen dalam bisnis kita.

Namun terkadang saat akan memulai bisnis secara online, kita sering terkendala dengan marketplace yang akan menjadi tempat berjualan secara online. Oleh karena itu, kali ini saya akan menjelaskan untung dan rugi berjualan secara online di marketplace atau website.

Jika kamu memiliki produk yang banyak diminati oleh masyarakat, maka besar kemungkinan saat kamu membuka toko secara online, kamu akan mendapatkan banyak orderan. Hal ini karena hal yang kamu jual memang dicari banyak orang. Barang yang dijual secara online bisa apa saja, contohnya seperti barang dan jasa.

Perlu di garis bawahi bahwa meski kamu memiliki produk atau jasa untuk dijual, namun kamu perlu menentukan dimana produk atau jasa yang akan kamu jual itu di tempatkan secara online. Pada umumnya terdapat dua tempat yang bisa kamu gunakan untuk berjualan secara online. Yang pertama adalah marketplace dan yang kedua adalah website. 

Keuntung Jualan di Marketplace

Marketplace adalah tempat berjualan secara online yang pada dasarnya merupakah perantara antara penjual dan pembeli. Sebagai contoh, di Indonesia terdapat banyak marketplace yang berkembang seperti Olshop. Di marketplace tersebut kamu bisa membuka toko secara online secara gratis, namun tentunya untuk memulai berjualan di marketplace tersebut, kamu harus mematuhi kebijakan dan peraturannya.

Jika kamu berniat membuka bisnis secara online lewat marketplace, maka baca terlebih dahulu keuntungan berjualan secara online di marketplace berikut ini. 

1. Mudah Plus Murah

Salah satu keunggulan dari marketplace adalah kamu tidak usah repot - repot membuat website sendiri. Jika kamu ingin memulai bisnis secara online, maka kamu tinggal mendaftarkan diri di marketplace yang telah ditentukan, dan setelah itu kamu sudah bisa mulai berjualan.

2. Tidak Perlu Website

Jika kamu sudah menentukan untuk memulai bisnis online di marketplace, maka kamu tidak perlu memikirkan membuat website secara mandiri. Keuntungan dari berjualan di marketplace adalah kamu sebagai seller tidak perlu memikirkan sistem yang rumit. Kamu hanya tinggal mengatur toko kamu saja sebaik mungkin agar diminati banyak konsumen.

3. Aman dan Lebih Terpercaya

Keuntungan lain dari berjualan di marketplace adalah sistem keamanan yang sangat baik. Keamanan pada sistem marketplace meliputi keamanan akun seller, akun buyer dan keamanan metode pembayaran. Hal ini tentu membuat seller dan buyer tidak perlu waswas akan penipuan, karena transaksi yang dilakukan akan melalui rekening bersama. Sehingga jika terjadi hal yang tidak wajar dama proses transaksi, uang dari buyer tidak akan langsung masuk dompet seller.

Rugi Jualan di Marketplace

Sebelum kamu memulai berbisnis di marketplace, kamu perlu mengetahui kekurangan dari berjualan di marketplace itu sendiri. Silahkan baca secara teliti apa saja kekurangan berjualan di marketplace berikut ini.

1. Terikat Aturan dan Kebijakan

Saat kamu sudah menentukan untuk berbisnis di marketplace, maka secara otomatis kamu juga harus mengikuti kebijakan dan peraturan dari marketplace tersebut. Jika kamu kedapatan melanggar kebijakan atau peraturan, maka pihak marketplace bisa kapan saja menghapus toko kamu.

2. Persaingan Ketat

Dalam marketplace akan sangat banyak seller maupun buyer. Hal ini menyebabkan tingkat persaingan seller akan semakin ketat karena buyer bebas memilih toko terbaik menurutnya. Oleh karena itu dalam hal ini kamu harus memiliki strategi dagang agar toko kamu tidak kalah saing dari toko lain.

3. Keterbatasan Konten

Seperti yang sudah saya dijelaskan pada poin nomer satu. Membuka toko online untuk jualan di marketplace haruslah mengikuti kebijakan dan peraturan dari marketplace tersebut. Berbeda jika kamu memiliki webisite sendir, kamu bisa menaruh semua konten tanpa takut terkena teguran akibat melanggar kebijakan dan peraturan.

Untung Jualan di Website

Saat kamu menentukan untuk berjualan di website, maka kamu memiliki hak akses ke segala sistem webiste. Selain itu baca juga beberapa keuntungan berjualan secara online melalui webiste.

1. Profesional dan Berkelas

Memiliki website sendiri untuk berjualan secara online akan membuat kamu terlihat lebih profesional. Branding produk akan ternilai lebih dimata buyer karena terkesan lebih mandiri. 

2. Modifikasi Lebih Bebas

Karena webiste yang kamu kelola di bangun sendiri, maka kamu bebas memodifikasi webiste tersebut. Modifikasi bisa dari tampilan atau sistem webiste itu sendiri.

3. Bisa Upload Konten Sepuasnya

Kelebihan website sendiri adalah kamu bebas membuat konten baik gambar ataupun tulisan sebanyak mungkin. Kapasitas yang jauh lebih besar dari marketplace membuat kamu tidak usah khawatir jumlah konten yang bisa kamu upload itu berapa banyak.

Rugi Jualan di Website

Jika diatas saya telah menjelaskan tentang keuntungan berjualan di website secara mandiri. Sekarang kamu perlu perhatikan kerugian berjualan di webiste secara mandiri.

1. Mahal

Bereda dengan marketplace yang kamu bisa mendaftar secara gratis. Untuk berjualan di website sendiri artinya kamu harus memiliki webiste. Website sendiri tidak bisa dibuat dengan gampang, kamu perlu pemahaman dan hal - hal rumit lainnya seperti membeli domain, membeli template, dan pengetahuan tentang SEO.

Opsi lain jika kamu tidak membuat website sendiri adalah dengan menggunakan jasa penyedia layanan pembuatan website. Namun perlu diperhatikan bahwa biasanya untuk layanan tersebut cukup merogoh kocek.

2. Mengembangkan Sendiri

Sangat berbeda dengan marketplace yang hanya tinggal daftar dan bisa langsung jualan. Website jualan sendiri harus kamu kembangkan secara mandiri. Pengembangan disini meliputi banyak hal, beberapa diantaranya adalah sistem keamanan, sistem pembayaran, dan SEO (search engine optimization).

3. Harus Paham SEO

SEO adalah singkatan dari search engine optimization. Artinya kamu harus bisa mengoptimasi webiste kamu agar bisa dijangkau oleh calon pembeli. SEO sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu SEO On page dan SEO Off page.

Jadi Pilih Mana, Marektplace Atau Website?

Setelah kamu membaca secara rinci tentang untung rugi jualan di marketplace atau website, kini saatnya menentukan dimana kamu akan memulai bisnis online kamu. 

Untung dan rugi dalam berbisnis sudah biasa, semua pebisnis sukses pun pasti pernah mengalami rugi. Yang sangat rugi adalah orang yang tidak mau mencoba dan hanya mengharap bisa mendapatkan apa yang diingingkan tanpa melakukan usaha apa - apa.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar