Cara Perbaiki VGA Rusak Dengan Cara di Cuci - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Perbaiki VGA Rusak Dengan Cara di Cuci

Cara perbaiki VGA rusak

Saat ini mencari Grafik Card dipasaran sungguh sangat sulit, hal ini terjadi karena harga BIT Coin yang tidak kunjung turun. Grafik Card atau lebih sering kita sebut VGA menjadi langka karena stok yang ada di pasar memang menipis karena terjadi pembelian besar - besaran oleh para miner.

Hal lain yang menyebabkan VGA susah di dapatkan adalah harga jual yang tinggi. Semakin sedikit stok yang ada di pasaran, semakin mahal juga harga dari VGA. Oleh karena itu dalam artikel ini saya akan menceritakan pengalaman saya saat memperbaiki yang sudah rusak, namun bisa kembali digunakan dengan lancar tanpa kendala.

Jika pada saat ini kamu punya budget untuk membeli VGA baru sih why not. Namun tentunya kamu harus siap merogoh kocek lebih dalam jika memutuskan untuk membeli VGA pada saat ini. Apabila kamu memiliki VGA yang rusak, dan kamu belum berniat membeli VGA baru, maka kamu bisa coba perbaiki terlebih dahulu VGA tersebut.

Sebelum mulai memperbaikinya, pastikan terlebih dahulu apa gejala pada VGA tersebut. Dalam kasus saya, 2 VGA saya rusak dengan gejala yang berbeda. VGA pertama yaitu Radeon HD6670 rusak no display akibat diatas VGA dikencingi kecoa. VGA yang kedua yaitu GTX 560Ti rusak artefak saat sedang digunakan bermain game.

Cara Perbaiki VGA Rusak

Cara memperbaiki VGA rusak bagi kere hore model admin sih sederhana banget, kamu hanya tinggal siapkan deterjen, ember, sikat cuci dan air bersih. Setelah itu, kamu buka terlebih dahulu kipas yang menempel pada VGA agar hanya bagian board saja yang dicuci.

Setelah itu siapkan air yang sudah dimasukan deterjen sampai berbusa. Rendam VGA kedalam air deterjen tersebut selama 30 menit. Setelah itu kamu bersikan VGA tersebut dengan sikat cuci sampai mengkilap.

Setelah dirasa bersih, kamu bilas VGA tersebut dengan air bersih untuk menghilangkan semua kotoran debu yang bisa saja menjadi penyebab VGA kamu rusak.

Selanjutnya adalah kamu harus menjemur VGA tersebut sampai kering 100%. Saya sendiri menjemur VGA yang saya cuci dari jam 9 pagi samapi jam 4 sore. Hal ini perlu dilakukan untuk meyakinkan VGA kering 100%.

Jika kamu memiliki hairdryer, maka kamu bisa menggunakan alat tersebut untuk melakukan proses pengeringan lebih cepat. Jika VGA sudah kering 100%, maka saatnya kamu untuk mengganti thermal paste pada processor VGA, dan pasangkan kembali kipas ke VGA.

Setelah semuanya selesai, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan pengujian dengan cara memasangkan kembali VGA ke PC. Jika VGA tampil dengan sempurna dan tanpa kendala, maka dapat dipastikan VGA rusak tersebut bisa digunakan kembali.

Namun bila VGA tersebut tetap no display, maka besar kemungkinan VGA tersebut sudah rusak parah.

Perhatikan

Artike ini saya buat berdasarkan pengalaman, cara yang saya jelaskan di atas belum tentu bekerja pada VGA yang lain karena kerusakan pada VGA bisa terjadi karena berbagai hal. Saya sendiri melakukan percobaan cara perbaiki VGA dengan di cuci ini pada 2 VGA, dan yang berhasil hidup normal hanya satu, sedangkan satunya lagi tetap artefak.  

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar