Ini 7 Cara Memulai Bisnis di E-Commerce - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Ini 7 Cara Memulai Bisnis di E-Commerce

cara agar bisnis sukses
7 Cara Memulai Bisnis Sukses di E-Commerce!

Kamu tahu apa itu E-Commerce? Jika diartikan secara sederhana, maka makna E-Commerce merupakan transaksi segala macam yang terjadi melalui sistem elektronik. Secara umum sistem elektronik yang kita kenal diantaranya adalah internet, telepon dan televisi. Akan tetapi, pemahaman masyarakat tentang E-Commerce saat ini lebih cendrung mengarah ke transaksi melalui dunia maya yaitu internet.

Pada saat ini, memulai bisnis secara online sangatlah penting. Dengan memiliki pasar online, kamu bisa menambah omset penjualan dari berbagai sisi. Contohnya adalah, jika kamu memiliki toko komputer yang terletak di Garut, maka kecil kemungkinan orang Aceh akan sengaja datang ke Garut untuk membeli komputer di toko kamu. Akan tetapi jika kamu memiliki toko secara daring, maka kemungkinan besar semua orang di wilayah Indonesia akan memesan komputer dari toko mu lewat transaksi online. 

Namun sebelum kamu memulai bisnis secara online, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, beberapa diantaranya adalah menentukan ide produk, menentukan tempat E-Commerce dan menyiapkan strategi untuk bersaing.

Memulai Bisnis Sukses di E-Commerce

Memulai bisnis secara online bisa dibilang gampang - gampang susah. akan tetapi jika kamu mengikuti tips berikut ini, maka start kamu untuk memulai bisnis secara daring akan lebih lengkap.

1. Tentukan Ide Produk

Sebelum memulai berjualan secara online, kamu tentunya harus memiliki produk yang siap untuk dipasarkan. Produk yang ingin di jual secara online bisa berupa barang dan jasa. Untuk kamu yang belum memiliki produk, kamu bisa menjadi reseler dari produk lain. Jika kamu memiliki keahlian, maka kamu bisa menjual jasa, sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.

2. Menetukan Tempat E-Commerce

Apa itu tempat E-Commerce? Secara singkat artinya adalah jasa pihak ketiga tempat kamu berjualan secara online. Di Indonesia, E-Commerce yang paling populer adalah Shoope, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada. Disana kamu bisa mendaftar dan membuka toko kamu sendiri secara online. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa berjualan secara online di jasa E-commerce lain, tentunya kamu akan terikat dengan peraturan dan kebijakan dari E-commerce tersebut.

Seberanya kamu bisa mengembangkan bisnis online dari produk mu dengan cara membuat website secara mandiri. Keuntungan dari memiliki website penjualan sendiri adalah tidak terikat peraturan dan kebijakan dari pihak ketiga, sehingga kamu bebas untuk menjual produk, tanpa takut terkena potongan harga dari pihak ketiga.

Namun perlu diperhatikan, untuk membuat website secara mandiri tentu membutuhkan modal cukup besar, terutama jika kamu tidak memiliki kemapuan untuk membuat webiste sendiri, maka jelas kamu membutuhkan jasa dari pihak lain yang bisa membuat website.

3. Menyiapkan Strategi

Sebagai orang yang siap memulai bisnis secara online, maka kamu juga dituntut untuk menyiapakan strategi dagang agar tidak kalah saing dari toko orang lain. Selain menyiapkan strategi dagang, kamu juga perlu memahami SEO pada E-commerce tempat toko daring mu berada. 

Apa itu SEO? SEO adalah singkata  dari Search Engine optimization. Artinya adalah kamu harus paham optimasi mesin pencari pada E-Commerce tempat kamu jualan secara daring. Kamu harus mencari kata kunci terbaik untuk judul produk yang akan di jual. Semakin kamu paham SEO, semakin besar pula toko mu dikunjungi banyak pembeli.

4. Mentukan Nama Toko

Nama toko sangatlah penting karena merupakan identitas bagi penjual, oleh karena itu pemilihan nama toko harus bagus agar menarik minat pembeli. Jika kamu memiliki toko secara fisik maka akan lebih baik jika nama pada toko online juga sama dengan toko secara fisik.

Nama toko akan semakin dikenal orang apabila memiliki jumlah penilaian yang baik dari pembeli. Selain itu, semakin banyak pembeli yang merasa puas dan memberikan penilaian yang baik, maka semakin besar kemungkinan pembeli akan memilih toko kamu, untuk melakukan transaksi barang atau jasa yang dia cari secara daring.

5. Membuat Website Sendiri

Seperti yang diulas secara singkat di poin nomer dua, website memiliki peran penting dalam rangka mengembangkan bisnis online. Untuk membuat webiste sendiri sebenarnya cukup mudah bagi orang yang memiliki kemapuan di bidang web development. Akan tetapi jika kamu tidak bisa membuat website sendiri, maka kamu bisa menggunakan jasa dari pihak ketiga. Tentunya hal itu membutuhkan biaya lebih.

Namun kamu tidak usah khawatir, karena biasanya jika kamu membuat website di pihak ketiga yang terpercaya, maka kamu akan mendapatkan paket website langsung jadi dan kamu hanya tinggal menggunakannya saja.

6. Pahami SEO dan Marketing

Setelah kamu memiliki website untuk berjualan, maka hal perlu kamu pelajari dan kuasai adalah SEO dan Marketing. SEO adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari website. Oleh karena itu kamu perlu belajar SEO untuk membuat website jualan kamu mudah dicari oleh calon pembeli.

Selain itu kamu juga harus pintar dalam hal marketing. Kamu bisa memanfaatkan media promosi gratis seperti media sosial Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter, dan lain - lain. Jika ingin melakukan promosi produk berbayar maka kamu bisa memanfaatkan Google Ads atau Facebook Ads untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli.

7. Pilih Metode Pembayaran

Karena ini merupakan bisnis secara daring, maka kamu harus menentukan metode pembayaran untuk konsumen. Carilah metode yang paling mudah namun tetap aman bagi kamu sebagai seller dan juga aman untuk konsumen. Ada beberapa metode yang biasa digunakan dalam transaksi secara online. Beberapa diantaranya adalah metode transfer antar bank, pay latter (credit), COD (cash on delivery), dan metode pembayaran via mini market.

Demikian penjelasan mengenai cara memulai bisnis di E-Commerce. Saya tidak menjelaskan secara detail sampai ke akar - akarnya karena saya juga memiliki keterbatasan pengetahuan tentang hal ini. Akan tetapi, semoga dengan membaca artikel ini kamu mendapat sedikit pengetahuan sebelum memulai bisnis secara online, dan kamu juga makin semangat untuk mencari pengetahuan tentang bisnis online.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar