Trik Rahasia Menghidupkan Motherboard Mati Total [MATOT] - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Trik Rahasia Menghidupkan Motherboard Mati Total [MATOT]

Cara Atasi Motherboard Mati Total

Motherboard atau papan induk pada sebauah perangkat komputer/laptop merupakan hardware yang paling utama. Fungsi motherboard adalah sebagai papan induk yang menyambungkan satu hardware dengan hardware yang lain. Contohnya seperti Processor, RAM, VGA Card, Hard Disk dan komponen lainnya.

Akan tetapi, setiap motherboard memiliki usia yang apabila semakin lama usia pemakaiannya, maka performanya pun akan cendrung menurun. Salah satu kendala yang sering ditemukan adalah motherboard yang mati secara total.

Nah, disini saya mau berbagi pengalaman serta trik rahasia cara mengatasi motherboard yang mati total, agar bisa kemabali hidup dan bisa digunakan seperti biasannya lagi.

Cara Atasi Motherboard Mati Total

Pada dasarnya, penyebab terjadinya kerusakan pada motherboard bisa dikarenakan banyak hal. Beberapa diantaranya adalah karena sering mati mendadak, overclock, overheat, tidak dirawat, terkena air, terkena virus, dan usia yang sudah tua.

Untuk mengatasi motherboard yang mati total, maka hal yang harus kamu lakukan adalah :

1. Coba PSU Lain

Power supply sangat menentukan pada kasus motherboard mati total. Jika kemarin motherboard masih bagus dan bisa digunakan, namun hari ini sudah mati total, maka yang harus kamu lakukan adalah mencoba menghidupkan motherboard kamu dengan PSU yang lain.

2. Coba Bersihkan Mobo

Salah satu kendala yang membuat motherboard mati total adalah karena tidak dirawat dan sudah penuh dengan debu. Untuk mencoba menghidupkan kembali motherboard matot tersebut, coba bersihkan seluruh area pada motherboard baik bagian depan maupun bagian belakang.

3. Coba Hidupkan Tanpa Booting

Salah satu cara ampuh untuk mengetahui motherboard masih bisa menyala atau tidak adalah dengan cara menyalakan mobo tanpa booting. Artinya kamu hanya cukup tancap processor dan ram saja. Setelah itu coba metode power on dengan menggunakan obeng lewat pin power pada motherboard secara langsung.

Jika ketiga cara tersebut masih gagal maka kamu wajib menggunakan trik rahasia atasi motherboard yang mati total.

Trik Rahasia

Trik rahasia ini bisa bekerja dan juga tidak, itu tergantung keberuntungan kamu. Namun saya meyakini mungkin 60 persen cara ini akan berhasil karena saya sudah mencoba sendiri di motherboard ECS G41T-TM Rev.01.

  1. Trik rahasia pertama untuk menghidupkan kembali motherboard yang sudah mati total adalah jemur motherboard tersebut selama tiga jam diterik matahari. Saya berhasil melakukan trik ini dan motherboard matot meiliki saya sudah bisa digunakan lagi.
  2. Trik yang ke dua adalah gunakan hairdryer untuk memanaskan motherboard. Saya belum pernah mencoba trik ini, namun mekanismenya hampir mirip dengan di jemur. Perlu kamu perhatikan bahwa level pada hairdryer jangan terlalu panas.
  3. Trik terakhir adalah dengan cara dipanggang. Namun jangan salah artikan bahwa motherboard matot kamu di panggang secara langusung ke api. Kamu cukup Memanaskan suhu motherboard secara perlahan dengan api jarak jauh.
Trik ini mungkin saja berbahaya bagi motherboard, maka jika kamu kurang yakin saya harap jangan kamu lakukan. Namun untuk cara yang pertama itu 100 persen berhasil saya lakukan, ditambah dengan mobo mati total tersebut di bersihkan secara menyeluruh dengan kuas.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar