Cara Mudah Perbaiki Hard Disk Bad Sector Menggunakan HDD Regenerator - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Mudah Perbaiki Hard Disk Bad Sector Menggunakan HDD Regenerator

cara perbaiki hardisk


Bad Sector pada Hard Disk bisa terjadi karena beberapa faktor, beberapa diantaranya adalah karena usia Hard Disk yang sudah tua, terhentak karena Komputer atau Laptop mati mendadak, over heat atau terlalu panas, terkena virus malware dan jenis virus lainnya, atau terbanting sehingga terjadi kerusakan.

Pada dasarnya bad sector yang disebabkan soft bad sector seperti karena umur dan terkena virus, masih bisa di perbaiki. Namun untuk bad sector karena terbanting atau sering terhentak karena komputer atau laptop mati mendadak, itu cukup sulit untuk diperbaiki.

Untuk memperbaiki bad sector yang diakibatkan terkena virus atau terhentak karena tidak tershutdown dengan benar, maka kamu bisa menggunakan dua cara ini. Namun sebelum itu kamu harus memiliki software HDD Generator yang bisa kamu download secara gratis di internet.

Cara Perbaiki Hard Disk Bad Sector dengan HDD Regenerator

Cara yang pertama untuk memperbaiki Hard Disk bad sector dengan HDD Generator adalah dengan metode bootable. Yang harus kamu siapkan adalah :

  • HDD Generator (Install)
  • Siapkan Flahdisk

Untuk memperbaiki Hard Disk yang bad sector di HDD generator, kamu memiliki opsi Bootable USB Flash dan Bootable CD / DVD.

hdd regenerator
Cara Perbaiki Hard Disk Bad Sector

Pasangkan flash disk ke komputer atau laptop untuk membuat bootable. Setelah itu pilih Bootable USB Flash lalu pilih flash disk yang kamu pasang dan klik ok.

Jika ada permintaan untuk menghapus semua data di flash disk maka klik OK saja. Jika proses pembuatan bootable telah selesai, secara otomatis kamu akan diminta untuk melakukan restart pada komputer atau laptop.

Pada prosess booting setelah restart, kamu wajib masuk BIOS. Setelah itu setting agar disk boot priority menjadi flash disk yang sudah di bootable tadi.

Langkah selanjutnya adalah tekan F10 untuk melakukan save pada BIOS. Setelah itu masukan dan isi nilai 1 atau 2 untuk melakukan regenerasi pada Hard Disk yang terkena bad sector. Keterangan nilai 1 adalah untuk melakukan scan pada flash disk, sedangkan nilai 2 adalah untuk melakukan scan pada hard disk.

Setelah kamu memasukan nilai 2 untuk melakukan scan di hard disk yang bad sector, selanjutnya kamu harus memasukan nilai di bawah ini :

  • Nilai 1 sama dengan melakukan scan dan memperbaiki hard disk
  • Nilai 2 sama dengan melakukan scan saja pada hard disk
  • Nilai 3 sama dengan Regenerate all sector in a range
Isikan nominal megabyte dengan cara tekan tombol M pada keyboard, lalu tekan Enter, maka proses regenerasi hard disk akan dimulai. Setelah itu tinggal tunggu saja prosesnya sampai selesai.

cara atasi hard disk bad sector
Cara Perbaiki Hard Disk Bad Sector

Perlu dicatat bahwa melakukan scan pada hard disk bad sector memerlukan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu kamu wajib bersabar menunggu sampai proses regenerasinya selesai.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar