Cara Atasi Komputer atau Laptop No Display - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Atasi Komputer atau Laptop No Display

cara atasi komputer - laptop - vga no display

Jika komputer atau laptop kamu no display jangan panik dulu, cara atasi komputer atau laptop ini bisa kamu coba agar komputer atau laptop kamu menyala kembali.

Masalah no display pada komputer atau laptop bisa terjadi karena beberapa faktor. Penyebab komputer atau laptop no display bisa jadi karena ada hardware yang rusak, driver yang tidak sesuai, berdebu, dan sebab lainnya.

Berikut ini saya akan jelaskan faktor yang menyebabkan komputer atau laptop no display.

1. Ada Hardware Rusak

Dalam komputer atau laptop masalah no display sering terjadi, salah satu faktornya adalah hardware yang rusak. Hardware yang membuat masalah no display biasanya ram rusak atau kotor, VGA rusak atau kotor, Processor rusak, dan baterai Cmos yang habis.

2. Driver yang Tidak Sesuai

Dalam komputer atau PC, baik VGA eksternal maupun internal selalu memiliki driver. Driver tersebut berfungsi menjadi buku panduanya komputer agar bisa mengenali dan menjalankan hardware yang terpasang. 

Salah satu faktor yang menyebabkan masalah no display bisa terjadi karena pemasangan driver VGA yang tidak sesuai. 

3. Berdebu (jorok)

Komputer atau laptop yang minim perawatan memiliki kemungkinan lebih besar mengalami masalah no display. Kebanyakan pengguna komputer atau laptop lebih mementingkan performa dari pada perawatan.

Cara Atasi Komputer atau Laptop No Display

Untuk mengatasi masalah no display cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Periksa Hardware

Masalah no display pada komputer atau laptop bisa di atasi dengan mendeteksi terlebih dahulu hardwarenya. Jika kamu menggunakan VGA internal maka cek terlebih dahulu RAM.

Kebanyakan masalah no display terjadi karena diakibatkan RAM kotor atau rusak. Jika kamu memiliki RAM yang lain dan masih bagus, maka coba ganti terlebih dahulu RAM yang sedang digunakan dengan RAM yang bagus.

Jika kamu tidak memiliki cadangan RAM, maka kamu coba bersihkan bagian emas pada RAM dengan menggunakan penghapus pensil.

Jika setelah menggunakan RAM baru masih saja no display, coba periksa VGA. Jika kamu menggunakan komputer maka kamu bisa mencoba menggunakan VGA eksternal.

Apabila kamu sudah mencoba mengganti RAM, bolak-balik mengganti VGA internal dan eksternal, namun masih saja menemukan masalah no display, maka bisa jadi processor atau motherboard rusak.

2. Bersihkan Komputer atau Laptop

Sebenarnya masalah no display pada komputer atau laptop bisa di atasi dengan cara yang mudah. Hal kedua yang harus kamu lakukan setelah melakukan pengecekan pada hardware adalah membersihakan setiap komponen hardware.

Apabila kamu memiliki kompresor maka kamu akan lebih mudah membersihkan debu yang menempel pada hardware. Namun jika kamu tidak memilikinya maka kamu cukup membersihkannya dengan kuas.

3. Memasang Driver yang Tepat

Pada umumnya setiap hardware baik di komputer atau laptop memiliki driver bawaan pabriknya. Apabila kamu tidak memiliki CD drivenya maka kamu bisa download di website resminya.

4. Clear Cmos

Fungsi utama dari Cmos adalah untuk memberi pengaturan waktu, tanggal dan lainnya sehingga bisa tetap tersimpan sekalipun komputer dimatikan. Namun kamu perlu tau bahwa Cmos juga menyimpan setting overclock.

Saat kamu mengalami masalah no display akibat gagal overclock maka kamu bisa melakukan clear cmos pada tombol yang tersedia. Namun apabila tidak ada maka kamu harus melepas baterai cmos pada motherboard secara manual.

Setelah itu kamu bisa pasangkan lagi cmosnya lalu nyalakan kembali komputer atau laptopnya. Jika setelah clear cmos masih gagal, maka cabut terlebih dahulu  semua aliran listrik yang terhubung ke komputer, lalu cabut cmos dan RAM, kemudian tekan tombol power untuk membuang dulu semua aliran listrik yang tersisa. Setelah itu kamu bisa pasangkan lagi Cmos, RAM dan listrik,lalu coba nyalakan kembali.

Kesimpulan

Masalah komputer atau laptop no display bisa di atasi dengan cara yang sudah saya jelaskan. Apabila kamu telah mencoba semua cara di atas namun masih menemukan masalah no display, maka kemungkinan besar ada hardware yang rusak.

Apabila kamu mau mencoba cara ekstream seperti saya, maka silahkan baca artikel cara terakhir atasi VGA rusak.

Sekian artikel cara atasi komputer atau laptop no display, semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar