9 Hal Sepele Yang Menjadi Penyebab Komputer Cepat Rusak - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

9 Hal Sepele Yang Menjadi Penyebab Komputer Cepat Rusak

 

penyebab kompter rusak

Kamu perlu hati - hati dengan hal - hal yang kamu anggap sepele. Perlu kamu ketahui, kerusakan pada komputer bisa saja datang dari hal - hal kecil yang awalnya tidak kamu perhitungkan sama sekali.

Ada banyak hal yang bisa saja kamu anggap sepele dalam merakit atau merawat komputer, seperti menggunakan thermal paste asal - asalan, heatsink seadanya, sering mati lampu, dan masih banyak lagi hal - hal sepele yang kamu pikir itu tidak akan menyebabkan kerusakan.

Di Artikel kali ini saya akan mengulas 9 hal sepele yang menjadi penyebab komputer cepat rusak dan tentunya wajib kamu hindari agar komputer kamu lebih awet.

1. Memilih Power Supply Asal - Asalan

Power supply merupakan jantung dari komputer yang fungsinya mengalirkan listrik secara teratur dan terurut kedalam setiap komponen komputer.

Jika kamu salah memilih power supply maka bukan tidak mungkin komputer kamu akan cepat rusak. 

Contoh kasusnya adalah jika kamu memiliki komputer dengan VGA card yang membutuhkan spesifikasi power supply sebesar 650 Watt. Sedangkan power supply yang kamu gunakan hanya memiliki kapasitas 450 Watt. 

Secara perhitungan sudah jelas bahwa power supply yang kamu gunakan tidak memenuhi spesifikasi dari VGA card tersebut.

Jika kamu memaksakan untuk menggunakan power supply tersebut, maka kemungkinan besar akan terjadi kerusakan pada power supply atau VGA cardnya.

Untuk menghindari hal ini kamu bisa membeli power supply yang sudah memiliki sertifikat 80+ plus bronze, atau 80+ Gold.

Apakah power supply biasa yang tidak memiliki sertifikat 80+ bisa digunakan?

Tentu saja bisa, hanya saja kamu harus memilih spesifikasi komputer yang sesuai dengan kemapuan power supply tersebut.

Contoh kamu menggunakan power supply voltron 235 FX dari armaggeddon. PSU ini hanya memiliki kapasitas 242 Watt, namun power supply ini masih bisa digunakan untuk komputer dengan spesifikasi core 2 quad, core i3 dan core i5 dengan catatan VGA yang digunakan tidak membutuhkan daya tambahan.

Sedangkan jika spesifikasi komputer kamu adalah ryzen 7 2700x dengan VGA RTX  2060, maka sudah jelas power supply voltron 235 FX tidak akan mampu menopang CPU dan VGA kelas high ini.

Maka dari itu kamu perlu memikirkan baik - baik power supply apa yang akan kamu gunakan sebelum merakit PC. Jangan sampai komputer kamu cepat rusak hanya karena asal - asalan memilih power supply.

2. Menggunakan Thermal paste Sembarangan

Thermal paste atau yang biasa kita kenal dengan pasta pendingin juga memiliki kemungkinan menyebabkan kerusakan pada komputer.

Lah kok bisa?

Tentu saja bisa, kamu bisa baca pengalaman saya yang harus menerima motherboard mati total karena menggunakan thermal paste murah.

Sekilah thermal paste murah memang terlihat bagus, namun jika kamu perhatikan baik - baik thermal paste murah lebih banyak memiliki kandungan air atau minyak.

Hal itu saya ketahui setelah sekitar tiga bulan menggunakan thermal paste murah tersebut tiba - tiba motherboard saya mati total. 

Setelah dilihat ternyata ada bekas air atau minyak yang masih menempel di badan motherboard. Ketika saya samakan dengan thermal paste ternyata kandunganya mirip dengan cairan dari thermal paste murah tersebut.

Untuk mengindari komputer cepat rusak karena salah mengguakan thermal paste, maka saya sarankan kamu untuk membeli thermal paste yang haranya 80 ribuan. 

Selain kualitas thermal lebih bagus, thermal paste 80 ribuan lebih tangguh dalam mendinginkan processor meski dalam keadaaan sedang di overclock.

Apakah thermal paste bawaan processor juga bagus?

Jelas lebih bagus jika dibandingkan dengan thermal paste yang haraganya lima ribuan atau sepuluh ribuan. 

Namun jika kamu mau melakukan repasta pada processor, VGA atau north bridge, sebaiknya kamu gunakan thermal yang agak mahalan dikit. 

3. Terlalu Sering Install dan Uninstall  

Terlalu sering install dan uninstall game atau software juga bisa menjadi penyebab komputer rusak. Hanya saja kerusakan lebih mengarah ke satu hardware yaitu hardsik atau SSD.

Terlalu sering melakukan install dan uninstall pada komputer membuat hardisk bekerja lebih banyak dan tentunya akan memakan usia write dan read dari hardisk.

Contohnya adalah jika hardisk kamu memiliki batas read dan write 10TB (terabyte), dan kamu melakukan install dan uninstall game sebesar 100GB (gigabyte) dalam sehari.

Maka dalam 10 hari kamu sudah menghabiskan usia read dan write hardisk sekitar 1TB. Itu artinya dalam 100 hari kamu akan menghabiskan kapasita read dan write sebesar 10TB, dan itu artinya usia read dan write hardisk kamu habis.

Perlu di catat ya, setiap hardisk memiliki kapasitas read dan write berbeda, tergantung vendor nya. 

Untuk SSD juga sama - sama memiliki batas read dan write, oleh karena itu, kamu jangan terlalu sering install dan uninstall games atau software, karena hal itu akan membuat hardisk cepat rusak.

Baca juga :


4. Tidak Dirawat

Jika kamu ingin memiliki komputer yang awet maka rawatlah komputer secara berkala dan selalu rutin.

Pada dasarnya ada dua poin yang harus kamu ketahui dalam merawat komputer, diantaranya :

Merawat Fisik Komputer Secara Berkala
Salah satu hal yang sering ditanyakan orang terkait masalah pada komputer adalah bluescreen atau komputer menyala tapi tidak muncul ke layar.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah tersebut bisa muncul, pertama adalah RAM yang rusak, kedua hardisk rusak, ketiga VGA rusak.

Namun sebelum menyimpulkan bahwa ada part pada komputer yang rusak, kamu wajib tahu dulu kondisi komputer seperti apa.

Jika komputer dalam keadaan kotor dan berdebu, bukan tidak mungkin RAM akan error dan membuat kamu menyimpulkan bahwa RAM rusak, padahal kamu tinggal bersihkan saja komputer kamu dari debu, maka komputer akan kembali normal.

Merawat Sistem Komputer Secara Berkala
merawat fisik komputer saja tidak cukup, kamu harus rutin juga merawat sistem pada komputer secara berkala.

Untuk melakuka perawatan pada sistem sebenarnya cukup mudah, pada setiap sistem window 7, 8 dan 10 sudah disediakan opsi defragment, cleanup, dan masuh banyak lagi.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan sofware pihak ketiga seperti CCleaner dan Advance System Care.

Merawat komputer secara berkala pasti akan membuat komputer semakin awet, oleh karena itu jangan agap sepele hal ini karena bisa saja komputer kamu rusak hanya karena kotor penuh debu.

5. Pasang Fan/Kipas Seenaknya

Pernah membayangkan komputer kamu rusak gara - gara fan pada casing?

Saya yakin sebagian besar orang tidak memikirkan hal itu karena memang dianggap hal sepele. Pengetahuan umum orang tentang fan yaitu fungsinya untuk mendinginkan komputer dan penambah nilai aesthetic.

Fungsi utama dari fan pada casing adalah untuk menyalurkan udara kedalam casing. Udara yang masuk tersebut akan menghantar panas dari setiap hardware yang terkena air flow.

Udara biasanya akan dibuang lewat fan bagian belakang dan fan bagian depan akan menarik udara agar masuk kedalam casing.

Yang harus kamu perhatikan adalah sistem air flownya seperti apa, kalau airflow tidak terurut secara benar maka panas dalam komputer tidak akan keluar dan komputer kamu akan mengalami over heat.

Untuk menghindari hal itu kamu perlu perhatikan cara yang benar dalam memasang fan casing agar ari flow dalam komputer kamu.

Umumnya tiga fan casing didepan dipasang untuk meyedot udara agar masuk ke dalam casing. Tujuanya adalah untuk mengahantar angin agar meniup bagian hardware yang panas.

Dua fan diatas mengarahkan angin kebawah dan masuk kedalam casing, tujuanya sama yaitu untuk menarik udara yang akan menghantarkan panas dari hardware.

Satu fan dibelakang biasanya mengarahkan udara untuk keluar dari casing, tujuanya adalah untuk membuang panas dari hardware lewat bagian belakang casing. 

Yang saya gambarkan dalam tulisan ini adalah fan (kipas) ukuran 12cm dan casing ukuran M-ATX (micro ATX).

6. Ram Tidak Menggunakan Heatsink

Heatsink memiliki peran besar dalam komputer, biasanya heatsink digunakan pada CPU, South Bridge, North Bridge serta VGA card.

Seiring perkembangan teknologi, heatsink pada saat ini juga tersedia untuk RAM dan SSD NVMe. Fungsi heatsink pada RAM adalah untuk menyalurkan panas dari chip ram ke heatsink.

Umumnya heatsink terbuat dari besi, namun untuk performa penghantaran panas dari chip ke heatsink biasanya lebih bagus menggunakan heatsink dengan bahan tembaga.

Apakah RAM polos cepat rusak?

Tentu saja tidak, hanya saja RAM tanpa heatsink tidak akan bisa menyalurkan panas pada heatsink sebagai penghantar panas dari chip RAM. Jika berbicara mengenai awet sebenarnya kembali kecara pemakaian.

Jika kamu hanya menggunakan komputer hanya untuk keperluan office maka tidak perlu juga menggunakan heatsink pada RAM.

Namun jika kamu suka mengoverclock CPU maka kamu wajib menggunakan heatsink pada RAM. Perlu kamu ketahui bahwa melakukan overclock pada CPU memerlukan tuning yang pas pada ram.

Singkatnya adalah jika performa CPU di overclock, maka RAM pun harus ikut dinaikan performanya. Saat RAM dipakasa mengeluarkan performa terbaiknya maka jelas suhu pada RAM akan meningkat.

Oleh sebab itu penggunaan heatsink pada RAM sangat perlu jika kamu suka mengoverclock sistem pada komputer kamu.

RAM dengan heatsink bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai marketplace, selain itu kamu juga bisa hanya membeli heatsinknya saja di beberapa marketplace populer di Indonesia.

Jika kamu penasaran bagaimana jika RAM digabung dengan heatsink after market maka silahkan baca artikel :

7. Tidak Menutup Casing

Salah satu hal sepele yang bisa berujung kerusakan pada komputer adalah tidak menutup casing.

Ini adalah pengalaman saya pribadi dan sengaja saya tulis disini agar kamu tidak mengalami kerusakan komputer hanya karena hal sepele seperti tidak menutup side panel casing.

Awalnya karena merasa aman dan komputer lebih adem jadi saya putuskan untuk tidak menutup casing bagian kiri. 

Sialnya saya lupa kalau di rumah saya banyak tikus dan akhirnya saya harus merelakan VGA AMD Radeon HD6670 saya rusak gara - gara dikencingin tikus.

Oleh karena itu jangan anggap hal sepele hal ini ya, usahakan kamu tutup casing komputer kamu untuk menghindari apa yang saya alami.

Jika kamu ingin tau performa dari mantan VGA kesayangan saya yaitu AMD Radeon HD6670 128 bit, silahkan baca artikel dibawah ini :


8. Tidak Menggunakan UPS

UPS memiliki peranan penting dalam mencegah kerusakan pada komputer. UPS berfungsi untuk menyimpan tegangan listrik sementara dengan daya cukup besar dan tidak akan membuat komputer ikut mati saat terjadi listrik mati secara tiba-tiba.

Listrik yang tidak setabil tentu akan membuat hardware pada komputer cepat rusak karena seolah mati secara dipaksa. 

Hardware yang paling terkena kendala dari seringnya mati lampu adalah hardisk. Saat kamu sedang main game maka piringan hardisk sedang berputar sangat cepat, saat listrik mati maka hardisk akan terhentak dan bisa saja menimbulkan bad sector serta penurunan healty dan performance.

Oleh karena itu untuk menghindari kerusakan pada komputer akibat sering mati lampu yaitu kamu harus menggunakan UPS yang bisa membuat komputer kamu tgetap hidup meski listrik sedang mati.

Harga UPS tidak terlalu mahal kok, kalau pun mahal maka paksakan saja karena demi menjaga komputer dari kerusakan akibat sering mati listrik.

9. Sering Dipake Nonton Bokep

Sudah tidak aneh lagi kalau komputer rusak gara - gara sering dipake nonton bokep. Kalau komputer kamu rusak tidak mau nyala atau ngelag dan hal itu tidak disebabkan oleh kerusakan  hardwarenya, maka itu pasti dari kerseringan nonton bokep.

Wajib banget kamu ketahui bahwa situs bokep memiliki banyak malware dan bebagai macam virus ada disana. Selain itu keamanan data kita juga dalam bahaya jika telalu sering masuk ke webiste film bokep.

Salah satu hal yang sering saya temukan dari teman  - teman saya adalah  mereka kehilangan kendali akun facebook mereka setelah mengklik video dengan link yang ada di facebook.

Oleh karena itu jika kamu ingin komputer kamu awet maka hindari nonton bokep di komputer kamu agar komputer tidak cepat rusak.

Lebih baik kamu manfaatkan komputer kamu untuk hal - hal bermanfaat seperti menjadi konten creator, design, dan membuat artikel.


Jika kamu suka dengan artikel ini maka silahkan share ke sosial media kamu, ajak teman kamu untuk baca artikel menarik di blog ini. 

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar