Cara Membuat RAM Gaming Sendiri - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Membuat RAM Gaming Sendiri

ram gaming
www.maxikhsan.my.id : Cara Membuat RAM Gaming Sendiri

Hi sob, jika kamu adalah seorang gamer kere hore kayak saya, maka ada baiknya kamu ikuti tips cara membuat RAM gaming sendiri dengan mudah, murah, dan tentunya bisa bikin RAM kamu awet sampe bertahun-tahun.

Memiliki RAM gaming tentu merupakan impian bagi pecinta PC. Selain menambah cantik dalam nilai estetika, tentunya RAM gaming juga sudah memiliki banyak fitur seperti siap di overclock dan memiliki heatsink sebagai pengatur suhu.

Meski memiliki nilai estetika yang tinggi serta memiliki performa yang mempuni, tidak semua orang bisa memiliki RAM gaming karena harganya yang cukup mahal. Apalagi generasi RAM DDR4 yang kebanyakan sudah diberi fitur ARGB yang siap singkron dengan software bawaan motherboard.

Selain itu, jika kamu memiliki spesifikasi PC yang terbilang jadul seperti yang saya gunakan, maka tentu RAM DDR2 atau DDR3 belum memiliki banyak fitur keren seperti ARGB synk yang ada di RAM DDR4.

Lalu, apakah bisa RAM DDR2 atau DDR3 kamu jadikan sebagai RAM gaming?
Tentu saja bisa, kenapa tidak, selama ram tersebut masih stabil saat digunakan main game-game online ataupun offline, maka RAM yang kamu gunakan berarti sudah siap dijadikan RAM gaming.

Emang gimana sih RAM gaming?
Menurut saya, RAM gaming itu adalah RAM yang siap membantu kinerja processor dan VGA ketika kamu sedang bermain game. Jika saat beberapa game kamu tes, dan hasilnya tidak ada crash serta stabil, maka itu udah termasuk RAM gaming.

Namun sebagian orang juga berpendapat bahwa RAM gaming itu harus memiliki heatsink dan RGB. Nah untuk bagian heatsink saya setuju. Namun, untuk bagian RGB atau ARGB saya kurang sependapat.

Kenapa saya tidak setuju bahwa RAM gaming harus selalu memiliki RGB adalah karena RGB itu sebenarnya kembali ke selera yang punya PC. Jika yang punya PC suka dengan build nyala-nyala, maka sah-sah saja untuk menggunakan RAM gaming yang ada RGB nya. Juga demikian bagi orang yang kurang suka dengan RGB, maka sah-sah saja.

Nah bagian terpenting yang saya juga setuju dengan pendapat orang adalah bahwa minimal RAM gaming itu ada heatsinknya. Heatsink pada RAM berfungsi sebagai penyalur panas dari RAM yang akan dibuang melalui air flow di dalam case.

Saat bermain game-game berat, RAM akan berusaha semaksimal mungkin mengeluarkan semua kemampuannya untuk menopang game yang sedang berjalan. Hal tersebut menyebabkan temperatur pada RAM akan naik secara signifikan.

Jika RAM memiliki heatsink kemungkinan RAM akan tetap panas, namun tidak sampai pada titik overheat karena panas yang ditimbulkan dari chip RAM bisa disalurkan ke heatsink yang secara langsung terkena airflow dari kipas yanga ada pada case.

Untuk itu, maka saya anjurkan jika kamu memiliki PC yang suka digunakan untuk editing dan bermain game, maka usahakan airflow yang ada pada case juga harus baik. 

CARA MEMBUAT RAM GAMING SENDIRI

Pada dasarnya artikel ini saya buat untuk kamu yang kere hore dan ingin memiliki RAM yang siap untuk digunakan dalam bermain game. Meski RAM tersebut murah dan memiliki fitur biasa-biasa saja, namun jika performanya kamu tingkatkan maka kamu akan mendapatkan RAM yang optimal dan stabil.

Karena sebagian RAM DDR4 sudah memiliki heatsink dan RGB, maka yang akan saya rekomendasikan pada artikel ini adalah RAM DDR2 dan DDR3. Tentunya motherboard kamu juga harus memiliki compabilitas yang sama.

Jangan sampai gara-gara artikel ini kamu beli motherboard DDR3 tapi malah beli RAM DDR2, ya gak akan masuk lah. Tapi saya yakin kamu yang baca artikel ini pasti juga paham tentang kompabilitas RAM

Jika budget kamu tipis maka saya sarankan beli RAM DDR2 atau DDR3 polos second yang kisaran harganya untuk RAM DDR2 adalah Rp.50,000-an dan harga barunya sekitar Rp.80.000-an untuk yang 2GB.

Dan RAM DDR3 second yang harga pasaranya sekitar Rp.140.000-an, harga barunya sekitar Rp.170.000-an. Setelah itu untuk mengoptimalkan kinerja RAM maka kamu tinggal beli heatsink RAM yang harganya sekitar Rp.15,000-an.

Harga tersebut biasanya tergantung warna, varian, dan brand. Jika kamu menginginkan RAM DDR2 atau DDR3 dengan heatsink RGB juga bisa. Sudah banyak heatsink RAM DDR2 dan DDR3 yang bisa kamu temukan di marketplace atau toko komputer di daerah kamu.

Berbagi Pengalaman

Saya sendiri menggunakan RAM DDR3 2x4GB dari kingston yang harganya cuma Rp.175,000. Dan ditambahkan heatsink Hyper-x warna merah yang harganya cuma Rp.12.000. 

Sampai saat ini alhamdulilah tidak pernah ada kendala pada RAM yang saya gunakan, jika disentuh secara fisik saat bermain game, RAM memang panas. Namun saya tidak khawatir karena panas tersebut terbuang oleh airflow dari kipas di dalama casing.

Secara default RAM yang saya gunakan memiliki kecepatan 1066, namun saya optimalkan lagi RAM tersebut ke kecepatan 1164 karena untuk menyokong processor core 2 quad q8400 yang saya overclock ke 2,93GHz.

Kesimpulanya adalah jika sobat ingin memiliki RAM yang bagus untuk menunjang penggunaan gaming, maka membuat ram gaming sendiri bisa jadi pilihan. Kamu tinggal beli saja RAM second lalu beli heatsink RAM yang akan membuat RAM kamu selalu dingin dan tidak mengalami overheat.

Namun jika dirasa RAM telanjang saja sudah cukup untuk menopang game-game favorit kamu, maka itupun tidak masalah. Selama RAM terkena airflow yang bagus maka performa dari RAM tidak akan terganggu. 
Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar