Template Yang Pernah Digunakan Blog Max Ikhsan - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Template Yang Pernah Digunakan Blog Max Ikhsan

Bagi anda yang bukan seorang blogger, mungkin artikel ini bukan merupakan konten yang penting untuk anda baca. Akan tetapi bila anda adalah seorang blogger, maka artikel ini mungkin bisa memberikan referensi dalam pemilihan template yang tepat untuk blog anda.

Nah dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi cerita mengenai beberapa template yang pernah digunakan oleh blog Max Ikhsan. Tapi sebelum menuju pembahsan utama, silahkan baca terlebih dahulu sedikit cerita tentang saya dan blog ini.


Awal Mula Ngeblog

Saat kecil, tidak pernah terpikir sedikitpun bahwa saya akan menjadi seorang blogger, karena saya hidup di daerah pedesaan yang bisa dibilang saat itu masih minim teknologi, termasuk komputer dan internet.

Singkat cerita, ketika sudah lulus SMA saya mulai terobsesi dengan sebuah Kata "cara mendapatkan uang dari internet". Oleh karena itu saya sering main ke warnet dan mencari tahu apa saja hal yang harus dilakukan jika ingin berpenghasilan dari internet.

Dari semua informasi yang saya temukan ketika membaca referensi cara mendapatkan uang dari internet, akhirnya saya mencoba dengan membuat blog di Blogger.com.

Saya masih ingat betul saat pertama saya membuat blog gratisan dari blogger itu, nama domain yang saya gunakan adalah ikangs.blogspot.com, dan isi dari blog itu adalah artikel yang saya buat secara manual dengan harapan bisa diterima oleh AdSense agar bisa berpenghasilan dari blog tersebut.

Singkat cerita, saya terus belajar blogger hingga sampai saat ini sayabisa  memiliki blog ini. Saya pun mulai bisa memahami lebih dalam mengenai hal-hal teknis dalam dunia blogging yang salah satunya adalah pimilihan template yang tepat.

Nah berikut ini saya akan ceritakan beberapa template yang pernah digunakan dalam blog ini.


Template Yang Pernah Digunakan Max Ikhsan

template blogger

1. Template Bawaan Blogger

Template pertama yang pernah saya gunakan dalam blog ini adalah template bawaan blogger itu sendiri yaitu Contempo. Saya mencoba menggunakan template ini diawal-awal membangun blog ini karena saat itu merasa bahwa dengan menggunakan template itu saja tampilan blog ini sudah keren.

Namun saat itu salah satu hal yang tidak saya sukai dari template Contempo adalah adanya watermark atau link keluar dengan bertuliskan diberdayakan oleh blogger. Sehingga saat itu saya putuskan untuk mengganti template tersebut dengan template lain.


2. Mostheme - Themeindie

Template kedua yang pernah saya gunakan dalam blog ini adalah Mostheme. Template ini dibuat seorang blogger yang dikenal dengan nama Bung Frangki, dan dijual di websitenya yaitu Themeindie.com.

Saat itu saya mendapatkan template mostheme versi gratis, sehingga saya tidak mengeluarkan uang untuk membeli template versi premiumnya. Perbedaan versi free dan premium hanya terdapat pada beberapa fitur serta credit link.

Karena saat itu saya sudah jengah dengan yang namanya credit link, maka saya putuskan untuk membeli sebuah template premium dan mengganti template mostheme yang digunakan dalam blog ini. 


3. AZZAM - Goomsite

AZZAM adalah sebuah template premium yang dijual di situs Goomsite.net. Saat itu saya tertarik dengan template ini karena tampilannya yang menarik dan kekinian, oleh karena itu saya membeli template tersebut dan memasangkannya di blog ini.

Namun karena ada sebuah masalah yang saat itu tidak bisa saya selesaikan, dan saya juga ingin menggunakan template yang lebih menarik, maka saya mengganti template tersebut dengan salah satu template premium yang saya beli di situs Idntheme.com.

4. Eclipse - Idntheme

Template premium kedua yang pernah digunakan dalam blog ini adalah Eclipse dari situs Idntheme.com. Saya memilih menggunakan template ini karena tampilannya sangat bagus dan thumbnail pada halaman hompage sangat jernih.

Oleh karena itu menurut saya saat itu template eclipse adalah sebuah template yang pas untuk blog ini karena konten yang dibuat dalam blog ini adalah tentang perjalanan atau yang berkaitan dengan fotografi.


5. Viomagz -Redesign

Viomagz adalah salah satu template terbaik buatan mas Sugeng menurut sebagian besar blogger yang pernah menggunakan templatennya. Memang sebenarnya predikat terbaik itu pantas untuk disematkan pada template ini. 

Selain tampilannya yang simpel namun tetap elegan, template viomagz juga sudah sangat SEO Friendly, sehingga mau dibuka di desktop atau di smartphone tetap bagus dan responsif.

Selain itu, kelebihan utama dari template ini adalah fast loading dan sudah valid Schema Markup Validator. Sehingga blog yang menggunakan template ini akan lebih SEO dan siap bersaing dengan blog-blog besar.


Mengapa Menggunakan Template Viomagz? 

Mungkin disinilah pepatah "guru terbaik adalah pengalaman" itu benar-benar terjadi. Jadi dari pengalaman saya ketika blog ini menggunakan template selain viomagz, rata-rata kecepatan loading versi mobile blog ini jarang menembus score 60. Sedangkan saat ini google akan lebih menyukai blog yang memiliki nilai score page speed yang bagus. 

Oleh karena itu maka saya putuskan untuk menggunakan template viomagz pada blog ini.


Mengapa Pakai Viomagz Redesign?

Perlu diketahui bahwa template viomagz di blog ini adalah versi premium yang sudah jadul atau versi 2 yang dirilis sekitar tahun 2018. Template ini saya dapatkan secara gratis dari teman di forum blogger. 

Saat itu teman saya memberikan sebuah file winrar yang berisi hampir 50 template premium yang entah dari mana dia mendapatkannya. Nah karena saya ingin memiliki blog dengan kecepatan yang bagus dan tampillannya beda dari blog lain, maka saya gunakan template viomagz ini. 

Untuk redesign pada blog ini saya setting sendiri pada templatenya, dan untuk kode script lainnya saya dapatkan dari blog lain, atau dengan cara memodifikasi dengan menambahkan fitur dari template lain.


Apa Kelebihan Menggunakan Viomagz Redesign?

Karena template viomagz ini saya redesign sendiri, maka sudah jelas optimasi pada template ini saya buat semaksimal mungkin agar membuat blog ini makin SEO friendly.

Saat ini template viomagz redesign yang digunakan dalam blog ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Loading speed versi mobile - score 96
  • Loading speed versi desktop - score 100
  • Dilengkapi lazy load gambar
  • Dilengkapi lazy load video youtube
  • Dilengkapi lazy load analytics
  • Dilengkapi script untuk iklan in-feed
  • Dilengkapi animasi header ringan
  • Dilengkapi menu dark mode
  • Dilengkapi menu custom pojok atas kanan
  • Search box dibuat lebih keren
  • Mendapatkan grade A di GTMetrix 
  • Lulus Schema Markup Validator
  • Lulus pengujian hasil kaya google
  • Tidak ada error breadcrumb di search console
  • Validasi error jarang gagal di search console
  • Dan lain-lain. 

 

Kalau saya jelaskan akan sangat panjang, jadi saya hanya ambil kelebihan yang paling mudah di ingat saja. 

Untuk kekurangan dari template viomagz redesign ini masih sangat banyak, dan yang belum bisa saya pecahkan sampai saat ini adalah sulitnya mendapatkan jumlah sitelink sebanyak empat buah.

Perlu anda ketahui bahwa mungkin saya menggunakan template ini sudah lebih dari setahun, selain itu blog ini selalu update artikel minimal satu buah sehari. Tapi untuk mendapatkan sitelink sebanyak empat buah terasa sulit.

Meski sebenarnya blog ini sudah mendapatkan dua sitelink, namun kalau bisa diusahakan menjadi empat kenapa tidak.


Adakah Rencana Ganti Template?

Untuk saat ini saya belum berfikir untuk mengganti template pada blog ini karena sedang fokus membuat konten yang berkualitas untuk diposting dalam blog ini.

Namun tentu saya juga ingin menggunakan template yang lebih bagus dan premium yang benar-benar saya beli seperti template AZZAM dan Eclipse. Saya berencana untuk membeli template premium itu nanti setelah berhasil gajian dari blog ini.


Penutup

Artikel ini saya buat dengan harapan bisa menjadi referensi bagi anda para blogger yang terkadang suka bingung saat memilih template yang tepat untuk blog anda.

Saya menyarankan anda untuk menggunakan template premium yang dibeli dari situs penjualnya. Karena selain legal, anda juga akan mendapatkan dukungan serta update secara berkala dari sang pembuat tempate.

Apabila anda belum memiliki dana, maka silahkan maksimalkan template gratisan untuk dimodifikasi menjadi template premium yang bisa anda andalkan tampillannya, page speednya, dan SEO friendlynya.


Nah itulah cerita tentang beberapa template yang pernah digunakan blog ini.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar