Project Sumbangan 1 Unit Komputer Untuk Pesantren Al-Jannah Naim - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Project Sumbangan 1 Unit Komputer Untuk Pesantren Al-Jannah Naim

sumbangan komputer

Selain bekerja sebagai staf tata usaha di sebuah sekolah menengah atas, saya juga bekerja menjadi guru bantu di pondok pesantren Al-Jannah Naim. Pesantren ini berlokasi di Kp. Panday, Ds. Pakuwon Kab. Garut. Disana saya mengajar pelajaran TIK keahlian, sehingga yang saya ajarkan adalah hal-hal yang bisa menjadi peluang kerja dan usaha di bidang TIK.

Salah satu kendala yang saya hadapi ketika mengajar disana adalah minimnya sarana TIK seperti komputer atau laptop untuk melakukan pembelajaran praktek. Sehingga dari sana saya berinisiatif untuk membuat sebuah PC dengan spek sederhana namun tetap memiliki performa yang bagus untuk digunakan praktek dan atau digunakan di kantor sebagai komputer kerja bagi staf atau guru lain di pesantren Al-Jannah Naim.

Saat artikel ini ditulis, sebenarnya saya sudah membeli beberapa part PC untuk project pembuatan komputer ini. Namun yang saya beli baru motherboard dan processor, sehingga masih banyak part lain yang belum saya beli.

Rencana Spesifikasi 

Berikut ini adalah rencana spesifikasi unit komputer untuk disumbangkan ke pesantren Al-Jannah Naim.

  1. Motherboard ECS G41 
  2. Processor Core 2 Duo E8400 3.00 GHz
  3. RAM 4 GB
  4. Hard Disk 320 GB
  5. PSU Standar

Spesifikasi 1 unit komputer yang saya rencanakan persis seperti list di atas. Meski bisa dibilang spesifikasi komputer ini sederhana, namun secara kualitas spek ini masih bisa mengangkat microsoft office 2013 dan masih nyaman untuk digunakan untuk keperluan office lainnya.

Salah satu hal yang membuat saya lama dalam menyelesaikan project ini adalah minimnya dana yang saya miliki. Sebagai contoh, harga motherboard ECS G41 ini ada dikisaran 200 ribuan, dan processor Core 2 Duo E8400 memiliki harga sekitar 60 ribuan.

Untuk saya yang hanya berpenghasilan 500 ribu sebulan, maka untuk membeli part-part tersebut harus nabung dulu dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan saya. Oleh karena itu project pembuatan 1 unit komputer untuk ponpes Al-Jannah Naim ini menjadi lebih lama.

Jika diantara anda ada yang tertarik untuk membantu saya dalam membuat project 1 unit komputer untuk disumbangkan ke ponspes Al-Jannah Naim, maka saya akan sangat senang dan berterima kasih sekali.

Untuk melakukan donasi dalam project ini, maka silahkan pergi ke halaman Contact dan ayo ngobrol dengan saya. Meski nominal yang anda berikan tidak banyak, namun donasi tersebut akan sangat membantu saya dalam menyelesaikan project ini.

Catatan

Apabila project ini sudah selesai maka donasi akan ditutup dan saya akan segera membuat artikel penyerahan 1 unit komputer tersebut langsung dengan pengurus pesantren Al-Jannah Naim.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar