Cara Mengaktifkan JavaScript di Aplikasi Google Chrome - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Mengaktifkan JavaScript di Aplikasi Google Chrome

Beberapa hari sebelum saya membuat artikel ini, saya menemukan sebuah masalah pada aplikasi google chrome di smartphone saya. Masalah utama yang saya temukan saat itu adalah semua fitur dan tombol pada blog  yang dibuka dalam aplikasi google chrome tidak bisa digunakan. Selain itu iklan google adsense yang saya pasang pun tidak muncul sama sekali.

Beruntungnya masalah tersebut bukan disebabkan dari adanya error pada blog, karena ketika saya mencoba membuka blog ini dalam aplikasi firefox, blog ini bisa berjalan dengan normal dan semua fitur atau tombol dapat digunakan.

Setelah searcing selama beberapa hari di google , akhirnya saya berhasil menemukan sumber masalah yang menyebabkan tombol tidak berfungsi dan iklan yang tidak tampil pada blog ini, dan ternyata sumber masalah tersebut disebabkan karena setelan JavaScript pada aplikasi google chromenya mati atau nonaktif.


Awal Masalah JavaScript Nonaktif di Aplikasi Chrome

aktifkan javascript aplikasi chrome

Sebenarnya saya sendiri kurang tau kapan dan bagaimana setelan JavaScript dalam aplikasi google chrome bisa mati. Karena biasanya saya memang selalu mengecek blog ini lewat aplikasi google chrome hampir setiap hari.

Namun anehnya sekitar tanggal 13 atau 14 Juni 2022, tiba-tiba saya dikagetkan dengan adanya masalah tombol dark mode atau menu pada blog ini tidak berfungsi meski sudah di klik. Selain itu iklan adsense yang saya tempatkan dalam feed juga tida tampil sama sekali.

Setelah mengetahui hal yang menyebabkan fitur dark mode, menu, dan iklan adsense dalam blog ini tidak berfungsi. Akhirnya saya berusaha mencari cara untuk memperbaiki masalah ini. 

Beruntungnya, support.google.com sudah membuat panduan cara mengaktifkan JavaScript pada google chrome versi desktop. Sehingga saya coba tiru caranya pada aplikasi google chrome versi android, dan ternyata cara tersebut berhasil memperbaiki javascript pada aplikasi google chrome.


Cara Mengaktifkan JavaScript di Aplikasi Google Chrome

Langkah pertama, buka aplikasi google chrome dan pilih icon tiga titik di bagian atas pojok sebelah kiri, atau yang saya tandai dengan warna merah.


aktifkan javascript aplikasi chrome


Langkah kedua, silahkan pilih menu setelan.

aktifkan javascript aplikasi chrome


Langkah yang ketiga, pilih setelan situs 

aktifkan javascript aplikasi chrome


Langkah keempat, pilih JavaScript

aktifkan javascript aplikasi chrome


Langkah kelima atau yang terakhir adalah aktifkan JavaScript.

aktifkan javascript aplikasi chrome


Nah itulah cara mengaktifkan javascript pada aplikasi google chrome. 

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar