Pengalaman Membeli VGA Bekas di Olshop, Kapok? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Pengalaman Membeli VGA Bekas di Olshop, Kapok?

vga bekas

Saat ini harga grafik card atau yang sering kita sebut VGA masih sangat mahal. Oleh sebab itu mungkin bagi sebagian orang yang membutuhkan VGA untuk kebutuhan pekerjaan dan gaming akan mencari alternatif VGA yang memiliki kualitas bagus namun dengan harga yang tetap masuk akal.

Dalam artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya dalam membeli VGA bekas di olshop. Semoga dengan membaca artikel ini anda mempunyai referensi sebelum membeli VGA bekas.

Sekitar bulan Januari tahun 2020 saya membeli VGA bekas di sebuah online shop. VGA yang saya beli tersebut adalah GT640 4GB 128bit DDR3 serta converter DVI 24+5 to VGA. 

Saat itu saya putuskan untuk membeli VGA bekas karena ingin mencoba VGA baru meski sebenarnya VGA Radeon HD6670 saya masih bagus. Setelah datang saya coba VGA tersebut dan alhamdulillahnya VGA GT640 nya menyala meski ada kendala.

Kendala yang saya temukan pada VGA tersebut adalah tampilannya hijau, saya coba kontak sellernya namun jawabannya katanya dari sananya normal. Dengan sedikit rasa kecewa maka saya coba otak-atik VGA tersebut dibagian belakang kabel dan akhirnya bisa menjadi bagus.

Setelah ada kendala tersebut akhirnya saya tau bahwa VGA tersebut memang sebenarnya tidak sehat 99%. Namun saya hanya bisa berharap VGA tersebut tetap bagus dan bisa bertahan lama karena memang saat itu saya sangat membutuhkan VGA dengan kapasitas memory yang besar.

Singkat cerita saya coba VGA bekas tersebut untuk bermain game PUBG mobile dengan menggunakan emulator Memu. Namun ternyata setelah dirasakan performa VGA dari GT640 tidaklah terlalu jauh dari VGA Radeon HD6670.

Yang wajib menjadi catatan bagi anda dari pengalaman pertama saya membeli VGA bekas di olshop ini adalah VGA yang diberikan oleh seller belum tentu sehat 99%. Buktinya saya mendapatkan VGA yang tampilan warnanya hijau meski saat itu saya beli dengan harga sekitar Rp.500.000.

Pengalaman kedua saya dalam membeli VGA bekas adalah membeli sebuah VGA GTX 560Ti dari sebuah online shop ternama. VGA GTX 560Ti ini memiliki performa jauh diatas AMD Radeon HD6670. 

Saya mendapatkan VGA ini dengan harga sekitar Rp.580.000 dan mungkin sekitar Rp.620.000-an karena saya membelinya dengan paylatter. VGA ini berfungsi dengan baik dan memiliki performa yang sangat bagus.

Meski GTX560Ti adalah salah satu VGA yang bisa dibilang boros, namun performanya dalam hal gaming dan rendering cukup bagus untuk ukuran VGA jadul. Namun yang namanya VGA bekas ya tetap saja kita tidak tahu apakah VGA tersebut sudah pernah di servis atau bahkan belum pernah di repasta.

Dari pengalaman saya menggunakan VGA GTX560Ti bekas ini adalah suhu dari VGA sangat panas. Saya sendiri berhasil menurunkan sedikit suhunya dengan cara melakukan repasta pada bagian processornya.

Namun yang membuat kecewa dari VGA bekas ini adalah ketika saya selesai melakukan pembayaran cicilan terakhir, tiba-tiba VGA artefak saat digunakan bermain game Empire Earth. Yang membuat saya heran adalah kenapa harus terjadi artefak di saat saya bermain game ringan, sedangkan saat saya bermain game GTA V, MotoGP 20 dan game lainnya kok lancar-lancar saja.

Tapi mungkin itulah resiko membeli VGA bekas dari olshop, jadi berikut ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mendapatkan VGA bekas yang bagus baik itu dari olshop atau langsung membeli dari orangnya.

Tips Membeli VGA Bekas

1. Beli Langsung

Tips yang pertama harus anda lakukan jika ingin membeli VGA bekas adalah membelinya secara langsung. Jika anda mencari VGA bekas dari sosial media, maka anda bisa meminta penjual untuk melakukan transaksi dengan metode COD.

Melakukan pembelian VGA bekas secara COD akan membuat anda lebih aman karena VGA yang akan dibeli bisa dicoba terlebih dahulu, sehingga anda aman dari penipuan.

2. Beli Dari Orang yang Dikenal  

Salah satu cara untuk menghidari penipuan saat anda ingin membeli VGA bekas adalah dengan membelinya dari orang yang dikenal. Dengan demikian anda bisa meminta garansi lebih lama dan jika terjadi kendala pada VGA selama masa garansi, maka anda mudah menghubing orang tersebut.

3. Pilih Seller Terpercaya

Tips ketiga ketika anda ingin membeli VGA bekas di olshop adalah dengan memilih seller yang sudah terpercaya. Biasanya seller terpercaya akan memiliki jumlah pengikut toko yang banyak dan penilaian produknya bagus.

Ada banyak toko VGA bekas yang terpercaya dan bisa anda cari di olshop tersebut. Saya tidak akan menyebutkannya dalam artikel ini karena bisa saja dikira saya menjadi sponsor salah satu toko tersebut.

Bahkan ada seller yang siap melakukan pengetesan VGA bekas yang akan anda beli dengan mengirimkan video testnya. Atau jika anda masih ingin lebih percaya, anda bisa meminta sellernya untuk melakukan video call ketika melakukan pengetesan.

4. Pilih VGA dengan Hati-hati

Maksud hati-hati disini adalah anda wajib tahu terlebih dahulu spesifikasi VGA yang anda butuhkan. Dari pengalaman saya membeli VGA GT640 yang memiliki memory 4GB, ternyata performanya tidak jauh dari Radeon HD6670. Sedangkan dengan harga yang sama, saya bisa mendapatkan VGA GTX560Ti yang performanya jauh diatas GT640 dan HD6670.

5. Pastikan Garansi ON

Jika anda membeli VGA bekas seri terbaru seperti GTX 10xx, RTX 20xx, RTX 30xx, RX 5xx dan VGA seri terbaru lainnya, maka pastikan membeli VGA bekas yang garansi pabrik atau distributornya masih on.

Dengan membeli VGA bekas yang masih memiliki garansi, maka anda akan lebih terjamin ketika VGA mengalami kerusakan. Selain itu VGA seri terbaru biasanya masih memiliki garansi.

6. Pastikan Kesehatan VGA

Sebelum membeli VGA bekas anda wajib memastikan kesehatan VGA tersebut. Cara untuk mengetahui VGA bekas tersebut masih sehat adalah dengan tanyakan saja VGA tersebut bekas apa. Jika bekas mining, maka kemungkinan sisa umurnya tidak panjang karena mining menuntut VGA harus terus on 24 jam. Jika VGA tersebut bekas gaming dan rendering maka kemingkinan umurnya masih panjang.

Selain itu anda juga bisa mengecek kesahatan VGA secara fisik. Jika tidak ada baret bekas benturan dan VGA mulus terawat, maka kemungkinan besar VGA nya masih sehat. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa VGA yang tampilan fisiknya mulus itu sehat 99%.

Tips cek kesahatan VGA yang biasa saya lakukan ketika mencoba VGA bekas adalah dengan mencobanya untuk bermain game selama beberapa jam, selain itu saya juga sering menggunakan VGA tersebut untuk melakukan rendering video berdurasi tertentu dalam melakukan pengecekan. 

Jika tidak terjadi kendala, suhu tetap adem dan VGA bekas tersebut sama sekali tidak menunjukan tanda-tanda kerusakan, maka dapat dipastikan bahwa kesehatan VGA tersebut masih baik.

Penutup.

Diatas sudah saya ceritakan pengalaman saya dalam membeli VGA bekas dari olshop. Apakah itu membuat saya kapok, tentu tidak. Sampai saat ini saya masih menarget sebuah VGA bekas yang harganya terjangkau namun memiliki performa diatas rata-rata.

Adapun saya mengalami kegagalan dalam pembelian VGA bekas tersebut, belum tentu hal itu terjadi kepada anda. Maka dari itu saya berikan beberapa tips agar anda terproteksi oleh garansi ketika membeli VGA bekas.

Semoga pengalaman membeli VGA bekas ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membeli VGA bekas, berkualitas bagus dan harganya masih terjangkau dikala harga VGA yang masih saja mahal (sampai artikel ini dibuat).

Sekian dan terimakasih.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar