Cara Overclock VGA AMD Radeon HD 6670 1GB DDR3 128Bit - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Overclock VGA AMD Radeon HD 6670 1GB DDR3 128Bit

tutorial overclock vga

Sob, kamu punya VGA AMD? Jika punya, maka kamu bisa mencoba melakukan overclock pada VGA tersebut dengan sangat mudah. Hanya dengan menggunakan driver AMD saja, kamu sudah bisa menaikan perfoma VGA tersebut ke level tertingginya.

Ok sob, jika kamu belum tahu bahwa VGA AMD itu bisa di overclock, maka artikel ini bisa membantu kamu untuk menaikan performa dari VGA AMD yang kamu miliki.

Dalam driver AMD bisanya sudah disediakan menu AMD OverDrive yang berfungsi sebagai alat untuk menaikan GPU clock speed, Memory clock setting dan juga pengatuaran kecepatan fan (kipas pendingin).

Persiapan Overclock VGA AMD 

Sebelum melakukan overclocknya, disini saya akan mencontohkan overclock VGA AMD dengan menggunakan VGA AMD Radeon HD 6670. VGA saya ini pernah mati total gara - gara dikencingi kecoa yang masuk ke dalam cassing PC saya.

Kamu juga bisa membaca cara mengatasi VGA mati total disini.

Nah untuk cara overclock VGA AMD adalah sebagai berikut ini :

1. Pastikan VGA AMD Support OC

tutorial oc vga amd

Pastikan terlebih dahulu apakah VGA AMD yang kamu miliki sudah support overclock atau belum. Untuk mengetahui apakah VGA AMD bisa di overclock atau tidak, kamu bisa melihatnya langusng pada driver VGA nya.

Caranya kamu tinggal klik kanan pada mouse, lalu pilih AMD Catalyst Control Center, lalu pilih bagian performance dan AMD OverDrive.

2. Install Driver Yang Tepat 

overclock vga amd

Agar bisa melakukan overclock pada VGA AMD, maka kamu harus menginstall driver VGA yang tepat. Jika kamu merasa dalam driver VGA yang kamu gunakan saat ini ada bug, maka saya sarankan untuk melakukan update terlebih dahulu pada drivernya.

Saya sendiri menggunakan driver AMD Catalyst Version 15.7.1. Dengan driver ini saya selalu melakukan overclock dengan baik tanpa ada crash. Namun saya hanya melakukan overclock ketika akan bermain game atau melakukan rendering video.

3. Pastikan Fan Berfungsi 

Sebelum melakukan overclock pada VGA, kamu harus memastikan terlebih dahulu fan pada VGA tersebut masih berfungsi dengan baik. Dalam software atau driver AMD Catalyst di bagian AMD OverDrive ada pilihan untuk melakukan setting manual pada fan.

Jika fan masih bagus, maka saat kamu menaikan kecepatanya ke 100%, maka akan terdengar suara fan atau kipas yang lebih kencang. Hal itu sangat baik karena artinya kipas atau fan bisa membuang panas dengan lebih efektif.

Cara Overclock VGA AMD

Untuk melakukan overclock pada VGA AMD sebenarnya sangat mudah. Berikut ini cara overclock VGA AMD melalui driver AMD Catalyst Control Center.

1. Buka Driver VGA

Pertama buka terlebih dahulu driver VGA AMD dengan cara klik kanan pada mouse, lalu klik bagian AMD Catalyst Control Center.

cara oc vga amd

2. Pilih Menu Performance

Setelah driver AMD Catalyst Control Center terbuka, selanjutnya kamu tinggal pilih bagian menu Performance, lalu klik tulisan AMD OverDrive.

cara oc vga amd

Setelah terbuka, jangan lupa cheklist pada kotak Enable Grapics OverDrive nya untuk mengaktifkan semua fitur overclocknya.

Ada dua fitur overclock yang bisa kamu gunakan pada AMD OverDrive ini. Yang pertama kamu bisa menambah perfomance GPU clock dengan cara menambahkan nilainya. Dalam contoh gambar di atas adalah dari 400 Mhz bisa ditambah menjadi 900 Mhz.

Fitur kedua yaitu menaikan clock memory. Fitur ini memberikan kamu opsi untuk menaikan clock memory dari 667 Mhz menjadi 750 Mhz jika mengacu pada gambar diatas.

Fitur terakhir adalah Fan Control. Fitur ini memberikan kamu opsi manual untuk mengatur kecepatan dari fan atau kipas. Ada baiknya jika kamu melakukan overclock pada VGA, maka naikan persentase fan controlnya menjadi 100% untuk membuang panas secara efektif.

Nilai pada GPU clock setting dan Memory clock setting itu tidak semua sama dengan gambar yang saya contohkan. Gambar yang saya jadikan contoh pada artikel ini adalah dari VGA saya sendiri yang memiliki GPU clock speed dibawah 1GB.

Semoga dengan artikel ini kamu bisa melakukan overclock VGA AMD yang kamu miliki untuk menaikan performa dari VGA tersebut.

See you di next artikel.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar