Cara Memilih Niche Blog Yang Tepat | Auto Banyak Pengunjung - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Memilih Niche Blog Yang Tepat | Auto Banyak Pengunjung

niche blog
Niche Blog

Hi sob, bagi para pencinta blogging tentunya aktivitas menulis artikel tentang apapun yang menjadi semangat menulisnya tidak akan membuatnya bosan sama sekali. Termasuk saya ya sob, karena ngeblog sudah jadi hobi tersendiri, jadi saat menulis artikel itu tidak ada beban sama sekali.

Bagi sebagian besar orang yang ingin menjadi seorang blogger, biasanya orang tersebut memiliki beberapa dasar yang menjadi acuan mengapa dia ingin menjadi seorang blogger.

Banyak hal positif dari seseorang yang memilih menjadi seorang blogger, beberapa diantaranya adalah dia bisa menjadi terkenal di internet dengan artikel-artikel yang bermanfaat yang telah ia tulis, bisa bekerja sampingan dengan menjadi penulis di webiste berita, dan atau bahkan bisa berpenghasilan dari blog pribadinya sendiri.

Terlepas dari beberapa hal positif yang telah saya sampaikan tadi, kebanyakan orang yang ingin terjun ke dunia blogging adalah karena melihat penghasilan. Yap, kata-kata ini bukan saya kutip dari perkataan orang lain, melainkan dari pengalaman saya pribadi.

Tentunya sobat jangan seperti saya kala itu yang membuat blog dengan tujuan ingin secepatnya bisa berpenghasilan lewat blog yang saya kelola, itu salah besar sob, karena jika targetnya adalah penghasilan, dan saat setelah blog berusia enam bulan namun masih belum bisa menghasilkan, maka sobat akan merasa rugi dan tidak akan mau melanjutkan ngeblog lagi, itu yang saya rasakan.

Nah berhubung saya sudah mempunyai pengalaman tersebut maka kali ini saya benar-benar ngeblog dengan tujuan hanya menyalurkan hobi menulis saja, ya syukur-syukur bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Nah bagi sobat yang ingin menjadi seorang blogger ada baiknya sobat memahami terlebih dahulu tentang niche atau tema pada blog yang akan sobat kelola. Apa itu Niche atau tema pada blog?

Niche atau tema pada blog adalah hal pertama yang harus diperhatikan ya sob, mengapa niche sangat penting untuk diperhatikan adalah karena jika kita asal membuat sebuah niche pada blog maka kemungkinan blog kita akan minin pengunjung.

Contoh sobat membuat blog dengan niche olahraga, sedangkan sobat memiliki target pembaca artikle tentang gaming, maka dari sini sudah jelas bahwa blog kita akan sepi pengunjung dan tentu itu bukanlah hal yang menyenangkan bagi seorang blogger.

Oleh karena itu sebelum sobat membuat sebuah blog maka coba membuat perencanaan terlebih dahulu, niche apa yang akan sobat angkat pada blog sobat. Tips dari saya sih sebaiknya sobat fokus pada satu niche atau tema, contohnya jika sobat lebih hafal dengan kesehatan coba saja membuat blog dengan niche kesehatan.

Nah berikut ini saya akan bagikan beberapa niche blog yang potensial dan akan banyak pengunjungnya :

1. Niche Blog Bisnis atau Enterpreneur
Diurutan pertama, niche yang paling sering di baca oleh pengunjung blog adalah tentang bisnis dan atau enterpreneur. Nah niche satu ini memang bisa jadi pilihan karena sebagian besar netizen lebih sering mencari informasi tentang berbisnis dan cara menjadi seorang wirausaha.

Jika sobat adalah seorang yang menyukai atau memiliki bisnis, maka sobat jangan ragu untuk membuat artikel tentang bisnis sobat tersebut. Semakin banyak pilihan artikel pada blog sobat, maka pembaca tidak akan mudah bosan karena memiliki opsi membaca peluang bisnis lain di artikel yang sudah sobat buat.

2. Niche Blog Traveling
Jalan-jalan memang tidak pernah ada hentinya diminati para pembaca. Salah satu niche yang bisa diandalkan untuk blog sobat adalah niche traveling. Jika sobat adalah seorang yang suka jalan-jalan ke berbagai tempat yang menarik dan cendrung di sukai banyak orang, maka sobat coba tulis pengalaman perjalanan  tersebut ke blog sobat, jangan lupa dukung tulisan sobat dengan gambar atau vlog.

3. Niche Blog Kuliner
Tidak bisa dipungkiri niche blog yang satu ini selalu ramai dikunjungi pembaca. Jika sobat ingin membuat blog dengan niche blog kuliner maka ada dua hal yang bisa sobat manfaatkan dan bisa dijadikan konten blog sobat.

Pertama, jika sobat adalah seorang travel blogger maka sobat bisa mereportase kuliner apa saja yang pernah sobat temui selama berjalan-jalan. Untuk menambah dukungan artikel tetang kuliner tersebut sobat bisa sertakan alamat jalan tempat sobat membeli makanan tersebut dan bahkan sampai ke harganya juga bisa saja sobat cantumkan.

Kedua, sobat bisa menjadi chef di blog sendiri, caranya sobat membuat artikle yang dilengkapi dengan cara memasak, resep saji, cara penyajian dengan selengkap mungkin. Kebanyakan ibu-ibu yang suka bereksperimen biasanya akan mencari artikel-artikel tentang resep masakan. Hal ini bisa sobat manfaatkan untuk memikat hati pembaca agar berlangganan di blog sobat.

4. Niche Blog Artwork
Salah satu yang di gandrungi kaum milenial adalah artwork. Artwork atau gambar seni atau ilustrasi bisa menjadi salah satu niche yang bisa sobat pilih, namun tentunya ini harus sesuai dengan fashion sobat.

Jika sobat sendiri tidak menyukai artwork namun memaksakan membuat blog tentang artwork, maka kendala utamanya adalah semangat sobat dalam melanjutkan postingan atau mengupdate blog dengan artwork terbaru akan hilang karena tidak sesuai dengan fahsion sobat.

Jika sobat memang seorang yang suka dengan artwork maka sobat bisa membuat berbagai artwork disertai dengan tutorial lengkapnya. Perlu diketahui bahwa 90% pembaca blog sangat menyukai hal yang di jelaskan secara detail namun ringkas dan padat.

5. Niche Blog Fashion
Fashion tidak pernah bisa lepas dari setiap orang, setiap waktu fashion selalu berubah-ubah dengan gaya yang lebih modern dan lebih kekininan. Salah satu niche yang bisa sobat ambil untuk blog sobat adalah niche fashion.

Dunia fashion sangat banyak diminati pembaca, jika blog sobat memiliki banyak informasi tentang dunia fashion maka bukan hal yang tidak mungkin bahwa ribuan pengunjung bisa saja hinggap di blog sobat setiap harinya.

6. Niche Blog Teknologi
Salah satu niche atau tema yang paling diburu para pembaca di dunia. Teknologi memiliki cakupan yang luas mulai dari komputerisasi, gadget, internet dan lain sebagainya.

Namun jika sobat memahami salah satu aspek dari teknologi contohnya seperti komputer, sobat bisa membahas tentang komputerisasi mulai dari sejarah hingga perkembangan saat ini, pokoknya usahakan membahas sedalam mungkin tentang hal yang sobat kuasai.

7. Niche Blog Islami

Sebagian besar penduduk Indonesia adalah beragam islam, jika target sobat adalah mendatangkan pembaca dari dalam negeri saja maka tidak ada salahnya untuk memilih niche ini. Segala sesuatu tentang agama memang selalu menarik untuk dibaca. 

Hal ini bisa membuat kemungkinan blog sobat bisa lebih banyak memiliki pengunjung dari dalam negeri. Namun perlu di ingat dalam membuat konten tentang agama maka sobat perlu pemahaman yang mendalam karena bisa menimbulkan perdebatan di kalangan pembaca.

8. Niche Berita

Salah satu blog atau webiste yang paling sering dikunjungi oleh pembaca adalah blog berita. Berita dalam sebuah blog bisa mengandung berbagai macam jenis, mulai dari public figure, ekonomi, politik dan lain sebagainya.

Tantangan dalam mengaplikasikan niche ini pada blog adalah sobat harus up to date dalam memberikan informasi. Persaingan blog berita juga sangat lumayan susah, namun tentunya jika sobat berhasil maka otomatis blog sobat akan memiliki banyak pengunjung.

9. Niche Blog Kesehatan
Niche blog kesehatan memiliki potensi yang besar untuk di kelola, akan tetapi dalam faktanya niche ini sangat mudah kita jumapi di internet. Dengan kata lain jika kita membuat blog dengan niche kesehatan maka persaingannya akan berat. 

Tapi jika sobat berhasil melakukan optimasi SEO dan membuat pembaca nyaman dengan artikel-artikel sobat, maka blog dengan niche kesehatan sobat akan berkembang dan memiliki bayak pengunjung.

Semoga artikel pemilihan niche blog ini bisa bermanfaat.
Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar