Pengalaman Membeli Hardisk Second dari Olshop - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Pengalaman Membeli Hardisk Second dari Olshop

tips beli hardisk second
Pengalaman Membeli Hardisk Second dari Olshop

Hard disk menjadi salah satu komponen penting dalam komputer, pada dasarnya hard disk menjadi sebuah alat penyimpanan data baik itu sistem atau hanya data penyimpanan dokumen.

Namun pada saat ini penggunaan hard disk untuk sistem pada komputer rasanya sudah kurang cepat karena ada drive yang lebih bagus dan lebih cepat dari hardisk yaitu SSD. Namun meski hard disk atau HDD ini sudah kurang bagus untuk dijadikan sebagai drive sistem, fungsi hard disk sebagai media penyimpanan file baik itu software, game dan dokumen masih sangat worth it.

Dalam artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya saat membeli hard disk second dari shoope yang saya harap bisa kamu jadikan referensi sebelum membeli HDD second. Selain itu kamu juga bisa baca tips dan trik cara memilih hard disk second yang masih bagus.

Oke jadi pengalaman pertama saya yaitu ketika saya merakit komputer dengan skema nyicil satu - persatu. Part pertama yang saya beli adalah motherboard, processor, ram dan SSD, PSU nya saya mulung dari komputer bekas dulu.

Nah ketika saya sudah selesai merakit PC, saya akhirnya tergiur untuk mendownload game - game yang memiliki ukuran besar seperti GTA V, COD, Motogp, dan game lainnya. Namun pada akhirnya saya harus mengurungkan niat untuk mendownload game - game tersebut karena kapasitas SSD saya hanya 120GB.

Solusi paling logis saat itu adalah membeli hard disk second karena untuk membeli hard disk baru terasa cukup berat dengan budget hanya Rp.300.000. Akhirnya saya beli hard disk second dengan kapasitas 500GB dari salah satu toko yang ada di shoope.

Harga hard disk tersebut adalah Rp.125.000 pada saat itu, saya beli  dua unit dengan paling bahwa jika salah satu hard disk yang datang rusak, maka saya bisa gunakan yang satunya lagi tanpa harus claim garansi yang cendrung ribet.

Saat hard disk kedua itu datang maka saya coba, dan hasilnya sangat baik karena menurut software hard disk sentinel memperlihatkan persentase performance 100% dan healty 100%. 

Karena kedua hard disk tersebut bagus maka saya putuskan untuk menjual salah satunya di forum jual beli part komputer di facebook. Alhamdulilah saat itu hard disk yang saya jual laku Rp.190.000.

Singkat ceritanya saya langsung mendownload game - game favorit untuk saya jadikan koleksi di PC saya. Pada awalnya hard disk tidak memperlihatkan trouble meski sudah di isi game sebanyak 300GB lebih.

Bolak bakil instal dan uninstal game pun tak memperlihatkan masalah di software hard disk sentinel. Namun anehnya ketika saya mendownload sebuah video kompilasi musik dari youtube dan memutarnya, hard disk mulai memperlihatkan penurunan healty pada software hard disk sentinel.

Pada hari pertama healty menurun ke 98%, hari - hari berikutnya status healtynya semakin menurun dan mentok di 26%. Saya juga kurang paham kenamapa masalah ini bisa terjadi pada hardisk yang saya gunakan.

Namun asumsi saya memang hard disk seond tersebut aalah refurbish yang isinya di campur dari part hardisk lain. Maka kemungkinan awet juga sangat kecil. Resiko menyimpan file pada hard disk yang sudah bad sector juga besar karena bisa membuat file yang disimpan corupt dan error.

Nah karena saya butuh hard disk yang sehat maka saya beli lagi hard disk yang second juga dari toko lain di shoope. Dan alhamdulillah awet sampai sekarang meski di isi file dan game sekitar 400GB.

Tips Membeli Hardisk Second di Olshop
  1. Carilah toko yang menjual hard disk dengan harga murah dengan penilaian 4 sampai 5 bintang.
  2. Cari toko yang memberikan garansi minimal 1 minggu dari tanggal hardisk diterima.
  3. Cari toko yang adminya bersedia diajak diskusi ketiak terjadi problem pada hard disk yang kamu beli.
Nah sebagai bahan rekomendasi toko yang menurut saya bagus dalam menjual part komponen komputer yang salah satunya hardisk adalah korindo. Artikel ini sama sekali tidak di sponsori oleh pihak korindo dan saya merekomendasikan toko tersebut karena menurut pengalaman saya dalam membeli berbagai kompnen komputer dari sana selalu bagus.

Jika kamu suka dengan artikel ini maka silahkan share ke sosial media kamu ya. Jika berkenan membantu saya mengembangkan channel youtube dan blog ini maka silahkan kamu SUBSCRIBE channel saya --> disini. 
Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar