Cara Atasi ATI Radeon Express ? 1250? for Moray - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Atasi ATI Radeon Express ? 1250? for Moray

ati radeon express 1250 for moray
www.maxikhsan.my.id : Cara Atasi ATI Radeon Express ? 1250? for Moray

Pernah ngalamin PC nyala tapi di monitor ada tulisan Ati Radeon Express ? 1250? for moray?

Jangan panik dulu, baca artikel ini sampai selesai agar tau apa penyebabnya dan apa yang harus dilakukan agar komputer bisa kembali menyala normal.

Seperti biasa saya pasti cerita dulu awal mula kejadianya. Jadi suatu hari saya di chat via whatsapp oleh salah satu teman kerja saya, katanya komputernya hidup tapi tidak mau booting, selain itu ada tulisan ATI Radeon Express ? 1250? for Moray di layar monitor.

Sebenarnya saya juga belum tau pasti apa penyebab PC teman saya bisa seperti itu karena dalam komputer banyak hal yang bisa membuat sistem error. Akan tetapi karena memang saya sedikit bisa ngoprek PC, maka saya putuskan untuk coba  melihat terlebih dahulu apa penyebab hal tersebut bisa terjadi.

Pertama yang saya cek adalah processor, sekalian sambil di bersihin dan ganti pastanya karena dari tahun 2011 belum pernah di ganti dan di bersihkan katanya. Selain itu saya juga ganti thermal yang ada di north bridge dan south bridge agar motherboard tidak overheat.

Setelah di cek sana sini, lalu saya nyalakan PC tersebut dengan cara suntik dari pin power di motherboard. Namun hasilnya masih nihil, PC teman saya masih tidak bisa hidup, setelah cek semua komponen lagi ternyata ada masalah di bagian CMOS.

Jadi PC tidak merespon meski di nyalakaan dengan cara di suntik dari pin socket powernya. Tapi anehnya jika CMOS di sentuh sama jari maka motherboard menyala. Dari sana saya sudah memprediksikan bahwa PC ini mati karena batrai CMOS pada motherboard ini sudah mati.

Berhubung di rumah teman saya tidak ada CMOS cadangan, maka saya putuskan untuk membawa PC teman saya ke rumah. Setelah di coba menggunakan CMOS baru ternyata alhamdulilah PC menyala seperti biasa.

Gambar tampilan saat booting dibawah ini mungkin sama seperti yang sedang kamu alami saat ini.

ati radeon express 1250 for moray
www.maxikhsan.my.id : Cara Atasi ATI Radeon Express ? 1250? for Moray

Jika kamu pernah mengalami masalah yang sama seperti yang teman saya alami, dimana saat PC dinyalakan namun yang tampil di monitor malah nongol bacaan  ATI Radeon Express ? 1250? for Moray, maka kamu coba ganti baterai CMOS nya terlebih dahulu.

Namun perlu di catat, masalah yang teman saya alami ini ada di motherboard AMD N15235. Untuk motherboard yang lain saya belum tahun apakah itu dari CMOS atau dari yang lain.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan bantu share ke media sosial kamu. Jika berkenan, kamu juga bisa bantu saya untuk SUBSCRIBE channel youtube saya disini : Max Ikhsan

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar