Pengaruh Kecepatan Loading Blog Setelah Update Algoritma Spam - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Pengaruh Kecepatan Loading Blog Setelah Update Algoritma Spam

max ikhsan

Beberapa bulan yang lalu di akhir tahun 2022 Google telah melakukan update algoritma yang dinamakan spam detection system. Seperti namanya, update yang dibuat Google kali ini adalah untuk menyasar situs-situs yang melanggar kebijakan penelusuran Google, contohnya seperti situs yang melakukan spam artikel spin atau copy/paste, spam auto bot visitor, melakukan backlink spam, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini saya tidak akan membahas tentang update algoritma spam detection system secara mendalam. Karena topik utama yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah tentang pertanyaan yang mungkin hampir semua blogger sangat penasaran dengan jawabannya, yaitu apakah kecepatan loading blog masih penting setelah google melakukan update algoritma.

Nah, agar Anda tau jawabannya. Silahkan baca artikel ini dengan seksama, dan temukan jawaban apakah kecepatan loading blog pada saat ini masih berpengaruh pada blog.

 

Kenapa Kecepatan Loading  Harus Bagus?

Dalam blog ini saya sudah pernah membuat artikel tentang cara optimasi SEO template viomagz yang isi didalamnya menjelaskan bagaimana cara meningkatkan kecepatan loading blog secara signifikan. Jadi apabila Anda ingin memiliki blog yang punya kecepatan loading hijau (skor 90 ke atas) di www.pagespeed.web.dev, maka silahkan baca artikelnya terlebih dahulu.

Salah satu faktor yang mengharuskan seorang blogger mengoptimasi kecepatan loading blognya adalah karena adanya update algoritma page speed system pada tahun 2018. Update algoritma page speed system tersebut memberikan preferensi pada konten yang dimuat di perangkat seluler. Artinya semakin cepat blog dimuat di perangkat seluler maka semakin bagus juga peringkat blog di mesin pencari.

Nah, apakah hal itu masih berlaku pada saat ini. Apakah kcepetan loading blog masih menentukan peringkat di mesin pencari?

Mari kita bahas!


Apakah Kecepatan Loading Blog Masih Penting?

max ikhsan

Berdasarkan artikel yang saya baca di searchenginejournal.com, saat ini algoritma page speed system telah dipensiunkan. Jika belum percaya silahkan baca artikelnya secara langsung pad URL di bawah ini.

https://www.searchenginejournal.com/google-publishes-guide-to-current-retired-ranking-systems/471940/#close

Dakam artikel tersebut dituliskan beberapa update algoritma Google yang terbaru serta algoritma yang dipensiunkan oleh Google. Nah, lantas apakah dengan dipensiunkannya algoritma page speed system ini bisa membuat blog bersaing di penelusuran google meski skor kecepatan loading di web.dev jelek?

Ok, mari lanjut kita bahas!

Perhatikan gambar di atas. Gambar tersebut adalah tangkapan layar dari web.dev yang menunjukan skor kecepatan loading blog ini dalam versi mobile dan versi dekstop. Skor kecepatan loading blog saya ini adalah 95 untuk versi mobile, dan untuk versi dektopnya adalah 99.

Sebagai pembanding, silahkan lihat hasil tangkapan layar situs berita tribun dari web.dev di bawah ini!

Bisa dilihat bahwa skor kecepatan loading tribunnews untuk versi mobile adalah 15, dan untuk versi desktop adalah 44. 

Meski skor kecepatan loading dari tribun bisa dibilang tidak memenuhi standar yang direkomendasikan Google, tapi untuk urusan SEO jelas tribun sangat jauh lebih baik jika dibandingkan dengan blog ini.

Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena tribunnews menguasai page one Google untuk konten berita.


Berarti Blog Juga Tidak Apa-apa Jika Loadingnya Jelek?

Tentu saja saya akan menyarankan Anda untuk tetap melakukan optimasi kecepatan loading meski algoritma page speed system telah dipensiuankan. Karena meski saat ini kecepatan loading sudah tidak diperhitungkan, namun secara logika orang yang mencari informasi di internet tetap lebih lebih menyukai situs yang accessible, baik secara tampilan (responsif), dan juga load speed (kecepatan loading).

Hanya saja mungkin dengan adanya dihapusnya algoritma page speed system ini tidak terlalu membuat kita pusing dalam mengoptimasi konten agar tidak memberatkan load time. Dalam blog ini, saya sudah pernah membuat artikel cara melakukan optimasi gambar dengan cara dikompress untuk mengurangi size yang mempengaruhi kecepatan loading. 

Nah, dengan dipensiunkannya algoritma page speed system maka mungkin kita tidak perlu sebegitunya mempertimbangkan besaran size gambar yang akan digunkan pada konten. Namun saya pribadi sampai saat ini tetap melakukan optimasi pengompresan gambar agar tidak terlalu membebani load time blog ini.


Nah, itulah pembahasan mengenai pertanyaan apakah kecepatan loading blog masih berpengaruh pada saat ini setelah Google membuat update algoritma spam detection system. 

Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan tinggalkan pertanyaan tersebut dikolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar