Cara Atasi Thumbnail Lazy Load Youtube Tidak Tampil - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Atasi Thumbnail Lazy Load Youtube Tidak Tampil

atasi lazy load youtube

Sebenarnya artikel kali ini masih terkait dengan salah satu artikel yang sudah pernah saya buat, yaitu cara pasang lazy load untuk video Youtube. 

Jika belum tau, lazy load youtube ini berfungsi untuk menunda pemuatan gambar thumbnail agar tidak membebani loading. Sehingga halaman tidak akan memakan waktu lama untuk terbuka meski di dalamnya terdapat video yang diembed dari Youtube.

Nah, beberapa waktu yang lalu,saya menemukan sebuah masalah dimana ketika saya mengembed video dari Youtube, itu thumbnail nya tidak terdeteksi sama sekali oleh lazy loadnya.

Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan, karena saat ada pengunjung yang masuk dan ingin melihat video kita disana, mungkin saja mereka jadi urung melihat videonya karena dari thumbnailnya saja sudah tidak jelas.

Lalu bagaimana cara memperbaiki thumbnail di lazy load Youtube?

Sebenarnya caranya cukup mudah dan akan saya jelaskan cara mengatasinya dalam artikel ini. Tapi sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasinya, mari kenali terlebih dahulu apa penyebab thumbnail pada lazy load youtube tidak tampil.


Penyebab Thumbnail Video Tidak Muncul di Lazy Load Youtube

lazy load youtube

Berdasarkan pengalaman, salah satu hal yang menyebabkan thumbnail video yang di embed di lazy load pada halaman blog adalah karena ukuran thumbnailnya yang tidak sesuai dengan settingan lazy loadnya.

Kasus yang saya alami adalah saya menjadikan gambar untuk postingan blog sebagai thumbnail video youtube. Memang di Youtube tidak berpengaruh, tapi pada tampilan embed, maka hasilnya seperti pada gambar di atas.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?


Cara Mengatasi Thumbnail Tidak Muncul Saat Menggunakan Lazy Load Youtube 

lazy load youtube

Berikut adalah cara fix thumbnail video Youtube yang tidak tampil saat di embed menggunakan lazy load Youtube.

1. Ubah Thumbnail di Youtube

Untuk mengubah thumbnail video di youtube cukup mudah. Pertama, silahkan masuk ke Youtube, pilih video Anda, arahkan kursor atau tap pada video yang ingin diubah thumbnailnya, pilih icon pensil, arahkan kursor atau tap pada thumbnail hingga keluar icon titik tiga, klik titik tiga tersebut lalu pilih ubah, selanjutnya tinggal pilih thumbnail yang baru.

2. Ubah ukuran Thumbnail

Dalam kasuks saya, mungkin alasan mengapa thumbnail video yang di embed menggunakan lazy load youtube itu tidak tampil adalah karena dimesninya terlalu kecil, yaitu 504 x 280 pixel. 

Nah, agar thumbnail video yang di embed menggunakan lazy load youtube bisa tampil seperti pada gambar di atas, maka dimensi gambar harus  1366 x768 pixel.


Pentingkah Menggunakan Lazy Load Youtube di Blog?

Untuk blog yang sering membuat artikel yang dilengkapi dengan video, maka menggunakan lazy load Youtube adalah pilihan yang tepat. Pasalnya saat ini google lebih menyukai artikel yang dilengkapi dengan video, serta lebih cepat diakses dibandingkan website lainnya.

Untuk blog yang tidak suka share videonya dalam artikel, maka lazy load youtube ini tidak perlu di pasang pada blog karena akan menambah CSS dan Javascript dalam template yang bisa saja menambah beban loading.


Nah itulah cara mengatasi gambar thumbnail video Youtube yang tidak tampil saat di embed menggunakan script lazy load youtube.

Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar