Ada Apa Dengan SERP Google Pada Tanggal 9 Agustus 2022 - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Ada Apa Dengan SERP Google Pada Tanggal 9 Agustus 2022

Ada yang aneh dengan SERP Google hari ini (saat artikel ini ditulis) tanggal 9 Agustus 2022. Keanehan itu saya temukan ketika saya mencoba mencari blog ini di search engine dengan keyword "max ikhsan" saat waktu pagi.

Saya cukup kaget karena blog saya tidak ada di SERP setelah dicari dengan kata kunci "max ikhsan". Namun anehnya, setelah saya hapus chace dan mencoba mencari blog saya dengan kata kunci yang sama, blog saya muncul lagi di paling atas pada SERP.

Saya kira masalah tersebut disebabkan karena mungkin chace pada browser yang sudah menumpuk banyak. Tapi selang beberapa waktu, blog ini kembali menghilang di SERP dengan menggunkan kata kunci "max ikhsan" di searc engine.

Saya terheran-heran dan bingung mau tanya ke siapa, karena saya ngeblog secara mandiri tanpa berkomunitas. Selain itu hal ini baru pertama saya rasakan baru kali ini semenjak awal mula ngeblog. 

Berikut ini adalah screenshoot blog saya yang hilang di SERP.

SERP 9 agustus 2022


Biasanya dengan mencari kata kunci "max ikhsan", maka blog saya akan muncul di paling atas.


Nah, anehnya berselang beberapa waktu tanpa menghapus chache atau apapun, blog ini kembali muncul di SERP dengan kata kunci yang sama.

Lihat gambar di bawah ini.

serp 9 agustus 2022


Yang saya tandai bulatan merah itu adalah blog ini. Biasanya itu selalu muncul ketika saya mencari blog ini dengan kata kunci "max ikhsan".


Karena saya penasaran apakah itu hanya terjadi pada blog saya, maka saya mencoba blog lain untuk di tes di SERP Google. Dan ternyata memang ada beberapa blog yang menghilang di SERP entah kenapa alasanya.

Salah satu blog yang saya coba cari di SERP Google adalah Arlina Code atau arlinacode.com.

Saat saya cari blog tersebut dengan kata kunci "arlina code", maka blog itu tidak muncul sama sekali di SERP pada tanggal 9 Agustus 2022. 

Berikut ini screenshoot yang saya ambil dari browser Google Chrome dan Mozila Firefox.

Chrome:

serp 9 agustus 2022


Firefox:

serp google agustus 2022

Kedua screenshoot di atas menunjukan ketika saya mencari blog mbak Arlina dengan kata kunci "arlina code" maka yang muncul adalah channel youtube mbak arlina. Sedangkan untuk blognya ada dibagian paling bawah, dan itu pun hanya halaman contact form.


Kesimpulan

Jadi entah mengapa hari ini beberapa blog termasuk blog ini kadang muncul kadang tidak di SERP (search Engine Result Page). Semoga ini tidak berkelanjutan dan tidak menjadi masalah bagi pengelola blog.

Sampai artikel ini dibuat, saya masih belum bisa mengatasi masalah ini karena memang tidak tahu akar permasalahannya apakah dari blog, dari serch console, atau memang dari mesin pencari Google. 

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar