Cara Cek Duplikat Konten dan Broken Link di Blog Dengan Siteliner - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Cek Duplikat Konten dan Broken Link di Blog Dengan Siteliner

cara ce duplikat konten di blog

Salah satu faktor yang menyebabkan artikel susah terindeks di mesin pencari bisa disebabkan karena banyak duplikat konten. Selain itu salah satu faktor yang bisa membuat blog tidak sehat adalah banyaknya broken link yang tidak terdeteksi sama sekali.

Nah, pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi sebuah tutorial blogger yang secara spesifik membahas cara melakukan cek duplikat konten pada blog dengan menggunakan tool siteliner.com

Lah, katanya sama ngecek broken link juga?

Jadi dalam artikel ini Saya tidak akan membahas cara menemukan dan mengatasi broken link, karena artikel tersebut sudah Saya buat secara khusus.

Jadi, meski di tool siteliner.com juga sudah tersedia laporan jumlah broken link. Namun yang akan Saya bahas hanya cara cek duplikat kontennya saja.


Cara Cek Duplikat Konten di Blog Dengan Siteliner.com

cara cek duplikat konten dengan siteliner.com
Sumber: siteliner.com

Untuk bisa mengetahui berapa jumlah duplikat konten dan broken link pada blog, silahkan Anda buka siteliner.com

Tampilan pertama dari siteliner adalah persis seperti gambar di atas. Setelah terbuka, silahkan Anda masukan URL blog di bagian kolom Explore your site. Tunggu proses scan selesai sampai terbuka halaman result seperti di bawah ini.

cara cek duplikat konten di blog


Perhatikan!

Pada bagian MAIN MENU dan Summary, terlihat jumlah duplicate content pada blog ini berjumlah delapan buah. Sedangkan untuk broken link tidak detemukan satu pun.

Selanjutnya, klik bagian Duplicate content hingga terbuka result seperti di bawah ini.

cek duplikat konten di blog

Halaman result tersebut memperlihatkan artikel mana saja yang terdeteksi sebagai duplikat konten pada blog ini. Nah, untuk memperjelas letak duplikat kontennya, silahkan Anda klik pada salah satu URL artikel Anda sampai muncul halaman seperti pada video di bawah ini.


Dalam video tersebut, Saya membuka salah satu URL artikel berjudul "Tips Terbaik Upgrade Komputer Lawas" yang terdeteksi sebagai duplikat konten. Setelah Saya buka, ternyata artikel tersebut terdetksi duplikat konten dengan salah satu artikel yang berjdul "Bagusan Xeon Atau Core 2 Quad?".

Jika Anda perhatikan dengan seksama. Konten yang termasuk duplikat pada artikel tersebut di tandai oleh warna pink. Warna tersebut menandakan bahwa kalimat yang di tandai itu sangat mirip dengan kalimat yang ada di artikel lain.

Lalu bagaimana cara mengatasi duplikat konten?

Nah, setelah Saya teliti. Ternyata salah satu hal yang membuat banyak duplikat konten pada blog adalah cara penulisan yang sama pada setiap artikel. 

Contohnya, Saya di blog ini sering membuat artikel tutorial blogger. Nah, hampir di setiap artikel saya selalu membuat pembukaan tutorial seperti gambar di bawah ini. 

cara cek duplikat konten di blog

Ternyata penulisan yang diulang-ulang seperti ini termasuk duplikat konten.

Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah. Apabila Anda bersedia melakukan pengeditan kalimat yang terdeteksi sebagai duplikat konten di setiap artikel, mungkin masalah ini bisa diselesaikan dengan mudah.

Selain itu, cobalah membuat kalimat yang unik dan tidak mirip dengan artikel manapun yang ada di blog Anda. Hmmm.. jujur untuk saya sih agak sedikit susah, karena blog ini membahas tutorial blogger yang materinya tidak akan jauh dari CSS, HTML, dan Javascript. 

Sehingga kalimat "Buka Dashboard Blogger, Pilih Menu Tema, Pilih Edit HTML" itu akan sering dibuat dan menyebabkan duplikat konten. Namun meski demikian saya juga tetap menyelingi postingan terbaru di blog ini dari beberapa kontributor untuk memperkaya konten di blog ini.


Nah itulah pembahasan mengenai cara melakukan pengecekan duplikat konten dan broken link pada blog dengan menggunakan tool siteliner.com.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar