Cara Kompress Video Efektif Dengan Format Factory - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Kompress Video Efektif Dengan Format Factory

cara kompres vidio

Video yang sudah kita download atau baru kita buat untuk menambah konten biasanya memiliki resolusi besar dan memiliki size yang besar.  Terkadang admin sendiri suka mendapatkan file video dengan size 1.2GB dari video yang durasinya sekitar 35 menit.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah, jika kamu membuat video di Adobe Premier, Filmora, Vegas dan Cyberlink, maka kamu tinggal pilih saja resolusi yang kecil. Nah sedangkan jika video yang kamu unduh dari internet memiliki size besar, maka cara dibawah ini bisa kamu lakukan untuk mengompres video tersebut.

Cara ini berlaku bagi semua video ya, jadi kamu tidak perlu khawatir apakah akan error atau corrupt pada file videonya.

Cara Kompres Video 

Sebelum melakukan pengompresan video maka hal pertama yang harus kamu siapkan adalah mendownload terlebih dahulu software Format Factory nya di website resminya atau di google juga banyak.

cara kompres vidio


Setelah kamu berhasil mendownload format factory, maka selanjutnya install terlebih dahulu softwarenya di PC/Laptop kamu.

Setelah selesai melakukan penginstalan maka selanjutnya buka software format factory tersebut. Kurang lebih tampilannya akan seperti ini.

cara kompres vidio


Setelah itu pilih MP4, lalu akan muncul pop up. Pada bagvian tengah ada tulisan Add File yang tinggal kamu klik. setelah itu pilih video yang akan di kompress lalu klik Open lalu klik OK.

cara kompres video


Selanjutnya kamu tinggal klik tombol Start dan tunggu proses pengompresan sampai selesai.

cara kompres video

Setelah proses pengompresan selesai silahkan klik Output Folder untuk melihat file hasil pengompresan.

Dengan menggunakan software Format Factory ini kamu akan sangat terbantu dalam melakukan pengompresan file berbentuk video. Admin sendiri menggunakan software ini untuk mengurangi size video yang admin buat sebelum di upload ke youtube.

Hasil kompresan format factory cukup memuaskan, biasanya video hasil render dengan size 700 MB bisa di kompres menjadi 300 MB tanpa membuat kualitas turun sama sekali.

bagaimana, sudah bisa?

Semoga artikel ini bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar