Jualan Hard Disk Full Games Bisa Cuan? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Jualan Hard Disk Full Games Bisa Cuan?

ide bisnis 2022

Ide bisnis itu tidak terbatas sob, jika kamu mau mencoba dan berusaha untuk berbisnis, maka salah satu bisnis yang cukup menjanjikan cuan adalah berjualan hard disk full games.

Admin sendiri pernah melakukan bisnis ini sekitar awal tahun 2021. Namun sekarang terhenti karena harga hard disk pada saat pertengahan tahun 2021 mulai naik sampai saat ini.

Kendati demikian, jika kamu memiliki cukup modal, maka kamu bisa melakukan bisnis ini meski pada saat ini harga hard disk second sedang naik.

Dalam artikel ini saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya dalam berjualan hard disk full game.

Jadi sekitar awal tahun 2021, saya melihat bahwa bisnis ini cukup menjanjikan. Saya meyakini itu karena melihat peluang cuan yang cukup besar dari bisnis ini. 

Salah satu hal yang cukup menjanjikan dari bisnis ini adalah kamu bisa membeli hard disk second dengan harga Rp.125.000 di online shop, dan kamu bisa menjual hard disk tersebut dengan harga Rp.180.000 sampai dengan Rp.200.000 per unit dalam keadaan sudah terisi game - game favorit dan game  requestsan dari pelanggan.

Proses penjualan yang saya lakukan adalah berjualan di online shop (shopee) dan juga di facebook (grup tentang komputer).

Alhamdulillah meski terbilang cukup sebentar dan masih pendatang baru dalam berjualan hard disk full game, namun banyak konsumen yang membeli dan puas dengan jualan saya kala itu.

Nah, karena seperti yang saya bilang karena harga hard disk naik, maka saya tidak melanjutkan bisnis yang cukup menjanjikan cuan ini, dan fokus ke blog serta youtube.

Jika kamu ingin memulai bisnis jualan hard disk full game ini, maka berikut ini saya akan memberikan beberapa tipsnya.

Tips Jualan Hard Disk Full Games

1. Cari Hard Disk Murah Berkualitas 

Sebelum berjualan tentunya kamu harus mencari dahulu hard disk yang akan kamu isi game dan akan dijual. Tips dalam mencari hard disk second murah dan berkualitas adalah kamu harus mencari toko yang menjual harga lebih murah dari toko lain, namun memiliki penilaian yang bagus dari pembeli.

2. Siapkan Game Offline Kekinian

Setelah kamu mendapatkan hard disk dengan harga murah dan memiliki status health & performance 100%, maka selanjutnya kamu isi hard disk tersebut dengan game - game kekinian. Jika hard disk yang kamu beli bekapasitas 500GB, maka isilah hard disk tersebut dengan game sebanyak 350GB.

3. Berikan Promo Request

Promosi dalam awal jualan sangat diperlukan untuk menarik perhatian pelanggan. Semakin banyak promo yang diberikan, semakin besar pula kemungkinan orang akan membeli hard disk full gamenya. Request yang bisa kamu sediakan adalah bebas memilih game atau software yang pelanggan inginkan

4. Harga Jual Lebih Murah

Untuk mendapatkan perhatian dari calon pembeli, maka kamu harus mau bermain harga terlebih dahulu. Harga pada saat awal jualan hard disk full game tersebut jangan disamakan dengan toko atau orang yang sudah terlebih dahulu memulai bisnis ini.

Kamu bisa bermain harga lebih murah sedikit dari toko sebelah untuk memikat hati pembeli. Jika toko sebelah sudah menjual ribuan unit dengan harga Rp.200.000 per unit, maka kamu bisa menjual hard disk full game dengan harga Rp.190.000 per unit.

5. Naikan Harga Secara Bertahap

Setelah kamu mulai memiliki pelanggan, maka dari sana kamu bisa sedikit demi sedikit menaikan harga jual. Jika saat pertama kamu menjual hard disk full game dengan harga Rp.190.000, maka setelah penjualan mulai meningkat, kamu bisa menaikan harganya ke Rp.195.000 per unit.

6. Jualan Secara Online

Pada saat ini berjualan apa saja harus memiliki toko virtual. Kamu bisa mendaftar di online shop dengan mudah dan gratis. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan sosial media sebagai alat untuk mempromosikan produk sekaligus berjualan.

7. Promosi

Tips terakhir adalah promosi, selain dari memberikan layanan request game atau software secara bebas, dan juga kamu memberikan harga yang lebih murah dari toko lain, kamu juga harus pintar melakukan promosi secara online dan offline.

Promosi online adalah dengan cara membuat iklan secara mandiri dengan membuat gambar yang menarik perhatian pembeli. Kamu bisa membuat banner iklan tersebut di software adobe photoshop.

Promosi secara offline adalah promosi yang dilakukan secara langsung, baik itu pada konsumen, teman, sahabat, kerabat atau kolega ditempat kerja.

Kelebihan Jualan Hard Disk Full Games

Seperti yang sudah saya bahas di awal artikel bahwa berjualan hard disk full games itu menjanjikan cuan yang besar. Bayangkan saja dengan modal harga Rp.125.000, kamu bisa menjual hard disk tersebut dengan harga Rp.200.000 setelah di isi games.

Selain itu, calon pembeli akan lebih memilih membeli hard disk full games dibandingkan dengan membeli game secara langusng. Alasanya adalah seperti contoh game GTA V yang memiliki size sekitar 70GB. Harga pasaran game tersebut di online shop adalah Rp.60.000 ribu sampai dengan Rp.100.000-an. 

Nah dibandingkan dengan membeli gamenya saja, maka keuntungan lebih besar akan didapatkan oleh pembeli jika membeli hard disk full games. Selisihnya saja sudah sangat jauh. Jika dengan harga Rp.60.000 hanya bisa mendapatkan satu game, maka dengan Rp.200.000 pembeli bisa mendapatkan 450GB game yang bisa di request seusai keinginan,

Kekurangan Jualan Hard Disk Full Game

Dari pengalaman saya pribadi, rugi dari jualan hard disk full game ini diantaranya adalah kamu harus siap kena komplain jika ada game yang corrupt, kamu harus siap dengan garansi jika hard disk error, dan yang terakhir kamu harus memiliki jaringan internet sendiri.

Bayangakan saja jika ada pelanggan yang request game - game dengan size besar seperti GTA, Forza Horizon, Call of Duty, Gear of War dan game bersize lainnya. Jika kamu tidak memiliki jaringan internet seperti indiehome, bisznet dan yang lainnya, maka kamu akan kesulitan mendapat game - game yang akan kamu masukan ke hard disk.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar