Arti Mihapekeun Hayam Ka Heulang - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Arti Mihapekeun Hayam Ka Heulang

 

Arti

Hi sobat max, update kali ini admin masih membahas tentang paribasa sunda yang tentunya perlu sobat ketahui agar semakin menambah wawasan menjadi lebih luas.

Bahasa sunda memang kaya akan pribahasa, bahkan menurut saya sebagai orang sunda, aksara sunda juga sangat keren loh sob, jadi ayo kita pelajari semua ilmu tentang bahasa sunda bersama-sama, agar bisa kita berikan pada generasi selanjutnya kelak.

Dalam bahasa sunda ada istilah mihapekeun hayam ka heulang, jika diartikan dalam bahasa Indonesia maka artinya menitipkan ayam ke elang. Logis tidak sob?

Tentu jika diartikan dalam bahasa Indonesia sangat tidak logis, baik dalam bahasa sunda pun tetap saja tidak logis jika menitipkan ayam kepada elang. 

Akan tetapi dalam bahasa sunda, pribahasa mihapekeun hayam ka heulang memiliki makna yang lain dan tentu maknanya sangat mendalam.

Dalam bahasa sunda arti mihapekeun hayam ka heulang adalah kita menitipkan sesuatu kepada orang yang salah atau tidak tepat.

Mari kita bahas!

Elang atau heulang adalah burung pemakan daging, salah satu mangsanya adalah ayam. Maka artinya jika kita menitipkan ayam kepada elang, jangankan sampai tujuan, baru dititipkan saja sudah habis dimakan.

Kutipan di atas menunjukan bahwa jika kita menitipkan sesuatu ke orang yang tidak tepat, maka alhasil yang sesuatu yang dititipkan  tersebut malah diambil oleh orang yang kita titipi.

Jadi, arti paribasa mihapekeun hayam ka heulang adalah seseorang yang menitipkan sesuatu kepada  orang yang tidak tepat. Orang yang dititip tidak amanah sehingga mengambil apa yang dititipkan.

Contoh kasus

- A menitipkan uang kepada B untuk disampaikan kepada si C. 
- B adalah pencuri dan orang yang tidak amanah.
- C adalah orang yang akan menerima titipan dari A.

Baca: Arti Mirun Seuneu

Menurut sobat apakah uang dari si A akan sampai ke si C?
Jawabannya adalah tidak. Sudah jelas bahwa si B adalah pencuri dan orang yang tidak amanah, akan tetapi si A malah menitipkan uang kepada si B.

 
Sudah jelas bahwa uang dari si A tidak akan sampai ke si C karena dicuri oleh si B. Nah itulah gambaran dari paribasa mihapekeun hayam ka heulang.
Semoga artikel ini bermanfaat, jika sobat suka silahkan di share ya! 

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar